PANASONIC – LUMIX FX 33…

2008 September 7

. ( Inih bukan Paid Review kok…. Tapi kalok next time Panasonic mau numpang ngiklan, sayah ndak bakal nolak….)

Jamaah sekaliyan…

Sejujurnya ajah sayah punya sedikit kelainan. Yaitu paling ndak isa menahan napsu seks. Napsu nyang ndak isa sayah tahan ituh napsu belanja-belanji. Udah bolak balik sayah ribut besar sama mantan pacar gara-gara sayah ndak isa nahan napsu inih…  ;)    

Beberapa waktu nyang lalu sayah ribut sama dia gara-gara sayah make kaca mata baru. Ndak terlalu mahal segh, cuman sedikit diatas UMR Jakarta. Tapi dia ngomelnya mintak ampun. Begenee,

“Gila loe ya !!!  Belom genep 6 bulan lalu beli GA*, loe  mbeli lagee kaca mata  !!!  Buwat apaan segh banyak-banyak ?!! Sekarang ada 3 !!!  Da kamar gue liyat satu, waktu  loe mbeli GA loe bilang buwat da Tempat Ngitung Duwit Receh, lha inih mbeli lagee buwat apaan ?!!”,

Kata dia dengan berang dan ndak lupa tangan kanannya njepit rokok kretek kesukaannya, plat kuning. Diomelin begetoo sayah njawab sante ajah sembari memberi penjelasan nyang mangslup akal,

“Begenee nek…   Aku tuh kan udah uzur. Jadi perlu kacamata lagee. Memang betul, satu kaca mata ada  da kamar, satunya ditinggal da Tempat Ngitung Duwit Receh…”

“Lha nyang baru mbeli inih buwat apaan ???”

Tanya dia nyamber ajah…

“Ya buwat nyari ituh kaca mata nyang da kamar,  aku kan sukak lupa narok da mana….”

Wong edan…!!!

Lebih kurang begetoo dialognya.   ;)

Nah, duwa minggu lalu sayah maen ke Ambassador nyari Tanti nyang enak-enak. Tapi ya ituh,  sayah punya kelainan nyang namanya Lapar Mata. Mulai dari liyat-liyat ponsel, komputer, akhirnya nyangsrang da toko kamera.

Seperti biyasa sebenernya sayah liyat-liyat dan nanya-nanya nama mbaknya ajah. Aduuuuuhh…..   Nyang namanya hawa napsu inih ndak isa sayah tahan hanya gara-gara harga nyang terpaut jawuh dari toko sebelah, dan sekonyong-konyong sayah ngeluwarin duwit plastik.   :roll:

O mai gat….   :shock:

Jadilah sayah mbeli DigiCam dengan merek LUMIX nyang buwatan Panasonic, model nya DMC-FX 33. Dari sekiyan kali sayah mbeli DigiCam, cuman LUMIX nyang belom pernah sayah beli. Sebenernya sayah mingsih punya SONY CyberShot. Tapi batrenya udah bosok dan penutup lensanya udah ndower bin nggambleh aliyas ndak isa nutup. Sementara Kodak sayah lupa charger nya ketinggalan da hotel saking khusyuk nya ML….

Sumprit. Tadinya sayah cuman liyat-liyat. Pas da toko Aneka D****** sayah banyak dapet penjelasan tentang inih ituh plus harga.  Ndak lama sayah keluwar dari toko ituh, dan cuman berpaut beberapa puluh meter sayah nanya jugak da toko kamera, ternyata semuwa nyang da toko pertama kemahalan.

Fyuuh…

Alesan sayah milih type FX 33 inih  sederhana ajah, yaitu bentuknya nyang sekseh  ;)

Sayah bilang sekseh, karena serie DMC inih ada jugak nyang type FX 55. Antara FX 55 dan FX 33, dari seluruh feature nya sama persis. Nyang mbedain cuman pada FX 55 di disain agak lebih besar. Mungkin mangsudnya untuk mengakomodasi orang-orang nyang anunya tangannya besar. :mrgreen:

Kemudiyan, FX 33 nyang 8 Mega Pixel inih  memiliki lensa Wide Angle ukuran 28. Sebenernya ada jugak nyang 30. Tapi terlalu dekat dengan ukuran normalnya nyang 35. Rasanya kurang ngepek. Sedangkeun kalok 25 rasanya terlalu ekstrim. Sebenernya sayah ndak begitu sukak Wide Angle. Sayah sukaknya nyang Normal Lens. Soalnya Wide Angle mbikin foto jadi begini;

Epek dari Wide lense membuwat poto serasa melengkung untuk motret benda nyang lurus vertikal ( liyat bagiyan kanan kusen jendela ). Memang kalok untuk motret bidang nyang luwas kayak para blogger nyang narsis kroyokan poto-poto, makin Wide makin oke. Dijamin semuwa kaum narcism itu keliyatan jerawatnya. dan hasil jepretan serasa make kamera canggih nan propesional….

Alesan laennya adalah, LUMIX udah mengusung teknologi IA Intelegent Auto. Semuwanya auto termasuk ISO nya. Jadi meskipun kita mau motret benda bergarak, lokasi remang-remang,  maupun perbedaan terang dan gelap nyang ekstrim dalam ruwang, lensa LUMIX mampu merekamnya dengan baek dan maksimal seolah kita potograper propesional. Tinggal di set da IA, maka LUMIX akan mengaturnya buwat situh. Tinggal jeprat-jepret pasti aduhai….

. .

Alesan laennya, LUMIX inih mampu memotret jarak deket dengan hasil nyang ciamik. Seperti da bawah inih, tulisan kecil-kecil di potret jarak deket, bahkeun situh semuwa bisa liyat bayangan LUMIX da obyek nyang di potret.

Woke degh…

Ituh alesan sayah.  Namun demikiyan dari pengalaman sayah mbeli dan make  DigiCam, sayah mau ngasih tips nyang barangkalee bisa jadi pertimbangan situh kalok mau mbeli DigiCam jugak.

Pertama adalah, ndak usah ngiler sama Mega Pixel. Memang logikanya makin gede makin ciamik. Tapi dari pengalaman sayah jeprat-jepret, 12 Mpix kamera “biyasa” dengan 7 Mpix nya SONY hasilnya bejaban. Jadi besaran Pixel ini ndak begetoo ngaruh, kecuwali situh mau mbikin Banner segede Gaban….

Keduwa, kalok bisa milih nyang Internal Li Ion battery. Memang agak lebih mahal daripada nyang make batre AA, tapi batre internal menjanjikeun “masa” pemakeyan lebih lama daripada harus nggonta-ngganti batre.

Ketiga, makin kecil angka Wide Angle, maka harga akan lebih mahal. Beli sesuwai dengan kebiyasaan situh motret. Kalok sukak motret nyang mesum-mesum, cukup pake lensa normal.  :D

Keempat, cukup penting tapi diluwar teknis adalah jangan napsu untuk mbeli Gadget  saat baru launching. Biyasanya harga setinggi langit. Kecuwali duwit situh meteran, ndak ada nomer serienya, banyaknya se kontainer. Tunggulah paling ndak setaon. FX 33 inih launching da Malingsia September taon lalu dengan harga 3 juta lebih. Pameran da Jakarta Maret ato April kemaren, tapi sekarang bisa ditebus cukup dengan 2.3 jeti sajah.

Kelima, meski terakhir tapi justru sangat penting. Belilah DigiCam nyang kawin dengan perusahaan lensa kelas duniya, dari Jerman khususnya. Misalnya Kodak dengan Schneider-Kreuznach, SONY dengan Carl Zeiss.  Lumix dengan Leica. Tanpa sayah bermangsud mengagung-agungkeun tiga merek nyang sayah sebut, dan sama sekalee ndak ngeremehin diluwar merek ituh, kenyataannya DigiCam nyang menggunakeun lensa-lensa produk Jerman hasilnya sangat memuwaskeun.

Manufacturer: Panasonic
Model name:   Lumix DMC-FX33

Date announced: 2007-07-24
Max resolution: (8 Megapixel) (CCD)
Zoom capability: 3.6X optical + 4X digital
Focal length (35mm equiv.):  28mm – 100mm
Auto focus: Yes
AF-assist lamp:  Yes
Optical image stabilization:  Yes
Macro (min. distance):  Yes (5 cm)
Built-in flash:  Yes
LCD display:  2.5″

Exposure compensation, white balance
ISO sensitivity: 100/200/400/800/1250/1600
Movie mode (format):  Yes (QuickTime)
Movie resolutions (recording limit): 848 x 480
Sound recording:  Yes
RAW/TIFF mode: No
PictBridge support: Yes

Storage method: 27MB onboard memory + SD/SDHC/MMC slot
Video out: Yes
USB support: Yes
Computer supported: Mac/PC

Dimensions (W x H x D): 94.0 x 50.8 x 22.9 mm / 3.7 x 2.0 x 0.9 in

Weight (empty):132 g / 4.7 oz
Bundled software: Lumix Simple Viewer, PhotoFunStudio, ArcSoft Panorama Maker
Available Color :  silver, black, blue, and brown.

Permisi……   :mrgreen:


43 Responses leave one →
  1. 2008 September 8
    ALbaNo Gravatar permalink

    kok ga pilih Canon oom ?
    ntar dulu.. mbacanya lom kelar.. :D

  2. 2008 September 8
    j4pNo Gravatar permalink

    Sorry om Mbel, belum niat pindah “agama”…. :D
    Canon still my choise… :)

    Mbel:
    Ntar kalok canon udah bosok, cobak ajah….
    :)

  3. 2008 September 8

    om mbel ituh moto kamerana jangan2 pake hape. hehehehehhe.

    Mbel:
    Make soner K800i
    Canggih kaaaann….
    ;)

  4. 2008 September 8
    adipati kademanganNo Gravatar permalink

    saya masih setia dengan D40, utak – atiknya ajah belum lulus kok malah mau ganti yang laen. Lhah saya ndak punya duwit meteran je, apalagi buat beli barang “hanya” buat dicari kelebihan dan kekurangannya.
    Sampeyan bener-bener wong edyan !!
    *Berbalik arah membela mantan pacar*

    Mbel:
    Weee…lhadalah….
    Sama imamnya kok misuh-misuh…
    Kuwalat situ ntar…

    Setau sayah, D40 ituh udah mendekati PRO, meski masih tingkat dasar.
    Soale dia udah nganut paham Single Lens Reflex ( SLR ) nyang bisa bongkar-bongkar lensa….

    Kalok inih kan mangslup agama golongan compact cam….

    Pict Of Canon D40;

  5. 2008 September 8

    Bos itu termangsuk prosumer ngga? kl harga segitu ga masuk prosumer kemahalan bos, mending pake entry level DSLR.

    Mbel:
    Menurut sayah inih ndak mahal.
    D60 mingsih 6.1 jeti, standar….
    :mrgreen:

    Wah si bos ini kok alergi sama wide lens lho, banyak gunanya, saya ajah pengen setengah urip blom bisa nebus jugak.

    Mbel:
    Sayah tau, tapi males kalok gambar jadi pada mleyot kayak getoo…

    Kl yang bos bilang motret jarak deket barangkali nyang dinamaken mode makro. Kalau di DSLR lensa makro ini bisa buat motret pemandangan looohh buat motret gunung..lembah, hutan yang ‘rimbun’ pasti hasilnya clearrrrrrrr sekaleeee xixixixixixixi

    Mbel;
    Ampun, dah….
    BTW sayah motrek hutan tropis make K800i hasilnya jugak ciamik.
    Mau tak kirimin ???

  6. 2008 September 8

    Hiks… pengen beli DigiCam 750 rebong aja lum klakon OM :|

    DigiCam yg dah udzur import kemari aja om ;) :D

    Mbel:
    Ke…ke….ke….
    :D

  7. 2008 September 8

    waduh si om belanja terus nih :P

    Mbel:
    Kan mau lebaran….
    :mrgreen:

  8. 2008 September 8

    Saat ini aku sih masih setia sama Umax DV780 plus K530 & G502. Kalau Umax dipake buat ngambil2 pilem dadakan. Kameranya G502 ciamik juga loh, terutama kalok utk moto outdoor. Sudah gitu ada aplikasi utk mengedit poto-nya juga.

    Mbel:
    Betul.
    Soner G502 emang sangat layak beli….

  9. 2008 September 8

    Bos beneran motret “hutan tropis”??? pakai makro mode bos kok detilnya bisa clear??? xixixixixixi
    *imam sama jamaah sama2 sezaaat*

    Mbel:
    Make Soner K800i….
    :mrgreen:

  10. 2008 September 8

    Kalo dgn casio seri “Exillim” buwagusan mana Om..??
    Lhaa… kalo dgn sony nyang “DSC W130″..??

    **Saya suka nyang ramping Om**

    Mbel;
    Sayah milih 3 merek nyang sayah sebutkeun.

    LUMIX sedikit lebih mungil dan ringan.
    Jangan lupa, Wide Angle…
    Kalok sama SONY ituh sekelas deh. Tapi mahalan LUMIX.

  11. 2008 September 8

    mana mek buk er nya..???
    hehehehe
    tanggung beli kamera begituan..
    sekalian aja beli yg DSLR..

    Mbel:
    Kelasnya ndak sama Na…
    Ini compact camera.

    Mek buk er ??? :mrgreen:

  12. 2008 September 8

    *ngiler dg leica-nya*

    bener mas, leica itu jaminan ?? udah dibandingin dg lensa generik ?? gimandrang ??

    Mbel:
    Setau sayah, pesaing terdekatnya adalah Carl Zeiss.
    Tapi (
    mingsih menurut sayah ), kita ndak isa bilang Leica lebih bagus daripada Zeiss.
    Ibarat kita mau mbandingin Mercedez sama BMW….
    :D

    jd inget, temenku ada yg beruntung bgt, pas toko obralan, dia dapet kodak dg lensa #@%$#&^**)^$$&#%( *sesuai yg mas mbel tulis di atas lah,lah susah bgt ngejanya* dan sulit kan dapet kodak pocket dg lensa sekelas itu, pas obral lg ????

    boljug nih, reviewenya. bikin yg awam2 macam awak ini mudeng^^
    thx ya om…. *lg liat2 kamera*

    Mbel:
    Ya, semoga bisa buwat acuwan…

    PSsssst, jorjo armani ya ??? aku ga usah repot2 mas, cukup oakley aja…. :mrgreen:

    Mbel;
    Walah.
    Lha kok diperjelas lho…!

  13. 2008 September 8

    bohong bener cak kalo ini bukan paid review!

    Mbel:
    ……
    :mrgreen:

    sampeyan moto stiker itu ndak pake macro ya cak? pantesan kok kilap! :p

    Mbel:
    Memang sticker nya da permukaan kaca….

  14. 2008 September 8

    om mbel… bisa buwat moto perempuwan kan!…

    Mbel:
    Bisa banget.
    Apalagee kalok buwat motrek Chika sama Memeth, menambah cantik penampakannya….
    :D

  15. 2008 September 8

    Saya barusan ajah beli Kodak M763 nyang di lensanya ituh ada tulisannya Aspheric Lens. Itu bagus ndak Om?

    Mohon penilaiannya..

    Mbel:
    Katanya segh, Aspheric ituh konsepnya niru fisiologis retina mata.
    Jadi bentuknya cembung pada bagiyan tengah, namun pinggirannya mendatar. Mangsudnya, agar didapet gambar nyang tajem karena jatuhnya cahaya ( dari segala sisi ) akan memusat. Dulunya taon 50 an, merupakeun penemuan Carl Zeiss jugak.


    (walah,.. sok teu banget sayah. padahal hasil nanya sama tokonya…
    Oya. Da Bhinneka harganya ndak sampe 1.5 jeti….)
    :lol:

    Pict Of Kodak M763 :

  16. 2008 September 8

    wah wah…
    pak mbel, kameranya baru!…
    yang lama-lama bisa dihibahkan ke saia nggak! (*haiah)

    *ngarep.com

    wakakakakak….

    Mbel:
    Ke…ke…ke….
    :D

  17. 2008 September 9

    Lumix emang ciamix dengan lensa leica, but can on tetep jadi pilihanku hehehehe
    Met berpuasa om

    Mbel:
    Makasiii….

    salam
    masih hibernate

    Mbel:
    Ngapai aja segh….

  18. 2008 September 9

    wah bisa jadi referensi buat beli camera…
    tapi sy berharap banget dapat hadiah kamera, secara blogku lho ngak ada foto2 dr sy blas… :D

    Mbel;
    walah…
    Pake kamera ponsel kan bisa….???

  19. 2008 September 10

    dulu pengen juga beli Lumix…
    sayangnya di sini gak ada yang jual…

    tapi saya tertarik dengan fitur wide angle nya itu…

    Mbel;
    Ke…ke…ke….
    Coba dong….
    :mrgreen:

  20. 2008 September 11

    suka designnya yang simpel dan elegan dan agak retro… yuhuu…

    Mbel:
    Yoi, boss…
    Sekseeeeh….
    :D

  21. 2008 September 11

    curiga header baru pakdhe gara2 eksperimen kamdik baru inih..
    wakakaka :mrgreen:

    Mbel:
    Hwaaaa….ka…ka….
    :lol:

  22. 2008 September 11

    Ngakak kalau baca cerita di sini.. suasanya ada di negeri jare dewek… :D terutama bahasanya…

    Mbel;
    Hwaaa….ka….ka…
    Maklum, kurang berpendidikan, pak….
    :lol:

    Barang2 mewah termasuk mubadzir bos… :D

    Mbel:
    Inih kan dibeli udah setaon setelah lanching.
    Jadi udah ndak mewah lagee…

    ***ngeyell….***

  23. 2008 September 11

    ada kamera yang bisa buat mbalang asu ndak om mbel…?

    Mbel:
    Itu kan jaman doloo….

  24. 2008 September 12

    pak imam kalo ngreview keren banget.. sampek jamaahnya melongo ndak mudheng ngono loh.. hehehehe…

    Mbel:
    Soale ndak dibekalin ilmu jadi guru, boss….
    ;)

  25. 2008 September 12

    Jadi kapan situ mau photo saya kang?

    Mbel:
    kapan ajah bisa.
    Dimana kita mau ketemuan….???
    ;)

  26. 2008 September 12

    wah…keren aku juga pengen beli camdig, yg murah tapi bagus dibawah 2 juta kira2 apa mas?ada referensi gak? klo kodak bagus gak?

    Mbel:
    Banyak boss….
    Kodak ada, Lumix jugak ada…
    Cuman spec nya jugak jadi ikut turun….
    :D

  27. 2008 September 12

    Wah Om, tipsnya kalok pengen beli barang nunggu setaon lagi ntar selak kluar barang baru lagi trus pengen trus lebih mahal trus gak jadi beli lagi dooong……

    Mbel:
    Sayah jamin ndak begetoo…
    Nyatanya sayah make Cam nyang lama jugak sampek elek.
    :D

  28. 2008 September 12

    Headernya itu termasuk dari ketidakkuatan menahan nafsu atau menggoda nafsu!!

    Mbel:
    Situh tergoda yah ???

  29. 2008 September 12

    Hoo.. begitu yah? Jadi seneng punya kamera yang ndak jelek-jelek amat.. Tengkyu Om… :mrgreen:

    Mbel:
    Cam situh lumayan kok…
    Doloo sayah jugak sempat tergoda, cuman emang udah sayah tekatin bahwa suwatu saat sayah kudu mbeli LUMIX….
    :D

  30. 2008 September 12

    pinjemmmmmmmmmmmmmmm :D

    Mbel:
    Sini dong….
    ;)

  31. 2008 September 13

    Kereeeeeennn
    Kpn pinjem donk juragannn *ngiler*

    *huks, jd inget kamera aLe yg uda pensiun, mo beli lg blm ada duit, smg abis ni ada yg ksh hadiah aLe kamera ^^ huhu ngarep*

    Mbel:
    Ke…ke….ke….
    :D

  32. 2008 September 13

    woghhh…… paid reviewnya di booking oleh seorang wanita OM :D

    Mbel:
    Walaaaah….

    Sabar yaa…
    Besok senen ada yang baru….

  33. 2008 September 13

    sudah moto apa ajah pake kamera baru, oom Mbel?
    Jangan moto nyang aneh-aneh… tar situ ketangkep Roy Suryo :D

    Mbel:
    ooo….
    Sang pakar ituh….
    :D

  34. 2008 September 13

    Yah.. sama. kalau ada duit, kamera cakep gitu sungguh sangat mengundang selerraa….

  35. 2008 September 14

    k bandung lah pak mbel…. :P

    Mbel:
    Ngelapin ngapelin situh ???

  36. 2008 October 16
    Helmi PerdataNo Gravatar permalink

    Mbah mBel,apa ada fasilitas panorama?
    Sampeyan masih banggain megapixel yang besar, gak efektif besar mpix, emang mau buat nyetak ke kertas ukuran Anol (atau koran) atau mau bikin spanduk partay.

    Mbel;
    Mangkanya dibaca doloo nyang bener, boss….

    :roll:

  37. 2008 October 16
    Helmi PerdataNo Gravatar permalink

    waduh maaf banget Mbah Mbel, tadi halaman tengah kelewatan mbaca nyang di kalimat Pertama…dst di alenia akhir itu. Sorry tadi bacanya sambil ngelus paha istri yang masih mulus !

    Mbel:
    Istri nyang keberapa….
    ;)

  38. 2009 January 23
    maiNo Gravatar permalink

    maaf saya baru melihat rum ini .mau tanya ni ?………………..
    bagai mana cara memilih kamera digital yang bagus ?…………..
    cara mengambil gambar supaya asilnya oke bagaimana ya?………..

    Mbel:
    Kalau situh mbaca semua tips, pasti situh paham.
    Pada prinsipnya, Digi Cam dengan lensa/ optik lisensi dari Jerman bagus-bagus. Macem Panasonic dengan lensa LEICA

    Soal ngambil gambar pada DigiCam, pada DigiCam terbaru umumnya udah banyak setelan otomatis yang mampu meng Adjust secara otomatis dengan cepat. Biasanya hasilnya pasti oke meskipun obyek bergerak cepat.

  39. 2009 March 3
    mahendraNo Gravatar permalink

    wah jd pengen bli kamera jg tpi menurut mbah mendingan digicam or DSLR mbah

    Mbel:
    Sayah yang pocket udah cukup lah…
    Kalo pakai DSLR kebagusan…

    :lol:

  40. 2009 June 11
    ariNo Gravatar permalink

    Yoi…Lumix is the best. Owe pke nyang FX-55, MUANTEBBB Bro!!!

  41. 2009 June 20
    indraNo Gravatar permalink

    skrg hargane brp y tu fx33 mbel? q rencana mau mbeli lumix tp kyake arep bingung soale akeh type-ne omg2 nek sama yang fx520 luih medeni mana? fx520 pake touch screen n bs selective fokus lewat tunyuk2 screene mbarang horo!!! nek ndak salah jg bs milih2 speednya lho…
    aniway kasih info2 via e mail dunk

    Mbel:
    Jelas luwih medeni FX520, boss…

  42. 2010 January 10

    procumer sungsang *samsung w500 kayana bagus tuh…

  43. 2010 January 10

    eh wb500

Komentar situh bergantung pada amal dan ibadah situh

Note: Situh bisa pake basic XHTML dalem komentar. Email situh Ndak Bakalan dipamerin ke orang-orang.

Komentar lewat RSS

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.