MUDIK BARENG TOYOTA PRIUS….

2009 September 30
by mbelGedez™

.

Sekedar pemanasan berbagi kemacetan cerita.

Ini cerita saat sayah mudik ke Jawa ( halah !!! ). Sebenernya udah menjadi cerita umum wong diberitain di TV dengan gencarnya. Tapi buat sayah pribadi mudik kali inih sangad unik. Pertama, karena sayah udah  ndak mudik selama 2 taon untuk merayakan Iedul Fitri di kampung. Yang kedua, mudik kali inih pake Prius. Ituh si mobil ajaib bin ajib besutan TOYOTA.

Wokeh,…

Sayah brangkat dari rumah sayah di Cibubur hari Jumat tanggal 18 September  jam 5 pagi setelah sahur.  Babu kesayangan sayah ndak ikut. Dia pilih tinggal dirumah ajah nonton  sinetron, katanya. Dipagi ituh langsung nge gas menuju toll arah Cikampek. Ternyata rame banged. Bahkan 2 kilometer menjelang pintu tol Cikampek, banyak yang udah ngaso di jalur sebaliknya. Nampaknya mereka orang yang terjebak semaleman dan kecapekan, seperti terlihat di berita TV. Sementara ituh, sayah masih seger. Jadi maju terus.

merayapSekeluar pintu tol Cikampek sama pulisi di arahkan menuju Sadang – Subang. Tentu sajah sayah ndak mau. Soale sayah tau persis, meski jalan menuju Sadang-Subang  ndak berlobang, tapi jalanan menuju Sadang Subang cuman muat 2 lajur. Dengan berlagak seolah anak sayah masih di toilet, sayah memaksa untuk bisa memarkir kendaraan di sisi kiri. Tentu saja ini mengundang iri pengemudi laen. Beruntung tampang sayah yang ngganteng inih begaya ABCD, jadi aman-aman ajah.

Seperti sayah perkirakan, ndak sampe sejam ruas jalan arah Subang udah dipenuhin ribuan mobil pemudik. Maka ruas jalan menuju Pantura pun di buka lagi. Segera sayah pacu Prius untuk bisa menempati pole posisi terdepan. Melaju ndak terkejar oleh yang laen. Sementara jam di dashboard nunjukin pukul 07.30 pagi. Ngebut inih ndak bertahan lama. Soale selepas kawasan Jomin, kendaraan mulai merayap. Itu yang namanya motor melaju menderu-deru kayak tawon.

Sejujurnya, sayah kuatir juga kalo jalanan sampe macet. Soale sayah yakin  pihak TOYOTA Jepang sekalipun, pasti ndak kepikiran kalo insinyur mereka nyiptain Prius bakalan diajak bermacet ria di Indonesia. Sumpah sayah deg-degan banged. Gimana ndak coba, ituh yang namanya Prius ndak memiliki indikator panas mesin…!!!

Trayek etape pertama ( jkt- cikampek ) lancar, di etape ke dua ( Cikampek-Jatibarang ) berjalan dengan tersendat. Aliran kendaraan yang semula 3 baris di jalur kiri, mulai ndak sabaran dan menjajah jalur kanan alias arah sebaliknya (melawan arus ). Jadi total 6 lajur menuju arah timur/ Jawa Tengah. Nampaknya pulisi udah nyerah. Dari komunikasi radio mereka yang sayah sadap, perintahnya cuman untuk mengamankan mudikers agar jangan sampe terjadi cilaka.

Display PriusSaat di seputaran Pamanukan, arus lalu lintas bener-bener stop and go. Bahkan seringkali merayap perlahan sekitar 30 km/ jam. Ini terjadi karena mudikers yang melawan arus, ketemu dengan kendaraan dari arah timur. Sehingga saat mau kembali ke jalur yang semestinya, membuat perjalanan terhambat. Tadinya sayah pikir Prius bakal mengalami masalah, mengingat Prius yang sayah pake inih build up yang belom disesuaikan dengan kondisi jalan dan lalu lintas di Indonesia. Namun demikian, saat Prius berjalan perlahan dia justru menunjukkan kehebatannya sebagai mobil yang akrab lingkungan. Saat berjalan sekitar 30 km/ jam dan display batteray menunjukkan hijau seperti pada gambar, berarti berada pada posisi mengendara paling efisien. Bahkan seringkali dalem kondisi merayap inih Prius menggunakan tenaga batteray. Sementara mesin bisa istirahat dari membakar bengsin.

bakrie toll roadSelewat Pamanukan lalu lintas sangat lancar, bahkan hingga memasuki Jatibarang menuju etape ke tiga ( Jatibarang – Prupuk ) yaitu tol Kanci . Di tol Kanci Prius sayah pacu hingga 130 km/ jam. Tol sangat sepi bahkan hingga memasuki tol baru yang baru selesai dibuat satu jalur oleh Bakrie Toll Road. Tol yang sementara ini disebut Kanci – Pejagan bisa sayah tempuh dalem 50 menit dan langsung memasuki daerah Jawa Tengah. Pintu keluar toll inih di daerah Ketanggungan – Prupuk.  Udah aman dah, kalo udah di kawasan sinih…

Akhirul kalam, sayah sukses sampe di Purworejo pas Maghrib. Bobok di hotel untuk kemudian melanjutkan perjalanan esok paginya ke Jogjaaaaaa….. (padahal udah deket, 80 km lagi. tapi demi safety sayah pilih tidur ajaaa….. )

.

.

.

.

Oya, biar ndak dikirain ngibul, inih sayah tampilin sesampai sayah di Jogja…

toyota prius at wisma kagama
.
.

Mobil yang bea pajaknya 300% inih sukses juga sayah ajak jalan-jalan makan sea food ke PARIS, PARang triIS….

prius at parang tritis
.
Well…
Ngomongin soal pajak, pemerentah Indonesa sungguh keterlaluan. Mosok mobil inih dikategorikan mobil mewah…???  Apanya yang mewah…???… Dibeberapa negara eropa, kalo mbeli mobil inih malah ndak dipajekin. Ada juga kebijakan keringanan subsidi. Beli mobil di subsidi…???

Jangan kaget, rakyat  Singapore bisa mbeli mobil yang di subsidi pemerentah setempat. Syaratnya gampang, mobil yang dibeli cuman bisa dipake pada hari libur. Hari selanjutnya kudu parkir di garasi. Kalo ndak salah, plat nomernya warna merah. Lha terus hari-hari laennya gimana..??? Ya monggo, silakan naek MRT…

Nah, mestinya pemerentah menerapkan hal yang sama. Prius adalah mobil ramah lingkungan karena pemakaian BBM yang sangad minim. Kadar CO nya pun, sangad rendah. Mestinya mobil kayak ginih dibebaskan mbayar pajak. Minimal, ndak gede-gede amat lah. Bukannya malah dipajekin gila-gilaan dengan mengkategorikan sebagai barang mewah. Lha wong interiornya sama Kijang aja bagusan kijang. Dashboard dan deck pintunya full plastik yang mudah di daur ulang.

Mestinya pemerentah malah majekin yang setinggi-tingginya kepada kendaraan yang udah bocor dan membuat polusi dengan asep yang ngepul di knalpotnya. Kebijakan pemerentah saat inih sangad keliru. Sama sekali ndak mikirin nasib bangsa ini di masa mendatang. Yang dipikirin cuman kenikmatan sesaat karena dapet duid pajak sebesar 200 juta dari pembeli Prius….

**halah, malah ngomel…**

36 Responses leave one →
  1. 2009 September 30

    Bozzz ini prius dah prius pribadi yak bukan prius pinjeman test drive ?…

    makin manteb aja nih siy bozzz hehehehe…

    Mbel:
    Wooogh….???
    Ngeditnya belom kelar, udah di samber aja. Minal Aidin Wal Faidzin, Boss….

    ;)

  2. 2009 September 30
    WahyuNo Gravatar permalink

    Walau gak pertamax, gpp lah. :)
    Horee, akhirnya bloog ini diupdate lagi :D
    Wah ternyata ini lo mobil yg dipake saat om sedang mudik :) . Siapa yang nemenin mbah? Masak sendirian sih :| .
    THRnya mana mbah untuk saya eh jemaahnya? :mrgreen:

    Mbel:
    Sendiri tuh asik juga, boss….

  3. 2009 September 30
    WahyuNo Gravatar permalink

    I’m Agree uncle :D
    Kapan negara kita maju (setidak-tidaknya ya negara berkembang semi-maju :) , kayak China ato ;) ) kalau pemerintah begini terus :?: :roll:
    Menurut pendapat saya , pemerintah itu kurang update dengan perkembangan teknologi, masak mobil irit bengsin ato PERTAMAX ( :mrgreen: ) dan ramah lingkungan dianggep mewah :?: Semua pemimpin NKRI sebagian besar sudah tua semua sih ya, jadi kurang ngerti :evil:
    Mbah mana postingan mesumnya :lol: Bahas miyabi dong.

    Mbel:
    Beginilah Indonesa, nak….

  4. 2009 September 30

    iya ney gag seru,,masa mudiknya sendirian aja…

    …kuciwa dong keluarga di desa,,,,haiah

    Mbel:
    Gimana kalo Iedul Adha besok mudik nggandeng dik Risda….???
    ;)

    **sekalian mbawa penghulu**

  5. 2009 September 30
    WijayaNo Gravatar permalink

    Lho, kirain mudiknya janjian sama dik Risda….

  6. 2009 September 30
    adipati kademanganNo Gravatar permalink

    yang ada di otaknya pembuat aturan kan upil dhuwit. Jadi bisa dipastikan orang yang bisa membeli prius itu adalah orang yang berduit, jadi kalo pajeknya dibebankan sampei segitu ada benernya, jadi pembeli adalah orang yang taat pajek terpaksa taat ding , jadi mau ndak mau mbeli prius adalah mbayar pajek. kalo pajeknya dibebankan kepada mobil yang biyasa-biyasa saja kemungkinan peminatnya akan turun karena pembeli pasti mikir seratus kali buat mbayar pajeknya, jadi mendingan beli mobil yang katanya mewah sekalian karena selain mobilnya keren, harganya keren, pajeknya terbayar, jadi yang mbeli adalah orang yang puya duwit ndak ada nomer serinya *komen mbuleett tet*

    Mbel:
    Ho oh.
    Mbuled….

  7. 2009 September 30

    walah banner TOYOTA prius dah nangkring di pojokan…
    mangstabs lah…

    Mbel:

    …….. :lol:

  8. 2009 September 30

    Pajaknya ditinggiin karena dianggap punya 2 mesin kali? Tapi seharusnya pemerintah lebih arif dengan lebih memperhatikan aspek lingkungan. Karena dengan mobil hibrida & listrik (kelak akan banyak yg murni listrik) lingkungan menjadi lebih bebas polusi. Juga untuk menghemat cadangan minyak bumi kita.

    Salam.

    Mbel:
    Sebenernya pihak TAM bisa menjual seharga Camry. Tapi ciri khas cara berpikir pemerentah Indonesa hanya demi kepentingan sesaat dan mengabaikan masa mendatang….

  9. 2009 September 30

    Wuih, enak amat pembokatnya gak mudik, Om? Ngiri aku ngiriiii… huwaaa….

    *gak komen soal mobil malah soal pembantu hehehe….*

    Mbel:
    Wekekekekek….

    Babu sayang banged sama juragannya…. :lol:

  10. 2009 September 30
    Den doblehNo Gravatar permalink

    Om sblmnya minal-minul ya klw d salah maapin…komennya bsk az klw
    Yg anget2

    Mbel:
    Wokeh….
    :P

  11. 2009 September 30
    WahyuNo Gravatar permalink

    Ya benar pemerintah sepertinya tidak memikirkan masa depan negeri tercinta kita ini :( . pasti sbagian besar pemimpin kita cuma mikirin duwit yg blom tentu halal. :evil: Ayolah Semua rakyat indonesia mari kita sdar dmpak negatif KKN, moga2 masalah KPK skrg ini cepet slesei agar KKN di negara kita bisa diberantas. I love Indonesia :mrgreen:

    Mbel:
    Yang penting duid, peduli setan masa depan nanti anak bangsa inih kualitas SDM nya rendah karena otak yang terkontaminasi karbonmonooksida….

  12. 2009 September 30

    habis brapa rebuh buwat bengsinnyah????


    Mbel:
    Jakarta-Jogja 150 rebu pertamax, ato sekitar 20 literan lah…

    itu pembokat pasti make kamar situh buat indehoy sama pembantu sebelah…


    Mbel:
    Kan kamar sayah, sayah konci Vin…
    Lagian, dari rekam jejak CCTV yang maen kerumah sayah cuman satu babu tetangga yang juga ndak mudik. Untung aja wajah situh ndak terekam, Vin…. :D

  13. 2009 September 30

    mohon maaf lahir batin mbah..

    si priusnya di jogja dipake buat wisata lendir gak mbah? hehehe..

    Mbel:

    ……… :lol:

  14. 2009 October 1

    duh ambil fotonya monoton dari sudut itu. met lebaran mbel, maafkan salah saya ;)

    Mbel:
    Mungkin situ kudu belajar, kenapa iklan jam tangan selalu menunjukkan pukul 10.10

    …………… ;)

  15. 2009 October 1
    Helmi PerdataNo Gravatar permalink

    uang pajaknya diperuntukkan buat proyek bikin jalan mobil (yang dikira karena gumun) mewah sering lewat dengan segala arogansinya kan,Mbah mbeL?

    Mbel:
    Ndak tau sayah dengan soal ituh…

  16. 2009 October 1
    j4pNo Gravatar permalink

    **ngiler ngeliatin prius**

    Mbel:
    Jadwal di kampung padat, ndak isa mampir boss….
    :P

  17. 2009 October 1

    o0o emang beneran mudik tooo
    yang kemaren jajan sate itu yaaa

    Mbel:
    Sok teu, ah…
    :D

  18. 2009 October 1

    wehh kurang 1x lagi mbahas PRIUS , kayaknya dapat gratiss tuh……,
    PRIUS’e gratis Pajaknya mbayar dewe masik mau?

    Mbel:

    …….. :lol:

  19. 2009 October 1

    iklan jam tangan selalu 10.10 ta?hehehe

    Mbel:
    Iya, dik…
    Coba aja dik Risda perhatiin…


    Errr…. Kapan kita kawin, dik…???
    ;)

  20. 2009 October 1
    nancyNo Gravatar permalink

    Prius mmg keren tp mahal! Minal Aidzin wal Waidzin, maaf lahir batin ya..

    Mbel:
    Eh, Nancy nyangsang ke sinih lagi….

    Minal ‘Aidin Walfaidzin, Nan…
    Prius emang keren banged. Nancy pasti juga bisa mbeli.
    Harrier nya di juwal aja dan tuker Prius….
    ;)

  21. 2009 October 1

    kereeen oom, *ngiler ma Priusnya*

    saya sih boro2 ngendarain, wong di jalanan Bandung aja sampe saat ini lum pernah ketemu ma Prius

    Mbel:
    Waktu sayah ke mBandung mbawa Prius, situ lagi sibuk banged ngurus bisnis….
    ;)

    tanya oom, Prius ini mobil hybrid pertama yg resmi masuk indonesia kan ?, kalo iya … mungkin pemerintah gak gitu tau ttng hal ini, jadi ngasih pajak berdasarkan harga jual mobil aja

    dampaknya terhadap lingkungan belum dipertimbangkan dalam penarikan pajak, atau lebih jauh lagi … emang karena UU-nya lum ada kali


    Mbel:
    Menurut TAM, mereka udah presentasikan pada boss-boss pemerentahan negri inih dan berharap ada keringanan pajak karena memang ini bukan mobil mewah. Malah ada satu mobil yang buat presentasi sampe sekarang belom “kembali”….
    ;)

  22. 2009 October 2

    weh saya yo liburan je mbah, tgl 17/9 kemarin berangkat, tetep numpak bromvit nyaingi prius sampeyan, cukup 9 jam saja menembus pantura potong kompas waleri temanggung, berangkat jam 3 pagi, kebuang di daerah kerawang sampai cilamaya, baru bisa masuk pantura lagi, jam 12 siang udah nyampe, maklum istirahat cuma sekali di brebes. ngisi bensin 5 x Rp. 10.000,- ngirit ndak bos segitu xixixixixi.


    Mbel:
    Sayah 15o rebu pertamaxxx….

    Di jogja selama 1,5 minggu keluar bawa mobil cuma 3 kali, itu ajah dah setengah mampus kena macet di mana2


    Mbel:
    Sayah di jogja mana-mana naek Prius. Tinggal ngegas kayak bumbum car….

  23. 2009 October 2

    mantapppp….siap siap beli ke show room ahhhh…..gosok gosok

  24. 2009 October 3
    Nen..No Gravatar permalink

    aku cuma suka ama ghaya nya aja….masih berghaya ABCD,,,,,,…..

    ….*tumben…*

    Mbel:
    Biasanya gaya abegeh….
    ;)

  25. 2009 October 4

    maaf lahir batin ya mbah… kapan saya dikadoin prius? :lol: *ngimpi*

    Mbel:
    Sami-sami, Din…
    Situ sibuk pacaran apa siaran….

  26. 2009 October 5

    Wooo… om mbel beli Prius baru….
    *ngiler*

    Mbel:
    Hi hi hi . …
    :P

  27. 2009 October 5

    heiyaa, kok tau skarang saya lagi siaran? wekekekek…

    mbel, bikin tulisan kontroversial lagi lah.. kan itu yg bikin saya ngefans same mbah mbel.. bukan karena prius :D

    Mbel:
    Sayah lagi sibuk banged, mondar-mandir sanah sinih…

  28. 2009 October 6

    *membayangkan numpaki prius Om Mbel* ah sayang e pas di kontak aku lagi nyangsang nang karanganyar ketinggalan sepoor…

    Mbel:
    Situh apes muluuu….

  29. 2009 October 6

    waaaa prius itu bentuknya lucuuu. om mbel, kalau udah bosen boleh lho dihibahkan ke saya. :D

    Mbel:
    Halaah….
    Situh bisa ajaa…

  30. 2009 October 7

    coba mampir, dadi kan aku sing ora duwe mobil ini bisa ngerasain duduk di dalam mobil ‘mewah’ ituh?

    Mbel:
    Itu bukan mobil mewah, boss…

  31. 2009 October 7

    ABCD? abri bukan cepak doank?

    Mbel:
    Ho oh….
    :P

  32. 2009 October 8

    PRIa USang
    gimana ya rasanya naik mobil itu sambil pake kaos item mbelgedez + kacamata terus dibuka kacanya dikit sampe rambut kita berkibarkibar kena angin..

    *nglamun siang2*

    iya nih SIAPA SIH YANG BIKIN UNDANG UNDANG PAJAK!!!!
    mahal banged…

    *kabooor*

    Mbel:
    Ayoo, dong…
    Situ sebagai generasi muda orang pajak mestinya bisa mengkritisi soal inih….
    ;)

  33. 2009 October 11

    wohooo, pak mbel beli mobil baru
    makan makkkkaaaaaaaaaaaannnnnnn :D

  34. 2009 October 12

    Hebad…

  35. 2010 April 20
    miguNo Gravatar permalink

    iye nih, harusnya mobil model gini bebas pajak…i love environment =)

  36. 2010 July 27
    BhagasNo Gravatar permalink

    Prius modele wueleek banget…koyok enthung…
    sik wapik mobilku mbah…land rover HCPU 130…iso adus kali…

Komentar situh bergantung pada amal dan ibadah situh

Note: Situh bisa pake basic XHTML dalem komentar. Email situh Ndak Bakalan dipamerin ke orang-orang.

Komentar lewat RSS

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.