SUSNO DUADJI MBELGEDEZ…

2010 April 14
by mbelGedez™

.

Hayah.

Endonesa di hari-hari inih kok rasanya makin ndak karuan aja. Persoalan bangsa kok makin ruwet. Soal Senchuwri yang membetot mata anak bangsa selama 2 bulan belom kelar, udah disambut mobil mentri yang katanya mewah. Gossip ituh belom kelar udah di hebohkan dengan soal Gayus.

Kali inih soal Gayus nampaknya makin ngembet kemana-mana. Semua inih tentu berkat keberanian luwar biyasa Susno Duadji “bernyanyi”.

Sayah ndak tau kenapa Susno “merasa perlu” bernyanyi tentang institusinya, yaitu Kepolisian Republik Indonesia. Sayah juga ndak tau mesti mulai darimana mesti nulis soal inih. Jujur aja, ini semua permainan tingkat tinggi dimana seringkali isi tengkorak kita ndak mampu ngikutin.

Sekedar ngingetin, jaman ribut soal Cicak lawan Buaya saya udah pernah ngingetin situh semua, Jamaah Madzab Bocor Alus, agar jangan mudah terprovokasi ikut-ikutan mbelain Cicak ato mbelain Buaya.

Saya inget bener petuah orang tua saya jaman kecil dulu, dalem bahasa Russia, yaitu : Becik ketitik, Olo ketoro. Yang artinya lebih kurang sesuatu yang baik suatu saat akan muncul terlihat walau saat ini mungkin diyakini sebagai sesuatu yang jelek.

Itulah yang terjadi saat ini. Susno yang saat itu disimbolkan sebagai Buaya dan menjadi bulan-bulanan masyarakat, media ektrononik dan cetak juga  Fesbuk, saat ini malah dipuja-puja. Dunia terbalik dengan cepat.

Oke, ini opini saya pribadi. Apa yang saya sampekan di sinih sangat mungkin untuk dibantah. Walopun kita semua sama-sama tau beneran terjadi. Siapapun Susno, apapun kondisi Susno saat ini layak diacungi jempol. Sekali lagi, saya maupun situh sebenernya ndak bener-bener tau apa yang sesungguhnya sedang terjadi.

Begini. Kondisi kepolisian Indonesia memang bobrok. Bobrok sebobroknya. Tapi sekaligus unik, sebab kebobrokan mereka juga berbanding lurus dengan prestasi.

Bisa dibilang di semua lini (divisi mungkin) Polisi ituh bobrok. Di Polantas udah acap istilah Jakarta: Prit Ceban. Sekali situh kena semprit mesti ngeluarin uang sogokan Ceban (sepuluh ribu rupiah).

Di lini reserse ndak mau kalah. Kalo situh ketangkep nyabu, nggelek ato apalah, dan situh orang biasa jangan harap bisa lepas kalo sesajennya kurang dari 50 jt. Sedangkan kalo situh selebritis sangat kecil kemungkinan untuk dilepas. Maklum, kasus situh bisa “ngangkat” derajat dan pangkat si penangkap.

Seorang kenalan saya yang kebetulan jadi Building Manager di sebuah gedung di jalan Sudirman pernah ngeluh, saat gedungnya dapet anceman bom dari penelepon gelap, maka otomatis dia menghubungi pulisi. Pulisi pun mengirim pasukan penjinak bom dan segala tetek bengeknya. Setelah gedung ditelusuri dan ternyata ndak ada bom, maka sebuah bill harus segera dia siapin dengan besaran puluhan juta rupiah.

Seorang kenalan saya yang juga Building Manager di kawasan Kuningan pernah juga ngalamin anceman telepon gelap yang katanya ada bom di gedung itu. Tapi dia belajar kasus temen yang laen, dia diem aja ndak nelpon pulisi. Ternyata fine-fine aja tuh… Ndak ada bom meleduk. Karena apa ? Karena bom yang beneran meleduk ndak pake ngancem-ngancem. Langsung aja meleduk, DUAAARR…!!!

Akhirnya kami ngambil kesimpulan, telpon anceman ituh memang kerjaan “seseorang di sanah” dengan harapan mereka akan di telpon balik. Sehingga mereka “ada kerjaan” dan dapet sangu saat pulang….

Saya punya banyak temen di reserse. Baek ituh reserse untuk kejahatan trans nasional, ato sekedar resmob. Temen saya ini hebat-hebat. Bisa mbeli  CRV buat dia mobile dan TERIOS buat bini tercinta. Ada lagi yang bisa mbeliin bininya mercy 100 jutaan, dan semua ituh dibeli dengan cash. Duitnya dari mana ??  Yho mbuh…

Bukan maksut saya mbeberin dompet orang. Tapi sama halnya mempertanyakan duit Bahasjim yang 64 Milyar ituh. Pulisi bergaji 4 jutaan bisa mbeli CRV secara cash, sungguh aneh bin ajaib kan..???

Woke deeh…

Barusan ngomongin instusi kepolisian. Soal sisi baeknya banyak juga kok. Membongkar kasus inih ituh. Menyelidiki pembunuhan inih ituh, menyelidiki penyelewengan inih ituh, menghancurkan jaringan teroris, dan berhasil.

Sekarang Susno Duadji muncul menjadi pahlawan (bagi beberapa tingkatan masyarakat), sekaligus menjadi duri dalem daging bagi institusinya sendiri. Memang di institusi manapun, pasti ada seorang ato beberapa orang yang menyimpan potensi untuk “nyempal”. Entah ke arah yang baek ato sebaliknya.

Di bawah inih akan sayah sampekan beberapa skrinsut yang sayah dapetkan bersamaan dengan sayah mbikin post inih. Dimana uniknya adalah, mereka tidak menjawab dengan tegas. Mereka adalah profesional pada bidangnya, dan memiliki kedudukan yang lumayan.

Ini adalah kolega saya, senior saya di SMA dulu. Owner sebuah perusahaan yang gagal jadi anggota dewan. Menurutnya, baguslah kalo Susno buka suara. dengan demikian kebobrokan yang selama ini ada akan terungkap.

.

.

.

Sedangkan kolega saya di Bappenas dengan posisi sedikit di bawah Kepala Bappenas memberi komentar laen lagi. Sebagai orang yang pernah sekantor dengan Bahasjim, Dia memilih ndak mau membahasnya….

.

.

.

.

.

Kalo yang ini jawaban dari seorang purnawirawan ABRI dengan pangkat terakhir Letjen. Dengan berbagai jabatan strategis pernah disandangnya. Beliau nampaknya setuju dengan Susno, cuman mestinya Susno jangan bekoar-bekoar macem ituh…

.

.

.

.

.

.

Lain lagi dengan jawaban yang saya dapet di bawah ini. Seorang Pamen ABRI aktif dengan pangkat kolonel. Beliau memiliki jawaban yang berbeda, namun nampaknya setuju dengan langkah Susno. Hanya saja, Susno mesti membatasi sampe dengan level mana yang harus dipangkas….

Jangan sampe ngembet kemana-mana dan ndak terkendali.

Sebuah jawaban yang diplomatis, namun masuk akal. Mau sejauh mana Susno akan bernyanyi..???

Oke.

Saya ndak akan membentuk opini di post ini. Saya cuman menyampekan dengan cara saya, dan pendapat dari orang-orang dilingkungan saya. Soal gimana kelanjutan sinetron ini, mari kita tunggu sama-sama….

28 Responses leave one →
  1. 2010 April 14
    GooseNo Gravatar permalink

    Gue yg pertama koment……pertamax…!!!!!

  2. 2010 April 14

    om, mau tanya, ini kok tampilan nya acakadul ya ?? eh bukan acak kadul yang diatas lho..

  3. 2010 April 14

    kita liat saja permainan susno sampai mana….

  4. 2010 April 14

    intinya ?…

    mo pamer banyak koneksi orang penting wuakakakaka…

    * pasang helm dolo takut disambit bata *

    ehm… canda bozzz… btw buaya ma cecak sama – sama reptil bozzz sama – sama najisnya klo dipegang qiqiqi…

    * dah ada korban tewas lom yak di tawuran mbah priok ??? ehhh salah tempat yak qiqiqi *

  5. 2010 April 14
    GooseNo Gravatar permalink

    Teuteup aja di terusin susno bernyanyi……
    mo berapa lagu pun silakan aja…..biar banyak yg konangan kali ya om mbel dari bernyanyinya susno 2G…..

  6. 2010 April 14
    DebbyNo Gravatar permalink

    Mbah Mbel….
    Sebenernya Debby mah ngliatnya….aparat negeri ini dah bobrok yach! Walau tidak semua aparat bobrot. Baik Aparat hukum maupun aparatur negara….

    Pusing dach klo dah gini….

  7. 2010 April 14
    tutiNo Gravatar permalink

    mbah.. bayar ya kalo manggil pulisi buat nyari bom.. aneh yaa.. padahal kan sdh tugas mrk.. baru tau sy.. emang mesti sering2 maen kesini biar banyak dapet ilmu dari mbah..

    kalo gitu sy manggil mbah aja deh.. mbah.. mbah.. *tengak tengok nyari si mbah*

    ampuuunnn mbah.. sy cuma becanda.. takut kuwalat..

  8. 2010 April 14

    berarti rekening anggota polisi tuh harus diperiksa juga untuk membuktikan kekayaan mereka berasal dari mana..

  9. 2010 April 14
    MasdukiNo Gravatar permalink

    sepupu istri sayah di mintain uang 10 juta oleh polisi JANC*K, Pemerasan nih…

  10. 2010 April 14
    YaibakapalNo Gravatar permalink

    Namanya godaan itu dimana2 tempat pasti ada kok om. Pa lg kalau kita punya kuasa utk memutuskan suatu perkara. Tinggal kitanya ajah bisa membentengi diri or ndak.

    Seperti disogok uang or digoda kenikmatan. So,…….

    Mbel:
    Kenikmatan…???
    :D

  11. 2010 April 14

    Bingung aku Mbah. Sebenarnya presentase polisi yang melindungi rakyat dengan yang memanfaatkan masalah masyarakat itu berapa banding berapa? Jangan-jangan kebanyakan jadi dua-duanya.

    Semoga saja muncul Susno-Susno lainnya dari berbagai pangkat di Polri!

  12. 2010 April 15

    Sedikit sharing aja. Teman saya, ga sampai setahun jadi Pasukan baju coklat, udah dapat 2 sepeda motor! padahal waktu masuk kesatuan dulunya harus bayar sekian. Artinya, balik modal dunk. nah gimana caranya bisa balik modal? Mungkin kita perlu bertanya pada rumput yang berdendang…..

    Mbel:

    …….. :lol:

  13. 2010 April 15

    Bukannya masuknya minimal 70jt? 2 Sepeda motor belon balik modal dong, kecuali 2 kawasaki ninja nyang baru..

  14. 2010 April 15

    kalok mbahmbel jadi susno? kira2 simbah mau ngapain lagi?

  15. 2010 April 15

    menurut saya,bagus loh Susno mau “bernyanyi”, itu artinya dia tidak mau ambruk sendirian :-)

    Sebuah institusi yang pimpinannya harus berasal dari jenjang karier dibawah memang serba susah untuk dibersihkan, karena sang pimpinan tentu punya sejarah untuk mencapai posisi pimpinan, sementara sejarah dia tentu berada didalam institusi yang semrawut itu.

    Beda dng menteri, kalau dia berasal dari luar dan punya mental bagus, maka dia tidak takut menindak dengan keras, karena tidak punya hutang internal. Tapi, menurut cerita langsung dari menterinyapun, bahwa reformasi dari dalam itu berat dan mesti konsisten serta dalam jangka lebih lama. Karena sistem yg dibenahi sudah mengakar.

    Mbel:
    Menurut info, Susno sejak awalnya “tergolong Bersih” diantara yang kotor.
    Walahualam, boss….

  16. 2010 April 15

    saya kok curiga ini berbau politis yo mbah. kata ndoro kakung politik adalah soal timing, kartunya sudah kepegang dari dulu tapi cuma dipegang saja, nunggu waktu yang pas buat dibuka.

    dan kalo obrolan di warung mbok darmi kemaren bener, nanti akan berujung pada seorang petinggi negeri yang menjadi awal dari gonjang-ganjing politik negeri ini.

  17. 2010 April 15

    inis oal tepun yang buat roti. Klo masih butuh roti (tentunya dg roti yang bersih) ya rambutnya harus di cabut hingga bersih. Itupun klo mo perut gak sakit. Klo mo perut sakit saat makan rotinya ya monggo rambutnya gak usah dibersihin. Jika perlu ganti tepung dengan tepung yang baru. bukankah uangnya berlimpah ne negara?

  18. 2010 April 15
    adipati kademanganNo Gravatar permalink

    Jadi bagaimana ? *kok saya malah nanya :D *
    Orang itu ndak selamanya jadi maling, maka yang harus dilaknat adalah perbuatan malingnya, bukan orangnya. Kalau sekarang Susno sedang berusaha membongkar kebobrokan yang terjadi, bukan berarti menyangsikan keberanian Susno karena sudah “disingkirkan” dan dianggep maling. Mari kita dukung setiap gerakan pemberantasan korupsi seperti yang dilakukan Susno sekarang.
    Kalau Susno mampu membuat institusi kepolisian menjadi bersih ya tetep harus kita dukung, sampai dimana batasan Susno “bernyanyi”.

  19. 2010 April 16
    Denayu NenoNo Gravatar permalink

    duri dalam daging di jajaran nya,,,,

    membongkar kasus ini,, menyelidiki kasus itu,, mencari bom di kolong meja…
    semua pake wang,,,

    tertusuk duri karena pembagian wang gak rata kalieee…

    sayah pun punya kasus yg perlu di tuntaskan,,
    mo beli mersih c200 aja buwat sayah sendiri….

  20. 2010 April 16
    bowoNo Gravatar permalink

    ngeri aku, mbah. Ada gerakan terstruktur untuk meragukan pemerintahan dan aparat penegak hukum. Gak cukup pusat, pemerintahan daerah juga digoyang dengan kasus mbah priuk.
    Tingkat kepercayaan masyarakat kepada negara terancam, apalagi dg fesbuk yang ramai dengan perang opini telah menjerat bangsa ini kepada mudah berpendapat semudah menghujat.
    SD seorag pemberani, tapi aku tergelitik dengan skrinsut tidak utara klo tidak ada selatan, dan seterusnya. Sebab akibat yang masih panjang. Kayaknya gak murni masalah dalam negeri. Konspirasi LN khas kolonialisme, devide at empera.
    Kayak udah ada yg tahu, negri ini byk org gak bener, mo ngadu kemana2 serba salah. Orang alim dan istiqomah, digiring untuk jadi guru ngaji saja. Bawa agama di politik dibilang SARA. Wuih, medeni tenan.
    Ayok kembali ke rumah, liat anak isteri kita, ciptakan adem itu dari rumah.
    Tapi aku yakin, Gusti Allah ora sare… Dia sedang berbicara dengan tanda2.

    Mbel:
    Sepakat. Situh pinter menterjemahkan “pesan” dari para kolega saya…

  21. 2010 April 16
    adiPatiRembangKudusNo Gravatar permalink

    saad Susno Menjadi Kapolda JABAR,belio nyang jadi pioneer pembredelan pungli dan korupsi di instansinya…sampe belio bilang “jangan ada lagi setoran2 ke atasan” artinya praktek tsb sebelumnya memang ada ya…

    Mbel:

    ……… :mrgreen:

  22. 2010 April 16

    saya takutnya kalau proyeknya bumi hangus orang2 kotor diatas sana, kita jd negara tanpa pemerintah mbah…

    segera bikin team buat jadi presiden mbah :D

  23. 2010 April 17

    Polwan memang menarik untuk diajak bercinta!

  24. 2010 April 20
    WijayaNo Gravatar permalink

    Ada guyon mbah:

    “kenapa susno sekarang diincar utk disingkirkan?”
    “karena hari gini dia masih duaji…..pake triji dong, ntar aman….”

    Hahaha…..

    *masih menunggu kelanjutan kisah pak Susno. Asal jangan tenggelam dengan isu2 baru yang bermunculan aja….*

  25. 2010 April 22

    bohong sekali masih bisa dipercaya.. bohong kedua coba kasih kepercayaan.. bohong ketiga.. ke empat.. kelima dan seterusnya.. arep percoyo karosopo meneh yoo mbah??… ra ono sing iso dipeloni.. akhire melu karo mahzab mbah mbelgedez..

    Mbel:
    Hayah…
    :lol:

  26. 2010 April 27

    GA tentang brita2 skrg,, kyk ada yg disembunyyin dari rakyat

  27. 2010 April 28
    Andre_SembunganyarNo Gravatar permalink

    Mumet @#??@#$$%^…
    melu terus berita pemimpin negara + mumet ….
    karek nunggu wae becik kethitik olo kethoro…
    Yang baek nantinya akan muncul yang jelek akan kelihatan .. kiro2 ngono artine
    yo wis sampean terus ne forum pengajian Mazhab Bocor Alus…

  28. 2010 June 14
    MachrusNo Gravatar permalink

    faktor kepentingan yang ada siapapun juaranya, pk susno yang bintang 3 saja masih minta dukungan dari pihak lain apalagi masyarakat kyak kita jadi makanan empuk bagi pihak tertentu

Komentar situh bergantung pada amal dan ibadah situh

Note: Situh bisa pake basic XHTML dalem komentar. Email situh Ndak Bakalan dipamerin ke orang-orang.

Komentar lewat RSS

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.