SEKOLAH INKLUSI MBELGEDEZ….

2010 June 29
by mbelGedez™

.

Well,..

Ini tulisan rikues seorang jamaah saat ngobrol. Tulisannya pendek aja, karena saya pikir cukup banyak tulisan tentang sekolah Inklusi. Namun saya ndak sekedar nulis. Karena kebetulan udah setaon belakangan ini salah seorang kolega saya nyekolahin anaknya di sekolah inklusi.

Woiya, jangan nanya saya apa maksut ato definisi Inklusi sama saya, karena saya ndak bakal bisa njawab. setau saya kata Inklusi dipake pada beberapa hal. Dalem soal penyakit, ada istilah Inklusi. Dalem matematika kayaknya juga ada istilah bilangan Inklusi.

Nah, kalo disuruh njelasin apa itu sekolah Inklusi, saya juga ndak begitu paham. Tapi ada garis besar yang bisa ditarik dari Sekolah Inklusi. Yakni adanya kesempatan untuk menerima beberapa siswa yang memiliki kekurangan tertentu untuk tetap bisa begabung belajar bersama dengan anak normal laennya.

Sekali lagi, penjelasan saya mungkin ndak tepat. Tapi kita bisa belajar bareng untuk sama-sama bisa mengerti apa ituh sekolah Inklusi. Kenapa ?  Karena setau saya definisi secara baku dari pemerentah kayaknya juga belom ada.

Jadi, selama ini anak-anak Indonesia dengan “kekurangan” yang dimilikinya ndak isa sekolah secara wajar selayaknya anak-anak yang laen. Padahal secara kemampuan otak, bisa jadi anak-anak yang memiliki kekurangan ini mungkin lebih pinter.

Seperti diyakini akhir-akhir ini, anak autis memiliki kemampuan matematis yang lebih baek dibanding anak normal laennya. Nah, anak-anak autis inih kebetulan juga kayak anak yang hyperactive. Ndak isa diem gituh. Maka saat disekolahin di sekolah umum, tingkahnya dianggep nyebahi, nyebelin. Padahal sebenernya dia tuh lagi asik dengan dunianya.

Sebelom adanya woro-woro sekolah Inklusif inih, anak-anak autis banyak yang disekolahkan secara khusus. Padahal sebenernya ndak perlu. Soale anak-anak autis inih juga perlu bergaul dengan anak-anak non autis untuk perkembangannya. Hal inilah yang sekarang sedang dirintis di Indonesia, meski belom begitu banyak sekolah seperti inih.

Tanpa bermaksut ngiklanin produk orang, saya mau ngasih contoh adaanya sekolah yang cukup ngetop di jakarta. Namanya Sekolah Alam Aljannah. Kebetulan banged letak sekolah inih ndak jauh dari rumah saya di Cibubur. Mungkin sekitar 3 ato 4 kilometer. Namanya sekolah alam, tentu banyak belajar hal-hal yang berkaitan dengan alam sekitar, ndak melulu dalem ruangan.

.

Di aljannah inih juga menerima siswa dengan “kekuarangan” bawaan. Misalnya ada anak yang secara fisik kurang kuat untuk bergerak dari satu tempat ke tempat laen, maka bisa sekolah di Aljannah. Meski menyandang gelar sebagai sekolah alam, Aljannah sekaligus sebagai sekolah inklusi.

Biaya sekolah Inklusi inih bisa dibilang ndak murah. Joining fee tingkat SD di Aljannah sekitar 17 jutaan. Sedangkan biaya bulanan sekitar 3 jutaan. Bulanan inih menjadi mahal karena untuk anak yang menyandang kekurangan inih dibutuhkan Maid, yang disebut Shadow Teacher.

Secara akademis anak didik peserta Inklusi ndak kalah dengan anak normal. Hanya saja secara fisik dia memiliki kekurangan, kelemahan, dimana dalem melakukan aktifitasnya dia butuh orang laen untuk membantunya. Nah, Shadow Teacher inilah yang akan membantunya untuk inih ituh.

Kebutuhan Shadow Teacher inih mutlak. Satu Shadow Teacher hanya melayani satu siswa. Jadi bener-bener konsentrasi membantu tumbuh kembang anak. Di dalem kelas Inklusi hanya boleh ada 2 siswa yang perlu dibantu. Ndak boleh lebih. Jadi bisa dibilang, setiap kali proses belajar mengajar minimal ada 3 guru dalem satu ruangan.

Kebutuhan Shadow Teacher inih fleksibel. Bisa setaon, dua taon sesuai kebutuhan sampe anak dianggep bisa mandiri.

Untuk di SMP, ada satu SMP Negri yang kebetulan taon ajaran baru ini menerima siswa yang memiliki kekurangan. Yaitu SMP 287 di Pinang Ranti Jakarta Timur. Menurut info terbaru yang saya terima, SMP 287 ini mendapat tugas dari pemerentah untuk menjadi sekolah Inklusi di kawasan Jakarta Timur.

Soal kesiapan ato ndak nya, saya ndak tau. Bukan urusan saya. Saya cuman sekedar cerita aja. Heheh…

Pegang aja prinsip Ada Harga Ada Rupa. Mana mungkin di Indonesia barang gretongan bisa bagus….   *eh..

Pokoke™, mulai sekarang jangan bingung dengan istilah sekolah Inklusi. Mereka anak-anak yang normal juga dan butuh pendidikan. Bukankah pendidikan merupakan hak setiap warga negara ???

Jadi jangan jauhi mereka. Kalem aja… Oke..???

64 Responses leave one →
  1. 2010 June 29
    adiPatiRembangKudusNo Gravatar permalink

    wah pengetahuan baru nih…tks mbah

    Mbel:
    Seeeeep….

  2. 2010 June 29

    om klo ada info shadow teacher di kabari ya.. *lhoo* :D

    Mbel:
    Napa ndak nyoba nglamar aja ??

  3. 2010 June 29

    Anak ku (Aliyyah 2,8 tahun) bulan Juli nanti pindah ke Al-Jannah,masuk PlayGorupnya. Anakku bukan anak yang berkebutuhan khusus, dan kita terbuka dengan konsep inklusi itu. Jadi anak kita juga akan aware terhadap teman2nya yg berkebutuhan khusus. Terlebih lagi dijelaskan bahwa ada shadow teacher untuk anak2 berkebutuhan khusus tersebut, sehingga mengurangi kemungkinan ada hal2 fisik yang berbahaya.

    Ini tulisan istriku soal sekolah al Jannah http://henny.blogdetik.com/2010/02/28/lega-dapat-sekolah-seperti-yang-diharapkan/

    Mbel:
    Woogh…???

    Lha kok pas banget dengan post saya inih…??? :D

  4. 2010 June 30

    Jangan2 simbah inih alumni sekolah inklusi *ngaciiiiir*

  5. 2010 June 30

    info shadow teacher apa info lowongan shadow teacher? hihihi :D

    Mbel:
    Hahahah…..

    Ituh mention buat @dobelden yaaaa…??? :lol:

  6. 2010 June 30
    t4rM1nNo Gravatar permalink

    kalo anak yang DS bisa masuk situ juga ‘Bib? (baca: Mbah)…

    Mbel:
    DS tuh Down Syndrome, yah…???

    Sayah ndak tau tepatnya, tapi lebih baek dikonsultasikan….

  7. 2010 June 30
    tutiNo Gravatar permalink

    maaf mbah.. nanya.. sekolah inklusi dan slb berbeda ya?

    Mbel:
    Beda.

  8. 2010 June 30

    woh mas mbel.. makasih ilmu baru…

    Mbel:
    Hai Ninit…

    Kapan kita kencan…??? ;)

  9. 2010 June 30

    Iyah, Mbah.. Merespon komen dari dobelden :D

  10. 2010 June 30

    mungkin kata “kekurangan” bisa lebih diperhalus dengan “kebutuhan khusus” mas, biar lebih enak mbacanya, kebetulan bos aku punya anak kembar yang autis dan keluhannya juga sama, sulit untuk menemukan sekolah yang mau menerima anak-anak dengan kebutuhan khusus seperti mereka, kalaupun ada, ya itu mas…nggak ada yang mursida alias murah.
    walopun sekolah inklusi sudah didengung2kan sejak jaman kapan tau, tapi kan sumber dayanya yang nggak siap,mas. ada brapa banayk sekolah yang sudah menyiapkan kurikulum termask shadow teacher untuk anak-anak autis itu ? kalapun ada, ya gitu, mehong cinnnnn….

  11. 2010 July 1

    Naujubileh… Mahal banget yak sekolahinnya…
    Oke, ada harga ada rupa… Tapi, ndak semua anak autis berasal dari keluarga mampu toh… Apa ada bantuan pemerintah buat anak2 berkebutuhan kusus tapi ndak berpunya?.. Eh, paling ndak ada semacem Parental Knowledge biar bisa ndidik secara bener… Ato ada Home Schooling buat anak2 autis?..

  12. 2010 July 1

    Harusnya justru ada sertifikasi kemampuan seseorang memiliki anak, agar anak tidak diproduksi sekehendak hati, setiap orang yang akan memiliki anak seharusnya dicek dulu kemampuan finansial, mental, kesiapan mendidik anak, dll termasuk di dalamnya mengasuransikan anak saat masih dalam kandungan, dan ketika ternyata anaknya berbeda dari kebanyakan anak yang lain, asuransinya bisa dipakai untuk membiayai perbedaan tersebut. Idealnya sih itu juga. Ahahahahahah…

    Mbel:
    Ituh atusan di China dekade 80an dulu, saat pemerentahannya memprediksi 20 taon kedepan penduduknya bakal meleduk kalo ndak dikendalikan.

    Dulu di sana orang miskin malah dilarang kawin. Sehingga lelaki ngentotin babi adalah sesuatu yang lumrah karena dorongan libido…

    Yang mampu kawin juga punya aturan-aturan khusus. Namun kebijakan pemerentah China konsisten dengan progres pembangunannya, sehingga sekarang terbukti kehebatan mereka.

  13. 2010 July 2
    IgirlNo Gravatar permalink

    Info yang sangat bagus mbah…
    Anak-anak berkebutuhan khusus memang cenderung lebih sensitif, apa-apa harus dituruti, kalau tidak akan mengamuk. Mungkin itu karena orang tua mereka biasanya sangat memanjakan mereka dan membedakannya dengan anaknya yang lain. Sekolah inklusi adalah salah satu solusi yang bagus… Thanks a lot for posting this, Sir… ;)

  14. 2010 July 2
    IgirlNo Gravatar permalink

    Mbah, saya request juga donk tentang sekolahnya Pak Habibie setingkat SMU yang ada asramanya dan tiap bulan anak didiknya diberi uang saku itu. Saya tahunya pas ada sodara jauh saya yang sekolah di situ. Kan banyak tuh anak daerah yang gak tahu…. Kalau gak salah nama sekolahnya Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MANIC).

  15. 2010 July 3
    tjapilNo Gravatar permalink

    @Igirl

    Sekedar mbantu, coba liat disini :

    http://ic.sch.id/id/pengumuman/01-2010/1251/penerimaan-siswa-baru

  16. 2010 July 4
    IgirlNo Gravatar permalink

    @tjapil: Terima kasih banyak infonya…
    Ini sekolah unggulan yang kata sodaraku gratis tis tis tapi masuknya susah (Padahal jarang ada orang gak mampu yang pinter hehe… Ironic, isn’t it?).

    Mbel:
    Boleh juga tuh. Tapi kayaknya kalah ngetop dari TN dan sejenisnya ?

  17. 2010 July 4

    @atas iya kalok dapet gratisannya bu… aka otak situ luar biasa encer…
    nah kalo ga dapet yang gratisan… buat perbandingan taun 2000 waktu sayah lulus dari penjara suci itu yg ga gratisan bayar 2juta perbulan. bandingin sama penjara suci saya yag cuman 300rebu perbulan… yaaa gulung koming…

    insan cendikia itu sistemnya subsidi silang setaw sayah… se-sok tau saya loh yaaa
    tapi balik lagi ke pepatah ono rego ono rupo

    note: insan cendikia itu sistemnya boarding school… jadi logikanya nda mungkin semua murid gretong…

    Mbel:
    Ebused…
    Hampir 2x UMR Jakarta..?!!
    :roll:

  18. 2010 July 4
    DeZiGHNo Gravatar permalink

    Nah, kita juga mungkin butuh aturan ekstrim, Mbah.
    Wajar lah, tapi yang miskin harusnya bukan dilarang kawin,
    tapi yang miskin dilarang punya anak

    Mbel:
    Dulu jaman rezim Soeharto juga begitu kan…???

    Kalo di desa-desa tekanan ituh begitu kuat. Caranya pun halus tp menakutkan.

  19. 2010 July 4
    IgirlNo Gravatar permalink

    @ Bung Kevin: Menurut sodaraku yang angkatan tahun 2009 dan pengurus sekolahnya sih gratis, tis, sejak 2004 an. Sebelum-sebelumnya SPPnya sekitar 5 jutaan yah?…. Tapi entah benar entah salah.. Habis kagak pernah sekolah di situ…
    Pas diminta ngantar adiknya sodaraku itu ndaptar, katanya agar diterima di situ syarat utama sebelum tes mesti ranking parallel ya di sekolahnya? Berarti situ pinter donk.. Weeh :D

    @Simbah: Bener, sepertinya kalah ngetop, banyak yang belum tahu sih… :P
    Bahkan yang tinggal di Depok 10 tahun baru tahu.. :D

    Mbel:
    Kayaknya mendingan sekolah Pribadi ato apa gituh di Depok, yang di support kedutaan Turki…

  20. 2010 July 5

    SMA TN kayaknya ndak gratis sekarang mbah, baca di koran salah satu lulusan terbaik Akmil adalah lulusan TN yang bapaknya guru, si bapak bilang sebenernya nyekolahin anak di TN di luar kemampuannya yang cuma guru. brarti mbayar tho mbah?

    mbaca artikel ini saya cuma bisa ngelus dada mbah, berapa gelintir orang yang mampu mbayar 2 juta sebulan? tentu selain dibayari segitu mahal juga di rumah dapet bimbingan dari ortu yang relatif berpendidikan. bandingkan dengan nasib si kere yang ndak cuma ndak sekolah, tapi juga dikerangkeng sama orang tuanya (berita di tipi).

    Mbel:
    Disamping harus berotak, bea masuk TN sekarang skitar *uhuk* 36 juta…
    :lol:

  21. 2010 July 5
    j4pNo Gravatar permalink

    bisnis pendidikan memang menggiurkan :D

    **ngelap iler**

  22. 2010 July 5
    DeZiGHNo Gravatar permalink

    Betul, mbah. Indonesia belon siap demokrasi. Musti tangan besi. Kerajaan parlementer itu lah, hihihihi..

    Mbel:
    Kayak jaman rezim soeharto tapi minus korupsi…

  23. 2010 July 6
    IgirlNo Gravatar permalink

    Hehe.. Mbah tahu aja… Iya mbah, itu sekolah pribadi bilingual Turki bagus, meski kecil. Siswanya (Indonesia) banyak yang menang olimpiade science dunia ….. Tapi kayaknya gak gratess.. Mahal juga.. Kayaknya program sekolah gratis banyak jebakannya ya mbah… Mending sekolah di sekolah negeri yang paling paporit, dijamin bermutu dan terjangkau… Tapi yen anakku sok goblok yo wes, kon angon wedhus karo ngarit wae… Zuaha… Kidding, okay… :P

    - Last comment… -

    Mbel:
    Sekolah pribadi yang di depok ituh mahal jugak. Konsepnya boarding school.

    Kalo untuk SMPN di Jakarta paling sip di 49, 103, dan 115. Kalo SMAN nya, cuman 38 dan 39…

  24. 2010 July 6

    tapi keknya sih… setau sayah… dikalangan anak2 pesantren, INCEN ckup terkenal koq…
    tapi emang jelas kalah pamor ama TN

    @igirl
    hahaha sayah malah nda pernah masuk kelas paralel…

  25. 2010 July 6

    Lah untung saya ndak nulis biaya masuk, SPP bulanan+biaya antar jemput anak saya yang masuk PlayGroup di Al-Jannah, bisa panjang komennya :-D

    Mbel:
    Bulanan 2,8 juta termasuk antar jemput.

  26. 2010 July 7
    nancyNo Gravatar permalink

    Salut dgn sekolah spt ini, brarti 10-20 thn lg negara kita bakal punya SDM yg lbh bermutu. Tp saat itu kita sdh tuwek ya.. hehe…
    Apa bedanya dg ‘Sekolah Karakter’ ?

    Mbel:
    Kemana aja sih ???

    Kok ndak ada kabarnya ???

  27. 2010 July 20

    Setuju ama atasku. Salut banget dah

  28. 2010 July 21

    Wah aku suka nih kalo om nulis yang kayak2 gini. Setahu aku sekolah inklusi adalah sekolah yang mana memiliki fasilitas2 tambahan untuk anak2 berkebutuhan khusus. Padahal, kalo secara logika, harusnya ya semua sekolah punya fasilitas2 seperti itu bukan..?

  29. 2010 July 22

    titiw: secara logika justru tidak semua sekolah harus memiliki fasilitas seperti itu karena sebagian besar siswa tidak memiliki kebutuhan khusus, pengimplementasian hal tersebut di setiap sekolah bisa jadi hanya akan menambah biaya sekolah dan malahan anak-anak berkebutuhan khusus itu akan dimusuhi oleh banyak siswa sekolah jika terbukti menyebabkan kenaikan biaya sekolah

  30. 2010 July 31

    woghhh..jamaahnya sapa mbah ? sayah bukan ? :D
    tambahin ACG school juga mbah
    sayah shadow teacher disitu

  31. 2010 August 21
    deyu wowoNo Gravatar permalink

    sya spendapat..kata “kekurangan” dgan “berkebutuhan khusus”
    untuk mmperhalus bahasa..
    dsamping “kekurangan” pasti ada “kelebihan” ( anak gifted,anak indigo,dan masih bnyak lagi)
    sebenarnya makna pendidikan inklusi adalah pendidikan dimana kurikulum yg ada diskul i2..mengikuti kebutuhan anak
    gtu “mbah” mnurut saya..
    heheheee…

  32. 2010 August 28
    Bony PasatNo Gravatar permalink

    bukan gosip bukan ngarang…
    anakku dibuang oleh lingkungannya…
    diusir oleh para wali murid…
    divonis oleh guru kelasnya…
    cacad.
    ada kelainan.
    pantasnya di SLB.
    karena…
    karena dia memang lain…
    cuex. (karena dia menganggap itu gak penting, kecuali pertanyaan-pertanyaan yg ada di kepalanya)
    tidak mau nulis, tidak mendengarkan. (nggammbaaarrr aj ato bikin-bikin origami)
    ketawa sendiri. (karena dia punya imajinasi sendiri terutama saat baca buku)
    teriak saat ada yang tidak sesuai dengan keinginannya, ato saat ada keriuhan.
    mungkin tulisan ini tidak cukup untuk menggambarkan siapa sebenarnya anak q.
    tapi pada dasarnya, dia tak ubahnya anak umur 8 tahun pada umumnya.
    padahal kalo gurunya tidak males, dia bisa jinak kok. gak susah ngarahin dia.
    cukup beri dia penjelasan yg logis, pasti dia jinak. bahkan lulut setengah mati.kuthuk.
    tp di SD sini di usir, dg cara halus…
    di SD sana…. baru pindah 2 hari….divonis guru kelasnya,punya kelainan. bayangkan, 2 hariii….??? sudah berani memvonis!! lalu angkat tangan, dan melayangkan somasi ke kepala sekolah,dengan dukungan seluruh anggota paguyuban. baru 3 mgu sdh terusir. terkucil. dicampakkan.
    tapi aq memohon belas kasihan, agar jangan kelewat “kejam” begini. aq minta waktu sementara aq carikan tempat yang layak untuknya.
    mereka sendiri mengakui,dalam pelajaran, anakq bisa lebih baik dari teman-temannya. bahkan pandai membuat puisi. jago bahasa inggrisnya. piawai menyusun lego.
    apa ini yg disebut “kelainan” itu??
    para orang tua beralasan takut anaknya ketularan. keterlaluan!
    aq pasti memindahkan, membawa pergi anak q dari lingkungan yang primitif itu.
    aq jg tidak butuh guru yg malas membimbing dan tidak kreatif.
    aq tertipu oleh gembar-gembor sekolah berprestasi.
    diberi tantangan seperti anak q, mereka keok. tapi justru melempar aib.seakan-akan, anak q lah yg aib.
    duh Gusti…. dimanakah empati mereka….?
    apakah mereka terbuat dari batu…..?
    puasa puasa gini….. belajar ikhlas deh….
    yang penting anak q selamat.tetap bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.
    tunggu saja saatnya nanti….. pasti akan indah pada waktunya.
    (ngomong-ngomong…. tlg kasih tau sekolah yang tepat untuk anak q dong…. dah mefet neh,terusir-usir…. sementara dia tetep harus terpenuhi kebutuhan belajarnya….. kalo bisa yang di jawa timur deh….gak jauh-jauh….. makasih y.. :) )

    Mbel:
    Silakan hubungi Kantor Diknas Surabaya.

  33. 2010 September 24
    BANGBANG MADENo Gravatar permalink

    mas boni pasat, saya sangat mengerti perasaaan anda sebagai orang tua yang tentunya sangat sayang pada anak tercinta anda yang nota bene titipan Tuhan, tapi di lingkungannya di kucilkan..,karena hal ini saya alami lebih dulu daripada bapak,..kalau boleh saya akan ceritakan pengalaman saya tentang anak saya yang penyandang autis.
    saya tahu anak saya autis ketika usianya 2,5 tahun, saya saat itu hanyalah seorang supir dengan penghasilan 500 ribu sebulan dan istri saya menjadi seorang penjual nasi kuning di pasar yang berpenghasilan pas2an. saat saya bawa ke rumah sakit terbesar di kota saya, dirujuklah ke klinik tumbuh kembang. pada saat itu anak saya tidak bisa bicara, hyperaktif dan tidak bisa diam satu menitpun, dan anak saya divonis penyandang autis. Adapun solusi yang saya tanyakan ke dokter adalah salah satu dari kami harus berhenti bekerja,padahal kami bekerja berdua saja hidup kami masih pontang panting, tapi akhirnya saya bisa siasati dengan cara saya yaitu saya minta tolong pada teman2 yg tahu dan baca tentang autis, agar mengcopy tulisan2 yg mereka baca. Alhasil saya dibantu oleh seorang yang berhati emas yaitu bapak Nelson (almarhum) yang sangat berjasa membantu memberikan buku2 untuk bagaimana cara memprogram anak autis, yang mana bapak Nelson mempunyai anak kembar 2, yang satu normal satunya lagi autis.Semenjak saya dapat methode pembelajaran anak autis dan saya program sendiri, peningkatan kemampuan speech dan akademiknya maju begitu pesat,karena setiap minggu saya evaluasi hasil program yang saya laksanakan.
    Semenjak tahun 2000 anak saya sekolah di SLBBN Jimbaran Bali, yang saat itu baru ada 5 orang anak autis bersekolah disana, ternyata dengan kesabaran doa dan bimbingan dari guru2 yang ada, anak saya sekarang sudah menjadi anak yang mandiri dan membanggakan hati bagi kedua orang tuanya, karena anak saya menjadi seorang penyanyi di grup band sekolahnya yang kesemua personilnya anak autis,dan yang lebih membanggakan lagi, band ini sering di undang untuk mengisi acara2 yang ada di kompleks hotel Nusa Dua dan daerah Denpasar….bersambung…

  34. 2011 January 22
    aGus Cilegon, MbantenNo Gravatar permalink

    Dear Sekabehane,

    Salam kenal ya, saya aGus tinggal di Cilegon, Mbanten.
    Sekedar sharing saja, di Cilegon sekolah inklusi tidak semahal di Jakarta kok.
    SPP cuma 450ribu, memang bagi anak berkebutuhan khusus ( ABK ) yang memerlukan shadow teacher harus mbayar lagi 500ribu…. Bagi anak ABK yang kurang mampu dengan senang hati akan dibantu keringanan sesuai dengan kemampuan ortunya.

    Demikian disampeken, bagi yang butuh info lebih dalem, dengan seneng hati saya akan bantu sebatas kemampuan dan pengetahuan saya.

    Suwun….
    Salam saking cah Cepu sing ning mbanten…

  35. 2011 February 9
    ayah syifaNo Gravatar permalink

    mbah,… tulung aku njaluk alamat lengkape smp 287 yang di pinang ranti,…kebetulan taun ini anakku ikut uasbn,…tapi kalo ndak lulus uasbn apa bisa tetep daftar di sekolah itu to mbah…? Suwun

    Mbel:
    Masuk jl. SMA 48 ikutin jalan itu terus, sampe pengkolan beberapa kali. Nanti ada plangnya gede SMP 287.

  36. 2011 March 6
    deyu wowoNo Gravatar permalink

    bwat Pak Bony Pasat..saya ngrasa pak..kepedihan itu..
    emang masih bnyak skul yg primitif…
    klw bapak mw..saya bantu carikan skul untik anak bapak..
    daerah Jatim ya??
    bnyak kq pak..
    SD Berbantuan..dll..
    kebetulan sya di wilayah Jateng, tapi saya punya bnyak temen yg bekerja di skul daerah Jatim..
    dan mereka peduli

  37. 2011 April 22

    Memang tidak semua sekolah mempunyai SDM untuk mampu menangani anak berkebutuhan khusus,tapi minimal sekolah mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai anak berkebutuhan khusus itu,sehingga akan muncul empati dan kepedulian. Mengenai “ono rego ono rupo” mungkin solusinya subsidi silang aja?!

  38. 2011 April 25
    YOESMAY WIDYANING YOEANA (guru pendidik khusus)No Gravatar permalink

    siiip …..,thanks ceritanya.aq salah satu guru pendidik khusus (GPK)…bukan shadow lho… di sekolah dasar negeri inklusi di kota Malang.

  39. 2011 June 22
    amat malangNo Gravatar permalink

    mohon info sekolah inklusi di kota malang, trims

    Mbel:
    Mohon maap, saya ndak tau….

  40. 2011 June 22
    Ninik SulastriNo Gravatar permalink

    Pusat terapi anak berkebutuhan khusus Rumah Sahabat Yogyakarta melayani terapi untuk anak-anak autism, ADD, ADHD, Down syndrom, CP dll dengan terapi terpadu, speech therapy, sensori integrasi, behavior therapy, fisioterapi, pendampingan ke sekolah umum, home visit therapy. Beralamat di Jl Perintis Kemerdekaan, Perum Gambiran C 2 UH V Yogyakarta. untuk info lebih lanjut hubungi 0274 8267882

  41. 2011 June 24
    astutikNo Gravatar permalink

    alhamdulillah saya panjatkan kpd NYA.dan terimakasih kpd Bu EKO.yg telah menunjuk smp negri 5 yg ,satu diantara 5 smp negri yg di tunjuk.dan di surabaya,baru tahun 2011 pemerintah menambah smp inklusi menjadi 5.satu di antaranya ya smp negri 5 ini ,dimana anak saya direkomendasikan Bp Hadi Supangkat sebagai kepala sekolah SD KEMAYORAN 24 dan Bu DINI sebagai guru inklusinya ,

    sebagai siswa inklusi satu atap di smp negri 5.saya sangat berteimakasih sekali kpd Beliu2 ini,yg telah berhasil sebagai GSA(Guru Sayang Anak )yg dg ichlas mengantar anak saya sampai tujuan.jazakumullah choiron katsiroh Bapak dan Ibu Guru.yg saat ini semakin dibutuhkan dlm dunia pendidikan .

    Mbel:
    Alhamdulilah

  42. 2011 August 15
    Yulia Anita DewiNo Gravatar permalink

    aq jg salah satu GPK (Guru Pembimbing Khusus) mengajar baru 7tahun di SD NEGERI Surabaya (INKLUSI). sekarang ini aq mutasi mendekati rmh jg di sekolah rintisan inklusi…dari pengalamanq di tempat baru aq sedikit kecewa dengan yang berwenang…aq cuma guru yang berkeinginan memberikan pendidikan yg terbaik untuk anak-anakq yg notabene mereka memiliki kebutuhan khusus dimana sebagai warga negara indonesia mereka memiliki hak yang sama mengenyam pendidikan tp berhubung keistemewaan yg mereka miliki mk tdk semua sekolah dapat memberikan pelayanan yg mereka butuhkan…sekarang ini Indonesia memang getol memperhatikan mereka dengan membuka sekolah-sekolah inklusin serta memberikan segala keperluannya termasuk sarana prasarana serta selery guru tetapi sayangnya tidak mau mengawasi pelaksanaannya sehingga sekolah-sekolah baru (Baca:Negeri) yang mendapat mandat menjadi sekolah inklusi kebingungan menjalankan mandatnya…ironisnya karena mandat yang diberikan itu tidak hanya cuma-cuma tetapi jg dilengkapi dengan bumbunya maka sekolah bertanggungjawab memberikan laporan dll akhirnya laporan pertanggungjawaban tsb tentu saja tidak sama dengan fakta lapangan….singkat ceritanya pelaksana lapangan bingung melaksanakan mandat sementara pemberi mandat kurang lihai mencermati lapangan akhirnya laporan pertanggungjawabannya jg asal bos senang……pengen sekali menata mjd lebih baik tp sayangnya aq cuma seorang guru….doaq smg bersama waktu,inklusi berjalan lebih maju…

  43. 2011 August 15
    Yulia Anita DewiNo Gravatar permalink

    untuk share masalah pendidikan inklusif (termasuk didalamnya peserta didik dan pembelajarannya) silakan hubungi Special Needs Education _ ITA di 0857.3223.1154 semoga bermanfaat amin

  44. 2011 November 16
    yulia tetaNo Gravatar permalink

    Banyak sekolah negeri maupun swasta yg cuap-cuap mampu menerima anak berkebutuhan khusus, setelah anak masuk mereka mengabaikanya dg macam2 dalih, tapi msh ada segelintir guru yg berhati mulia, profesi mereka guru tp sekaligus pendidik sejati, tks bpk Iqbal dan guru2 TK & SD Almadinah Marpoyan Pekanbaru, tetap konsisten di Jalur para pendidik, jg terlalu hiarau dg lulus UAN 100% , membentuk anak didik barkharakter itu lebih penting

  45. 2011 December 3
    TioNo Gravatar permalink

    Mas Boni Pasat,
    Walaupun saya baru menulis ini .. tetapi saya sangat mengerti perasaan anda. Perasaan yang sama saya alami saat ini. Sekolah yang tadinya begitu bagus menangani anak2 bermasalah ….. kini berbalik 180 derajat menghadapi anak saya. Berdasarkan analisa shadow teachernya serta psikolog yang saat ini menangani anak saya, anak saya tidak termasuk anak autis ataupun hyperaktif ataupun ADHD sebagaimana yang pihak sekolah katakan. Anak saya memang mengalami gangguan sensitivitas ….. sayangnya bukan perlakuan adil yang anak saya dapatkan tetapi labelisasi serta diskriminasi yang diberikan. Bayangkan wali kelasnya menekan shadow teacher anak saya untuk menulis “mencekik temannya”, padahal shadow teacher itu berani bersumpah demi Allah kalo ia melihat anak saya hanya menyilangkan tangan di leher temannya. Belum lagi perlakuan masa bodoh saat anak saya memberikan pendapat, meminta izin, dan lain-lain. Mereka hanya melihat anak saya tidak bisa mengontrol BAKnya padahal anak saya sudah meminta izin tetapi gurunya tidak menanggapi. Saat bundanya bilang : “ya sudah, kalo begitu abang langsung ke toilet saja”. Tatapi anak saya bilang : “Bukan begitu peraturannya bunda, kalo bu guru diam atau tidak menjawab berarti tidak boleh”. Kalo saja kami tidak memikirkan kepentingan murid-murid lainnya, kami mungkin sudah mengadu ke KPAI atau membawa persoalan ini ke pengadilan.
    Akhirnya kami memutuskan untuk memindahkan anak kami, tetapi rekan2 mungkin mengerti adalah sangat sulit mencari sekolah saat pertengahan semester ini.

  46. 2012 January 11

    nice article, nice sharing, ijin sharing link ini ke yang lain :)

  47. 2012 February 9
    IraNo Gravatar permalink

    maaf mau ikut nimbrung
    menurut saya, sekolah inklusi, setidaknya pemerintah sudah ada niatan buat memperbagus pendidikan bagi segala pihak, termasuk anak anak yang mungkin berbeda dengan anak-anak sebayanya, walaupun mungkin sistemnya kurang ditata, yah maklumlah pemerintah kita kan masih tergolong baru.
    terus kalo menyikapai adanya diskriminasi terhadap anak2 ibu atau bapak yang spesial, mungkin mereka merupakan masuk dalam Gifted child, seperti Indigo, atau mungkin masuk golongan ADD atau ADHD. hal itu bukan berarti ndak bagus loh bu pak..mereka itu adalah anak anak “baru” yang emang muncul sejak tahun 1980an..barack obama, steve job, bill gates juga masuk salah satu di Gifted child ini, jadi mereka itu memang spesial..=D
    yang saat ini bisa dilakukan sama bapak ibu adalah tetap masukin anaknya kesekolah sekolah yang menurut anda cocok untuk anak anda dalam rangka pertumbuhan sosialisasi anak ibu bapak, terus nggak itu aja, bapak ibu saya sarankan mulai sekarang banyak baca buku terjemahan yang banyak tentang Gifted child, biasanya ada dalam bentuk terjemahan..
    kan kalo disekolah mereka nggak cukup, bisa didik dirumah oleh bapak ibu..=)
    klo bapak ibu masuk dalam kategori berkecukupan, setau saya di Amerika, banyak sekolah ataua pendidikan bahkan yang non-profit sekalipun buat anak-anak spesial ini
    di AS bahkan mereka ini, dicari buat bantuin pemerintah loh! mereka pintar dalam hal tertentu, dan dijadikan agen agen bahkan diangkat sebagai perangkat negara.
    jadi bapak ibu, be proud dengan anak-anak anda!
    tinggal tunggu saja, semoga para NGO seperti itu cepet buka cabang diIndonesia, =D

  48. 2012 February 15
    astutikNo Gravatar permalink

    ass.anak sy msk smp th 2012ini,SMPN di Surabaya.msk inklusi krn gangguan emosionalnya,dn insomia sjk kcil.sd nya unas reguler dg nilalai akir rt2 7,27.dn sdh beberapakali sy tulis perkembangan anak saya ini.namun akir2 ini,perkemngan positivenya mulai goyah.adnya bukan berkembang tapi sebaliknya.trkr dia mulai bisa mengatur jam tdrx.pokokx perkembnganlah(positive)lez dg sengat,bgt jg semangat sekolahx mulai nyata,walaupun msh termotifasi dr teman2 sklhx.tp..kmrn ank sy wktu d mskkn klas khusus inklusi,berantem sm temanya.sy tdk tahu reaksi gurux bgmn?sy sempat bertanya trus mau di bagaimanakan anak ini?saran gurunya ank sy spy dibawa ke psicolog secara mandiri.kalau ibu pengen anakx menjadi baik,segra di bw k psicolog secara mandi tadi.sbnrx hati saya skit saat bugurux mengucapkan kalau ibu pengen anknya menjadi baik,tp Alhamdulillah sdh kebal rasax.skrg yg sy tnyakn,dg kondisi ekonomi di tggug kakakx,sy harus bgmna???gurux sdh mengucapkn bgn”psycolog dr galuh aja sdh kwalahan apalagi kami”ibu sendiri aja gk bisa apalagi kami”bgt sering d lontarkan.pdhl sy selalu interaktive k sklh.untuk spy ad krjsm antara wali mrd dg guru,informasi apapun berkaitan dg Adel(nm ank )pasti sy informasikn.jg klau ad perkembangan yg sy rasakan,perkmbngan sekecil apapun sy smpaikan.gmn..???sy hrs k mana……??????????mksh ws wb.

    Mbel:
    1. Saya mendadak mumet dengan gaya tulisan anda.

    2. Bukan bermaksud menghakimi, nampaknya sekolah tersebut ndak siap menanggung beban sebagai sekolah yang menerima anak berkebutuhan khusus. Bahkan saya menduga, banyak sekolah yg “setengah hati” menerima siswa seperti putra ibu.

    3. Ibu coba mengadu ke DikNas, dimana sekolah yang secara psikologis lebih bisa menerima siswa seperti putra ibu.

  49. 2012 April 3
    pesantreninklusiNo Gravatar permalink

    Mbah…! kalau pesantren kami. subsidi silang nich. klu orang gak mampu gratis low…tapi kalau mampu yeeeach tetep bayar. khan adil nich. yeaach klu ada yang mau dipesantren silahkan daftarkan saja anak berkebutuhan khusus di pesantren inklusi tepat teknologi islam al-achsaniyyah jl. mayor kusmanto pedawang kudus. KP. 081227371514. bahkan kami buka anak yatim piatu dan terlantar niiich gratis puol

    Mbel:
    Alhamdulilah…

  50. 2012 April 6
    Urip WidodoNo Gravatar permalink

    Anak saya berkebutuhan khusus.. sedang membutuhkan shadow teacher.. yg berminat hubungi 085780475282

    Mbel:
    Segala hal berkaitan dengan penampilan nomer ponsel pada komen di atas, diluar tanggung jawab blog dan atau pemilik blog.

  51. 2012 April 8
    nur indah zainalabidinovicNo Gravatar permalink

    terima kasih informasinya ibu ninik yang udah posting beberapa bulan sebelumnya… beberapa bulan lalu anak teman di bw ke klinik rumah sahabat yg ibu rujuk. wuah, subhanallah… ternyata anaknya cocok setelah beberapa kali ganti klinik tumbuh kembang rumah sakit. selain biayanya lebih terjangkau layanan terapi cukup komplit. anak teman masih menjalani okupasi terapi n terapi komunikasi verbal… semoga bisa membantu para ortu anak dengan gangguan tumbuh kembang yg tinggal di jogja n sekitarnya… amien…

  52. 2012 April 25
    oliviaNo Gravatar permalink

    Ass,
    saya butuh informasi, apakah ada pesantren inklusi di daerah jabodetabek? Adik saya termasuk anak yang butuh perhatian khusus karena sulit berkonsentrasi dalam pelajaran dan mudah terpengaruh dalam pergaulan.
    Mohon infonya.

    Mbel:
    Maap, sayah jugqa ndak begitu tau.
    Mereka juga kurang “show off”. Entah karena low profile, entah merekanya sendiri menyadari pelayanannya belom maksimal..

  53. 2012 August 8
    meggaNo Gravatar permalink

    mbah,, aku mahasiswa di salah satu Universitas di kota Jogja. Mohon info sekolah inklusi di kota Jogja. Adikku autis sudah 12 thn skg, aku sayang banget sama dia.. pengen dia bisa sekolah kaya anak.anak lain. Aku selalu nangis kalo perhatiin dia, rasanya aku gag mau nikah biar seumur hidup, hidup dengan adikku, ngerawat dia. di Papua belum ada sekolah inklusi untuk anak.anak berkebutuhan khusus. mohon bantuan info dong mbah. Tks..

    Mbel:
    Cara paling praktis, telepon ato datengin Diknas Jogja untuk minta info. Kalo ndak salah;
    Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta
    Jl. Hayam Wuruk No. 11 Yogyakarta 55212
    No Telepon : (0274) 512956, 563078, 544521

  54. 2012 August 28
    fitriyaniNo Gravatar permalink

    bs bantu aq ga … ada anak tetangga yg yatimpiatu usia 15 tinggal dengan kakak kandungnya laki laki yg bekerja dgn shift di pabrik …kk perempuanya jg bekerja sbagai perawat jg dgn shift … dengan keinginan sang kk agar adiknya menjadi org yg mandiri tp tidak ada biaya … kasihan anak tersebut tdk ada yg jaga … klo ada pesantren yg disekitar jabodetabek yg dapat membantu anak tsb … mhn infonya ….trims byk

  55. 2012 October 12
    afriNo Gravatar permalink

    saya minta infonya smp inklusi dibekasi.kalaw yg pesantren inklusi biayanya berapa ya?tolong emailkan ke saya dooong.dah pusing cari sekolah lanjutan tuk anak berkebutuhan.yang murah pasti dicuekin yg mahal.mana sanggup,

    Mbel:
    Setau sayah di mBekasi belom ada. Maap…

  56. 2012 October 16
    rizkaNo Gravatar permalink

    bwt p.bony, daerah nganjuk ada koq.. kalo krg jels tnya k diknas prop. ato uptd bpak trdkat.

  57. 2012 November 30
    cici lestariNo Gravatar permalink

    sudah jadi lagu wajib, masuk smp untuk abk selalu dijawab ” sudah terisi dari sd yang sama” sudah muter di sekitar depok, cari smp islam yang mo nerima abk, karena kalau bersaing tes secara akademis aku ragu, tapi lewat jalur khusus juga susah, jadi…….? ada yang bisa kasih masukan, karena sbentar lagi sudah ujian. Tks wass

  58. 2012 December 12
    EenNo Gravatar permalink

    Anak saya juga ABK,dr kecil saya masukkan di sekolah biasa basic berbahasa Inggris,dia sangat bisa mengikuti,lalu krn dikatakan anak saya harus sekolah di Inklusi oleh seorang psycolog saya pindah dari Kalimantan ke JKT,tapi alanghak kecewa setelah satu semester anak saya mengalami kemunduran akademis dan secara kelakuan,…..dan kecewa juga sekolah tersebut klaim bahwa mereka sekolah inklusi tp sama sekali tidak provide apa yang dibutuhkan oleh anak” yang special,banyak yang komplain juga sih,…..tapi karena saya sering di depan laptop dan searching tentang Inklusi School,akhirnya tanpa sengaja beberapa bulan lalu saya mendapatkan sekolah Inklusi yg dibutuhkan anak saya,sudah saya kunjungi sekolah tersebut dan saya cukup puas dg fasilitas yg mreka miliki,memang mahal bagi yang berkekurangan tapi bagi yang berpunya sekolah ini Al-Jannah is The Place To Be…….
    NB:
    Sebelum di sekolah yang ini,anak saya sudah pindah di sekolah Islam basic Indonesia dan akademisnya baik” semua,jadi 2 sekolah oke kenapa sekolah baru ini drop berat???I have really BIG Question Mark alias tanda tanya besar?????

  59. 2013 February 17
    Hany EndiawatiNo Gravatar permalink

    assalamu”alaikum wrwb ….
    sepengetahuan saya nih sekolah inklusi yg terbaik dijakarta itu hanya Di Lazuardi, yg di daerah cinere, tp masuknya agak susah untuk yg berkebutuhan khusus, karena kuotanya sedikit dibandingkan dgn anak2 normal.

    Untuk sklh Al-Jannah memang sklh inklusi, klu hanya sekedar bersosialisasi it’s ok. tp untuk mengembangkan dan meng support anak abk masih sangat minim, walau ada bbrp ahli di sana untuk menangani anak abk. tetep saja masih kurang dalam hal melihat potensi dari anak abk. jadi tetep saja orang tua harus terlibat banyak. jd kurang merekom untuk anak abk di sklh tsb.

    ada sklh abk lainnya di cibubur yaitu ayah edi nama sklhnya, mengajarkan mandiri, dan keselarasan, menarik dari dunianya juga. disini ada hrs kerjasama dan kesamaan antara visi dan misi sekolah, dan rumah. jd tidak membingungkan si anak. malah saya merekom ke sklh tsb, terutama untu anak abk yg awalan yg intervensi dini

    Untuk anak DS setau saya ada sklh di jakarta selatan di daerah pejaten, dicoba kesana saja, ketimbang masuk al-jannah …..

    Pilihan lain untuk anak abk adalah sekolah alam ciganjur, disini sklh melihat potensi anak abk, dan mengfasilitasi anak abk, diajarkan mandiri dll ….

    itu komen saya
    terimakasi
    wassalam wr wb

  60. 2013 April 2
    FadilNo Gravatar permalink

    bagi yang peduli autis dan banyak uang, bikin sekolah inklusi yang murah yuk

  61. 2013 April 24

    subhanalloh q senang tanpa sengaja menemukan posting ini, karena ada teman yang sama merasakan punya anak/saudara yang berkebutuhan khusus seperti q.

  62. 2013 June 4
    EenNo Gravatar permalink

    Ass mbak Hany,sekolah Ayah Edi alamatnya di Cibubur di mana ya?Kalo sempat saya mau survei ke sana,krn kakak saya mengharapkan anak saya maunya di pindah ke Malang,tapi kepindahan yg terlalu sering sangat menyusahkan dan kasihan anak kl pindahnya jauh”….wassalam…

  63. 2013 July 13
    YulianaNo Gravatar permalink

    Malam pak, sya perlu informasi tentang sekolah inklusi yg ada di sekitar tanggerang. Terima kasih atas infonya

    Mbel:
    Maap ndak tau.
    Kenapa situ ndak ke diknas nya aja ??
    Nanya di sana gitu lhoo.. Kan lbh akurat

  64. 2013 September 26
    Titi AnjasariNo Gravatar permalink

    wah komennya simbah ki rada judes e.. Btw sneng bgt bs nemuin postingan ini. Saking bingungnya,anak sy sudah 3x pindah2 skolah.. Skrg blm dpt skolah,krn bru 2bln msuk. Gurunya angkat tangan,krn stiap hri ank sy marah nangis smp mutah2 dan mlempar kursi2 dkelas. Dia brumur 5th,pdhl drmh dia tdk spt it. Tp dskolah slalu spt it,bingung hrz cri skolah kmana lg. Trnyt dsni saya jstru mnemukn ungkapan org tua yg lbh mnyedihkn..

Komentar situh bergantung pada amal dan ibadah situh

Note: Situh bisa pake basic XHTML dalem komentar. Email situh Ndak Bakalan dipamerin ke orang-orang.

Komentar lewat RSS

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.