ANTARA TWITTER, FPI, DAN BENTROK HKBP CIKETING

2010 August 10
by mbelGedez™

.

( Gatel tangan saya pengen nulis. Sengaja saya tunda sehari untuk publish, dgn harapan menghindari cek cok yang ndak perlu. Cocoknya sih buat khotbah Jumat,. )

.

Hari Minggu pagi Twiiter dihebohkan dengan Twitt kerabatnya mantan dewa (kayaknya sih) dengan nick Wahid di belakangnya. Isinya tentang adanya orang-orang kristen di desa Ciketing – mBekasi yang (katanya) dilemparin batu di depan gereja mereka oleh FPI.

Siyalnya, orang-orang Twitter suka impulsif. Ndak berpikir dua kali. Untung beberapa “pemaen” senior khususnya yang memiliki follower ribuan cukup bisa menahan diri. Twitt yang belom jelas kebenarannya banyak di retwitt dengan membabi buta. Nampak beberapa akun twitter pentolan wartawan menghujat FPI.

Nyaris bersamaan, di Twitter saya mempertanyakan “kebenaran” berita ituh. Sebab beberapa jam setelah itu ndak ada berita apapun di TV bahkan dalem bentuk news ticker sekalipun. Rekan @memethmeong a.k.a restlessangel juga melakukan googling tapi sama sekali ndak ada secuilpun berita ituh. Baru pada sorenya ada berita sedikit soal “ribut” misa pagi di tempat “yang katanya” gereja tersebut.

Ternyata cuman segitu ajah. Maap, bukan ngecilin permasalahan, tapi TV sekaliber TVone yang demen ngulas sampe muntah berita macem ituh aja ndak minat untuk tayang (ulang). Intinya, ribut soal gereja digerudug ituh cuman riuh di twitter.

Kebetulan, siang itu saya juga kena masalah besar dan baru bisa maenan blekberi pada jam 7 malem. Udah ndak heboh, tapi orang-orang masih menghujat FPI. Sementara berita di TV nyaris ndak ada. Hasil penelusuran sampe senen sore cuman ada sepotong berita di Detikcom. Saya sarankan silakan mbaca dulu DI SINIH sebelom ngelanjutin mbaca dobosan saya…

Lalu saya bertanya-tanya. Ada apa sebenernya ???

1. Pers nampaknya udah lebih dewasa menyikapi berita “rawan” macem begini. Sedikit keliru dalem memberitakan, salah-salah kepleset sebagai “penyiram bengsin” dalem sekam perselisihan. Kecuali kalo media cetak yang memang “dari sononya” di desain untuk pro salah satunya. Terbukti pada hari Senen nya, ndak ada berita heboh yang memasang head line soal gereja di gerudug massa Islam

2. Saya melihat akhir-akhir inih ada suatu “Social Enginering” yang luwar biyasa untuk menggoyang dan menyudutkan Islam. Makin hari caranya makin canggih ngikutin perkembangan jaman. Para pakar social enginering inih paham banged cara memanfaatkan Social Network (facebook) dan Social Media (twitter) di internet. Berbekal pemahaman cara kerja kedua maenan yang lagi top tersebut, issue disebarkan.

Saya nulis ini bukan karena saya Islam. Tapi saya sekedar menyajikan gambaran aja agar Jamaah Madzab Bocor Alus yang berlatar belakang macem-macem agama inih juga paham. Mari kita buka satu-satu dengan kepala dingin.

1, Pers cetak ndak mau nulis karena berdasarkan informan yang juga mbisikin saya, tempat yang katanya disebut sebagai “gereja” ternyata hanyalah sebuah lahan kosong. Kenapa lahan kosong dibilang gereja ? Hla ya ndak tau. Namanya juga sebuah rekayasa sosial. Menurut informasi yang saya terima, beberapa ummat Kristen di sana memang menginginkan dibangunnya gereja. Tapi warga sekitar ndak ngijinkan.

  • Kenapa ?
  • Hla wong yang agama Kristen di situh cuman dikit.
  • Etapi waktu mau “ribut” kemaren kan ada ratusan jemaat ??
  • Oooh.. Itu ndak kenal…

Bisa jadi lahan ituh memang udah milik sekelompok warga Kristen. Tapi seinget saya, soal pendirian rumah ibadat di sebuah tempat yang udah dominan dengan pemeluk agama laen, ada peraturannya. Pasal sekian ayat sekian, gituh. Nah, dari info yang saya dapet, HKBP inih “mengimpor” warga entah dari mana, agar seolah pemeluk Kristen di Ciketing “memenuhi kuota” untuk bisa mendirikan gereja.

  • Mbelgedez ngarang-ngarang cerita ???
  • Enak aja !!!

Saya pernah jadi ketua RT, dan saya pernah ngadepin orang-orang Nasrani inih dalem misi “kepengen mbangun gereja”. Sukurlah sampe saat inih masih aman terkendali. Bukan karena kami larang gerejanya atao peribadatannya, tapi agar sama-sama menghormati aturan dan keadaan yang ada. Nyatanya sampe hari inih kami yang mayoritas juga fine-fine aja saat tetangga kami yang Nasrani pada “ngunduh pengajian” di rumahnya pada hari Minggu. Nyatanya, jemaatnya ndak banyak, ya cuman seukuran rumah dan halamannya.

Upaya impor mengimpor inih udah jamak. Di kampung saya yang berpenduduk 10.000 KK juga terjadi pergulatan hebat. Saya liat ada beberapa “aliran” dari ummat Nasrani inih. Macem-macem lah pokoke™. Ada dari Advent, HKBP, Protestan, Katholik, Belom lagi rasa kecocokan antara gereja “anu” dan turunannya. Ampun dah banyaknya.

  • Mbelgedez ngarang-ngarang cerita ???
  • Enak aja !!!

Waktu saya jadi Ketua RT mereka kan pada ngasih tau saya kalo mau “ngunduh pengajian” di hari Minggu. Jadi saya tau, kalo ada banyak aliran inih ituh. Masalahnya, banyak orang Islam yang ndak paham soal aliran inih-ituh dalem Nasrani. Pokoke™ Kristen ya Kristen. Padahal ndak gituh. Akibatnya, saat sekelompok kecil Nasrani inih ituh mau mbikin gereja, kesannya mau mbikin sendiri-sendiri. Seperti di Kampung Sawah, Dalem 5 kilometer jalan lurus ada 6 gereja yang berbeda. (udah sempat saya video kan sebagai dokumentasi).

Nah, karena jumlah pemeluk yang masih sedikit dalem komunitas tersebut, seringkali mereka mengimport jemaat dari desa laen agar berduyun-duyun “ngaji” di lahan yang diproyeksikan sebagai gereja “di masa datang”. Kalo setiap Minggu jemaatnya keliatan banyak, maka akan bisa mbangun gereja. Pers yang “peka”, udah tau hal-hal beginian dan mereka ndak mau nampilin jadi berita.

2. Menguasai media adalah menguasai dunia. Kata-kata tersebut sering saya sampekan. Faktanya memang demikian. Untuk membuat suatu Believe tertentu, memang media lah alat paling pas. Bukan lagi lewat kentongan ato gossip dari mulut ke mulut, tapi sesuai perkembangan saat inih, ya lewat fesbuk ato twitter.

Untuk membuat suatu berita, maka “diciptakanlah” berita. Andai kemaren HKBP nya secara sengaja memang “ngajak” bentrok, sampe bakar-bakaran, maka akan terciptalah “berita”.

Setelah bentrok terjadi, berita dikirim lewat telepon ato akun twitter abal-abal berfollower belasan dulu, ke akun twitter “orang laen” yang  ber follower ribuan dengan cara Mention. Kalo orang yang dituju ndak menyadari bahwa akunnya dimanfaatkan, maka akan keluarlah Twitt ngawur tersebut.

Setelah “orang laen” ituh nge twitt seperti yang diinginkan, maka orang-orang dalem jaringannya yang ber follower ribuan akan nge Re-Tweet berita ituh. Agar makin rame, mereka juga punya akun abal-abal sampe 10 biji untuk nge Re-Tweet. Maka dalem sekejap twitter akan bercicit cuit, me re-twitt berita yang belom tentu shahih tersebut. Beruntung Logaritma Trending Topics di twitter udah berubah system nya. Sehingga sekarang ndak mudah nyiram bengsin di Twitter untuk menjadi Trending Topics.

Terus terang, saya memperhatikan dan mewaspadai beberapa akun Twitter yang berfungsi seperti ituh. Asiknya adalah, mereka ndak mau follow saya meski di sekitar saya juga berjejer akun-akun orang terkenal. Mereka inih tampak santun, manis, bijak, loveable lah pokoke. Tampak Wise di ranah Twitter, dan Followernya juga ribuan. Tapi begitu ada issue yang udah menjadi “mission” mereka, maka akan keluarlah Tweet-tweet ajaib dari akunnya.

Ituh baru salah satu langkah. Langkah selanjutnya adalah mem blow up lewat media laen. Macem-macem deh caranya. Ibarat tadinya nggosok batu api, mereka coba nyiram bengsin ke atasnya agar menyala besar. Seperti halnya kasus ribut (gereja HKBP) Ciketing, yang “ditembak” adalah FPI khususnya dan Islam umumnya.

Secara pribadi saya juga ndak sepaham dengan FPI. Kalo mbikin organisasi Islam ya ndak usahlah pake nama Front segala. Kesannya memang selalu ngajak perang. Kata-kata Pembela juga bikin risih kuping. Siapa yang mau dibela ? Untuk apa ? Saya ndak mau berdebat di soal inih, tapi imbas dari Tweet ndak bener kemaren memang “hampir” besar.

Ternyata yang ribut dengan HKBP kemaren adalah FUI, Forum Ummat Islam. Bukan FPI. Saya ndak kenal FUI inih. Mungkin bersifat lokal Ciketing yang menolak adanya gereja di desanya. Apapun bentuk oraganisasinya, entah FBR, Forkabi, FPI, TAI saya juga ndak suka keributan tersebut. Pasti ada jalan keluar penyelesaiannya. Mengenai kenapa Islam yang dibidik, ya situh mikir sendirilah. Namanya juga sebagai upaya rekayasa sosial…

65 Responses leave one →
  1. 2010 August 10
    bayuhebatNo Gravatar permalink

    kali ini saya ndak ada elmune.. soalne bingung bebera forum bilang FPI ndak bakalan koyo ngono beberapa bilang laen. selama masing bingung dan sampe saya ndak terlibat saya adem adem aja lah

    Mbel:
    Kasus yang inih bukan FPI

  2. 2010 August 10

    Mbelgedez merekayasa ?

    Mbel:
    Mbahmu !

  3. 2010 August 10

    *kesal karena gagal pertamax*

    katanya semakin tinggi pohon, akan semakin kenceng anginnya, ya begitulah nasib FPI… *eh*

  4. 2010 August 10
    Helmi PerdataNo Gravatar permalink

    Saya sempat nonton sepintas beritanya di TV (lupa) tentang kebaktian di bawah pohon yang diprotes penduduk sekitar,mbah

    Mbel:
    Lha ya itu. Dibilangnya gereja…
    Rancu kan ??

  5. 2010 August 10

    Sama kayak atas… Adem ayem saja kali ini… Mesumnya juga ntah kemana…

    Menjelang Hari Raya Idul Fitri kayaknya …. :lol:

    Klo impor2an jamaah mang dah jamak,. ndak mw ngomen juga, tapi semestinya solidaritas, kedekatan dan kehangatan antar warga bisa jadi dilternya,, kadang mang terlalu eksklusip kayaknya…

    *kemaki :mrgreen:

    Mbel:
    Halah

  6. 2010 August 10
    adiPatiRembangKudusNo Gravatar permalink

    owwh…manggut-manggut…pantesan kemarin sempet ngintip akun twitter mbelgedez slendap-slendup menco masalah inih…tapi sayah ndak ngeh kalok nyang dibahas tentang ribut-ribut ituh…kirain lagu wajib FPI sweeping sebelum romadlon.
    Tapi romadlon tahun inih sudah dipastikan ndak ada kek gitu-gituan koq..sebab pentolannya kemarin khotbah di tipi.one lama banged, berjanji & menyerukan kepada seluruh pengikutnya dari subang ampe muara angke agar tidak melakukan ituh…mereka menyerahkan sepenuhnya ke pulisi..

    Mbel:
    Semoga aja begitu..

  7. 2010 August 10
    yaibakapalNo Gravatar permalink

    baru aja liat britanya di metro tipi.

  8. 2010 August 10

    wooooo….ada to kejadian itu? saya malah ndak tau je mbah…hawong idup di Indon ini kan udah sulit…mosok ya mau ngurusin orang mau ke gereja ato mau ke masjid…kalok saya ha mbok mending mancing mujaer

  9. 2010 August 10

    Oia mbah..selamet menuneken Ibadah puasa…semoga ndak komplit,, jadi kan –KALOK NDAK SALAH– simbah musti ngganti dengan menyantuni anak yatim…saya anak yatim lho mbah

    Mbel:
    Semoga tetep sehat sehingga bisa berpuasa penuh.
    Sedangkan soal menyantuni
    istri orang anak yatim, insaollo ndak ada masalah.

  10. 2010 August 10

    Ada beberapa beritanya kok Mbah. Di tempo interaktif juga ada.

    Perihal import jemaah, sayangnya Simbah tdk tahu mengapa bisa terjadi begitu. Sekedar info, jemaat itu tersebar di beberapa daerah yang radiusnya cukup luas. Sayangnya hanya 1 gereja yg ada. Jangan salahkan jika umat dari berbagai daerah berkumpul di situ.

    Simbah tahu berapa km yg harus ditempuh oleh seorang umat utk ke gereja? Catat: gereja terdekat?

    Kalau pun ada “ngunduh pengajian” itu karena gerejanya terlalu jauh sehingga umat secara mandiri mengadakan doa setempat. Atau karena ada acara khusus lingkungan.

    Nyatanya aturan SKB memang bertujuan menjegal pendirian gereja. Atau sengaja digunakan untuk menjegal. Nyatanya banyak gereja yg bertahun-tahun tidak bisa berdiri karena “demo bayaran” yang menentangnya. Padahal masyarakat sekitar sudah menandatanganinya.

    Coba kita lihat kasus HKBP, apakah ormas yg mengacau itu penduduk sekitar? Saya rasa bukan.

    Mbel:
    SKB mentri ituh berlaku universal.
    Mesjid juga ndak gampang berdiri di mBali, boss…

    Buat saya, bukan soal rusuhnya kejadian ituh. Tapi “gerakan” yang kemudian mengikutinya…

  11. 2010 August 10

    Kalau yg saya tangkep, Simbah meragukan berita tersebut ya?

    Mbel:
    Bukan !!
    Tapi gerakan memojokkan dan mendeskreditkan Islam secara keseluruhan..

  12. 2010 August 10

    Wwaahhh…soal perseteruan dua kubu ini, saya jadi ingat waktu kecil menjelang tidur, didongengi simbah saya tentang nabi Abraham/Ibrahim, istri2nya Siti Sarah(istri pertama) dan Siti Hajar, juga anak2nya Ismail dari ibu Siti Hajar dan Iskak dari ibu Siti Sarah.
    Kemudian cerita nabi Abraham mendapat perintah Tuhan untuk menyembelih anaknya Ismail…
    Dalam perjalanan waktu saya menginjak remaja mendapat cerita bahwa anak yg diperintah utk disembelih bukan Ismail tapi Iskak…
    Akhirnya saya bingung yang mana yang benar?!? Atau kedua2nya diperintah utk disembelih…
    Dan sampai sekarang…tetap bingung…
    YANG SEBENARNYA BAGAIMANA…mbah mbel?!?

    Mbel:
    Ndak tau.

  13. 2010 August 10
    noviNo Gravatar permalink

    Iya, emang susah minta ijin dirikan gereja, karena masyarakatnya udah pada nolak duluan padahal tanah dan bangunannya tidak minta2 sumbangan ke mereka dan tidak pakai toa sehingga tidak mengganggu tapi banyak yang sudah ditanam kebencian terhadap orang non muslim (khususnya yang pendalaman agamanya kurang) jadi mudah terprovokasi, makannya gereja banyak yang sewa di mall selain aman juga tidak mengalami ksulitan masalah ijinnya….

    Mbel:
    Kalo dikampung saya ditegasin:
    Kristen dan Katolik.

    Selain ituh, ndak ada gereja ini gereja itu.

  14. 2010 August 11

    jadi yang kemaren fahira idris dan kawan-kawan sampe dibela-belain pingsan di markas FPI adalah sesuatu yang sia-sia mbah? kalo bener ini memang rekayasa berarti bener yang dikatakan si habib waktu dialog itu, dan memang dahsyat mengingat ramenya dan “populernya” para pengecam waktu itu

    Mbel:
    Saya juga ndak suka cara-cara FPI.

  15. 2010 August 11
    syabisiNo Gravatar permalink

    ane setuju banget end ngedukung banget ulasan dari mbah.karena apa, karena saya warga situh.kagak ade ormas FPI waktu itu, yang ada cuman warga sekitar mustikajaya nyeng kaga setuju ade gereja di kampungnya.cuma itu aje tuntutn warga sekitar yang mayoritas muslim.Kaga ngapah2 orng batak, orng kristen tinggal di kampung kami,kaga ngapah2 mereka bisnis atau berusah atau berjualn di kmpung kami.tapi jangan dah buat ngediriin tempat ibadahnye di kampung kami, karna kagak ade sejarahnye dari jaman engkong2 kmi buyut2 kami, kagak ade sejarahnye.saran ane biar kampung kami damai aje karena kampung kami kampung yang damai, kagak ade sejarahnye mpe demo kaya gitu.cari dah tempat laen yeh, jangan disituh, udah gitu aje yang kami minta,emang kmi mao apah ribut2 kaya gituh.

    Mbel:
    Laen kali komennya pake IP lokal saja boss

  16. 2010 August 11
    oglangNo Gravatar permalink

    Yang cicit cruwit nggak cerdas tu pasti jamaah infotainment picisan!!!!!

    (seringkali negara membiarkan rakyatnya menyelesaikan masalah2-nya sendiri…)

  17. 2010 August 12

    Simbah:

    Buat saya, bukan soal rusuhnya kejadian ituh. Tapi “gerakan” yang kemudian mengikutinya..

    Ini sama saja dengan pepatah, ada asap ada api. Perkara gerakan yg mengikuti, itu ada efek bola salju. Nyatanya dari tahun ke tahun kejadian ini selalu terjadi dan semakin banyak. Namun apa tindakan pemerintah dan polisi?

    Bahkan blogger sekaliber Mbelgedez kemudian menganggap remeh perkara ini? Jika Simbah prihatin, tolong bantu menghimbau para pengikut aliran keras ini untuk bertobat. Jangan malah mengecilkan persoalannya! Kalau perlu Simbah bikin kontra-demo kepada FPI, FUI atau ormas-ormas yg lain.

    Berani?

    Mbel:
    Saya nulis ini karena merasa “kurang” bisa bersuara di Twitter.

  18. 2010 August 12

    @Sikap Samin,

    Menurut Alkitab, yg akan dikorbankan adalah Ishak. Saat itu Ismael (& Hajar) sudah diusir oleh Abraham. Saya juga bingung, kok kemudian ceritanya berubah menjadi Ismael yg akan dikorbankan?

    Salam.

  19. 2010 August 12

    Mbel:
    Kalo dikampung saya ditegasin:
    Kristen dan Katolik.

    Selain ituh, ndak ada gereja ini gereja itu.

    Kalau gereja Kristen itu memang banyak, itu karena adanya banyak denominasi. Tapi semuanya disebutkan sebagai gereja Kristen.

    Demikian pula dengan gereja Katolik. Ada beberapa ordo, tapi tetap disebut gereja Katolik dengan satu pusat, yaitu Tahta Suci Vatikan.

    Mbel:
    Trima kasih penjelasannya.
    Di kampung sayah (setidahnya sampe saat saya tulis inih), ndak ada HKBP, Gereja Kristen Jawa, Gereja Masehi Advent dst…

  20. 2010 August 12

    @dewo

    soal yg mana yang di kurbanin… nda bakalan ketemu kalo yang di runut adalah kitab masing2… mending kita tanya setan ato iblis, 90% pasti jawabannya sama

    post request-an saya mana mbah?

  21. 2010 August 12
    alissa wahidNo Gravatar permalink

    makasih atas tulisan dan mentionnya ya…

    Mbel:
    Sayah ndak mention situh. Mungkin orang laen. Silakan di cek lagi…

  22. 2010 August 12
    Rahmat mubarakNo Gravatar permalink

    Coba sampeyan liat website FUI atau liat berita di tivi..FUI terdiri dari kumpulan ormas ormas islam seperti FPI,dll..Yg menyerang Hkbp adalah FUI = FPI..simple aja toh…kemarin rizieq shihab menjenguk baasyir mengatasnamakan FUI..saya liat di tVONE dan Metro penyerang hkbp memakai simbol FPI di baju yg dia kenakan..suwun

    Mbel:
    Trima kasih infonya..

  23. 2010 August 12

    So dark the con of man…

  24. 2010 August 12

    @ kevin
    …mending kita tanya setan atau iblis 90% pasti jawabannya sama…

    Nggak papa setan atau iblis, biar 90% tapi jawabannya bener…
    Tolong dong no.HP mereka, ntar tak sms…

  25. 2010 August 12

    Tumben Cerdas Mbah….nyuwun pangapunten nggih…

  26. 2010 August 12
    t4rM1nNo Gravatar permalink

    no comment deh soal masalah ini…. capek. Mendingan tanya aja deh, kok udah lama nggak mesum Mbah? Bukan karena kebetulan lagi bulan puasa kan atau udah abis stok mesumnya? :D

    *kabur*

  27. 2010 August 12

    kalo bener engganya sih saya ga yakin juga…

    tapi sama 90% iya….

    *beda ID tapi Ip sama?*
    LMAO

  28. 2010 August 12

    Wooo…gitu to mangsute,
    Kalau sing penting sama BUKAN-BENER,
    Malah tidak cuma 90%…tapi bisa sampe 98% kali

    Ya..ya..ya..*beda ID tapi Ip sama*

  29. 2010 August 13
    salafy liberalNo Gravatar permalink

    kekerasan secara general tidak memecahkan masalah……….islam harus dicirikan sebagai agama yang rahmat……….yang perlu diperhatikan adalah penggiringan opini…….agar ada opini umum ada komunitas yang terzhalimi…….akhirnya?????????

  30. 2010 August 13
    ekoNo Gravatar permalink

    Beruntung Logaritma Trending Topics di twitter udah berubah system nya,

    Bukannya algoritma mbah, bukan logaritma !!. Logaritma itu kebalikan eksponen. Kalo algoritma sistem kompleks

  31. 2010 August 13

    dari pada ngurusin masalah gituan yg hanya membuat semakin panas suasana dibulan rmadhan ini lebih baik protes bau sampah yg sangat menyengat sekali diciketing…maap keluar jalur dikit tapi mash ada ciketingnya…

  32. 2010 August 13

    Mbah, mohon ijin memasang HIMBAUAN utk semua pihak, boleh ya mbah?
    Biar suasana jadi adem gituh mbah. Dikit aja kok mbah, malah panjangan mintak ijin ke simbah…

    HIMBAUAN…HIMBAUAN

    Dimohondengan segala hormat…
    Sesama DOMBA/Sesama JANGKRIK…
    TIDAK SALING BERADU…

    Terima kasih

  33. 2010 August 14

    Saya ingat kata-kata mutiara Yahudi:
    “Ulangilah terus sebuah kebohongan (lewat media), maka niscaya ia akan diterima sebagai sebuah kebenaran”

    Saya sepakat sama njenengan mbah. Kemaren sempet bingung juga, di k*sk*s n fb kok pada rame gini sih? Kayaknya ndak penting banget deh. Saya gogling sampe paman gugle nyerah juga ndak ada tu beritanya….

    Tapi…..kenapa FPI tetap jadi tersangka yang “harus mengaku bersalah”? fyuh, capek…

    BTW, tumben mbah postingannya bikin ayem, puasa ya? :D

  34. 2010 August 14

    Satu lagi mbah, ijin buat tautan ke artikel ini ya mbah….

  35. 2010 August 15
    JunNo Gravatar permalink

    Ya namanya juga minoritas pasti jumlahnya sedikit, biarkan lah mereka beribadah…mau dmn lg umat kristiani beribadah ???
    mau minta ijin mendirikan tmpt ibadah aja koq sulit ????

  36. 2010 August 15

    Knapa begtu susahnya membangun gereja. Tetapi begitu gampangnya MELAKUKAN KEKERASAN. DIMANAKAH KEADILAN YG TERTULIS DI PANCASILA. KEMERDEKAAN YG TERTULIS DI UUD 1945 HANYA MIMPI BAGI KAMI YANG MINORITAS.

  37. 2010 August 15

    oh.. mbah mbel itu bekas ketua RT toh.. *manggut manggut*

  38. 2010 August 15
    mackayNo Gravatar permalink

    Untuk masalah ini kita semua harus prihatin.
    Semua warga negara indonesia untuk beragama & beribadah di lindungi negara.
    kejadian ini di indonesia jd tidak spantasnya diperlakukan seperti ini.
    kita tetap mengampuni atas apa yang elah dilakukan oleh segelintir ormas ini.dan kita tetap mengasihi mereka seperti saudara/i sendiri.
    saya menghimbau agar kita selalu saling mengasihi & tidak menyakiti agar bangsa indonesia tetap bersatu dan terus diberkati Tuhan YESUS..
    bagaimana perasaan anda jika saat itu anda sebagai jemaat HKBP yang sedang beribadah dan mengalami penolakan??? dont answer but keep it and pray

  39. 2010 August 16
    bowoNo Gravatar permalink

    Peraturan negara aja dulu coba dipatuhi semua pihak. Berlaku universal kan? Untuk masalah ini kayaknya emang ynag minoritas bakal sulit, tapi sebaiknya jg memblow up dengan berbagi cara biar keliatan mayoritas. Klo ntar bicara HAM, lha gimana HAM yang mayoritas? Pasti gak ketemu.
    Benang merah dari tulisan simbah ini kan, Bukan gereja yang diserbu, tapi tanah kosong, dan yang pengen beribadah itu bukan warga sekitar. Ayo kembali ke laptop.

  40. 2010 August 16

    Wwhhuuuahhh…himbauanku nggak laku!
    Maaf mbah saya coba yang ini :

    - DARI ALLAH KEMBALI KE ALLAH ;
    - INNALILLAHI WA INNA ILLAIHI RODJIUN ;
    - SANGKAN PARANING DUMADI ;

    Masing2 dari 3-kalimat diatas, apabila dijabar-uraikan KANDUNGANNYA HANYA SATU YAITU “SEJARAH” PENCIPTAAN ALAM-SEMESTA BESERTA SELURUH ISINYA ;

    SEJARAH TERNYATA BAGIAN TAK TERPISAHKAN DALAM RANAH ILLAHIAH ;
    MENGKHIANATI SEJARAH TIDAK HANYA MENGKHIANATI FITRAH/TITAH/JATI-DIRI MASING2, TETAPI BAHKAN MENGKHIANATI AL’ILLAH…

    Salam…JASMERAH

    *mohon maaf yg sebesar-besarnya, terpaksa mampir lagi*

  41. 2010 August 17
    rudi lesmanaNo Gravatar permalink

    kasihan jemaat hkbp itu. di medan tidak pernah ada yang seperti itu. muslim, kristen, hindu dan budha hidup berdampingan. malu saya gara2 tingkah urakan mereka. padahal klo di pikir2 mesjid kita lima waktu mengumandangkan azan melalui speaker. sedangkan mereka hanya sekali seminggu saja, itu pun hanya kebaktian di dalam gereja. tdk pake speaker2an. klo pun suaranya terdengar keluar tidaklah menggangu kita. saya tahu karena gereja hkbp letaknya pas di samping rumah saya.

  42. 2010 August 19
    NoerhadistNo Gravatar permalink

    sya ni anak muda di daerah sekitar tanah kosong yg mw dibangun gereja,

    saya bisa jamin bahwa yg berdemo itu 97 % warga ciketing , & 3% ormas (FUI,GPAPB,dll) jd selayaknya berita ni dtulis “warga menolak keras berdirinya gereja oleh hkbp”,bukan “fui menolak berdiriny gereja…”

    bsa di paamin kn,tlng y artiklny di edit

    and warga berdemo karna pendirian gereja yg menyuap mantan ketua RW sebesar 1jt rupiah pdahal dia tdk berwenang untuk mengumpulkan Ktp dan pemalsuan tanda tngn olehnya dgn alasan mw dibangun sekolahan,yg faktany adalah gereja.

    Makanya,warga pada protes. Cz bikin gereja dgn cara pemaksaan and penipuan ,pdhal aparat setempat ,pak lurah,pak rt and pak rw yg menjabat tdk mensetujui di2rikny bangunan trsbt

    Untuk membktikanya silahkan sodara wawancara warga sekitar ja,klo lum jelas email ja ke saya agar tdk da berita yg terpelintir.

    Makasih by Cyber CikeAs

    Mbel:
    See…??

  43. 2010 August 23

    habib mbel,,,, ada masukan sedikit. tapi bukan soal tulisan fpi di atas. jadi ini nggak usah diapprove.

    jadi begini ceritanya, websitenya mbel ini, kalo di scroll, lambat banget responnya. ternyata setelah ditelusuri, itu gara2 sticky bar geovisite yang ada di bawah. buktinya kalau di cek pake firebug, http request ke geovisite nya nggak abis-abis. jadinya bikin lambat kalo di scroll.
    saran: geovisitenya diilangin aja, atau pake layanan geo visitor tracking lainnya.
    Masalahnya, tulisannya mbel selalu pengen bikin balik ke sini, tapi pas baca, malah jadi iritating karena perilaku websitenya.
    Semoga membantu, maap apabila kurang berkenan. :) Keep writing the good stuff mbel!

    Mbel:
    Udah saya sadari sejak lama. Apalagi kalo mbukanya pake ponsel.
    Masalahnya, saya lupa password sign in nya…

    Lagi mau coba hapus aja sekalian dari dalem

  44. 2010 August 24
    tutiNo Gravatar permalink

    mbah… skrg artikelnya jarang mesumnya neh… manaa…???

  45. 2010 August 27
    komang sitaNo Gravatar permalink

    sapa bilang susah mendirikan masjid di bali??????? itung aja sekarang ada brp masjid?????? mestinya di mana aja boleh bikin tempat ibadah asal tdk mengganggu org sekitar, semua umat agama di indonesia aja sangat toleran dgn yg namanya suara azan yg KERAS banget…. kok org islam gak bisa toleran???? mentang2 dominan ya???? hidup GUS DUR!!!!!

  46. 2010 August 28
    BUD"SNo Gravatar permalink

    salut deh nengok si mbah..
    walau tulisan nya provokatif…tapi komentarnya ..bisa nahan diri..
    sebenarnya semua teori di dunia ini jawabannya hanya satu saja..
    ntar..siapa sih yg jadi Hakim di hari penghakiman terakhir……? kan sdh jelas tercantum di kitab Muslim n Nasrani…
    itu aj ikutin…so siapa yg melarang,menghadang,merusak dan memprovokasi Rumah Tuhan…muslim at nasrani ….
    kelak akan ketemu Hakim yang sama juga..
    opo ga takut yah….?

  47. 2010 August 30

    semua politik, kang…adu domba. sebuah umat dijanjikan bangunan ibadah, siapa yg nolak…rancangan dibuat sedemikian hingga bisa bentrokan. Mengerikan skenarionya. Ini serius lho :D

    Mbel:
    Biar apa kalo udah bentrok..??

  48. 2010 September 1
    srundenggosongNo Gravatar permalink

    ndak heran nek agama buat menangnya sendiri ya kayak gitu itu.
    seharusnya kita harus welas asih terhadap sesama.
    tapi nek itu kepercayaanya ya silakan, siap-siap menuju kehancuran manusia.

  49. 2010 September 10
    janirNo Gravatar permalink

    jgn saling menjelek2an antar umat beragama ya, kpn kita mau bersatu kalo kaya gitu, asal kita jujur bangun tempat ibadah dgn tdk sogok menyogok RT jg aman ya ngga

  50. 2010 September 12
    ArdanTeNo Gravatar permalink

    Damai…2 Islam Cinta Perdamaian…Kristen Penuh Kasih Sayang..Hindu Budha tak Suka Bertengkar… Pisss……

  51. 2010 September 13
    DewanaNo Gravatar permalink

    Pemerintah RI kalo tidak bisa mengurus NKRI lebih baik dibuat jadi Negara2 bagian saja… masalah agama aja nggak bisa diurus…

  52. 2010 September 13
    DewanaNo Gravatar permalink

    Masih belum cukup dengan Tsunami Aceh??? lumpur Lapindo??? belum puas kalo belum ada Bencana d Bekasi??? berbuatlah terus…..

  53. 2010 September 13
    DewanaNo Gravatar permalink

    ya Tuhan … jadilah Hakim yang ajaib bagi orang2 munafik yang selalu mencari gara2… untuk pribadi dan keluarga mereka…. supaya lewat murka-Mu ada pengakuan dan kemuliaan… Amin.

  54. 2010 September 15
    djoko widodoNo Gravatar permalink

    Yang ngeyel memang si hkbp. Sudah jelas tidak sesuai aturan skb menteri kok masih bandel. Kenyataannya memang di mana2 minoritas meski santun menghadapi kenyataan mayoritas, liat kasus di amrik, india, china, bali, papua dll.. Orang2 islam yang mau bikinmesjid juga dipersulit. Sekarang kasusnya makin runyam karena provokasi hkbp berhasil dengan ditusuknya si pendeta. Bahkan anggota dpr pun (lili wahid) juga menyatakan keprihatinannya. Dapet angin seger nih. Saya denger keremarin sby pun ikut urub rembug..cuman sayang seperti biasa pesan2nya selalu bersayap: ciptakan kedamaian, pemkot mesti mengayomi rakyat, polisi tegakkan hukum, dll.,.. Dan seperti biasa pesan2 bersayap pemerintah model begini tidak menyelesaikan masalah dan bahakn kadang menambah runyam masalah.

  55. 2010 September 16
    srundenggosongNo Gravatar permalink

    coba islam bikin masjid di prancis, pakai krudung ke sekolah aja verboden.
    nah loh…

  56. 2010 September 17
    srundenggosongNo Gravatar permalink

    wis gini aja mbah mbel.. tak kasih contoh.
    disebelah utara kampung saya TIDAK BISA MENDIRIKAN MASJID, sebab warga yg beragama islam cuma 9KK, sedang siasanya beragama kristen. karena nek ndak salah jika akan mendirikan tempat ibadah harus ada persetujuan masyarakat sekitarnya. dan untungnya 9 KK itu tdk merasa elite, golek benere dewe dan menange dewe, jadi saat jum’atan ya musti ke luar kampung.

  57. 2010 September 17
    august taronNo Gravatar permalink

    yo wis, kalau bangun rumah ibadah dipersulit, mending bangun rumah bordil weh.. asyiiiik.. pasti amaan… gkgkgkgkgkgk..

  58. 2010 September 17
    achyarNo Gravatar permalink

    maaf, sekali lagi maaf, ketika membaca “………….binatang FPI, saya dongkol banget sampai ngomong terlalu keras dan ternyata setelah membaca yang ini, baru saya tahu siapa orang ini [maksudnya Mbel]. mohon ya pak, mohon dimaafkan. tapi terus terang, saya prihatin mengapa islam dipojokkan begini, mengapa FPI dicap binatang sehingga saya berfikir mbel ini sebenarnya siapa. tentang hkbp dan ciketing, saya akan ikut masyarakat ciketing andaikan, sekali lagi andaikan ada bentrok antara hkbp [apalagi kalau ditambah dengan sekte-2 lain] dengabn masyrakat ciketing. biarlah ini kita lokalisir disekitar ciketing saja dulu, jangan diperluas sampai keperancis sana. jangan sampai ada gereja sana, fihak minoritas hkbp harus mengerti itu, jangan cuma ingin dimengerti. sombong sekali, karena diperhatikan para penguasa, lantas minta agar kapolda dan kapolres bekasi dicopot. nanti kalau kemauan mereka tak dituruti mereka minta kapolri dicopot, menkopolkam dicopot, menteri agama dicopot, sby dicopot. mbel maaf ya, maafkan saya, saya salah duga

  59. 2010 September 18

    mbah
    pie mbah ?
    tulung di apdet
    britanya sampe kmana2 lho mbah
    sampe ke nyu yok taims
    udh ada petisi OL nya jugah
    mosok kayak ginian mau di blg hoax to mbah

  60. 2010 September 21
    JHON SALPEN DAMANIKNo Gravatar permalink

    ,,,mbah,,,dikampung kami,,,,,mayoritas kristen mbah,,,tpi umat muslim bebas beribadat,,gk nprnah dilarangin,,,mesjid jga ada,,,plural itu,,enak mbah,,,pas lebaran,,kmpng qta rame,,,n sebaliknya,,,natal jga rame,,lgian qta kn negara panca sila,,,slm dari tanah simalungun mbah,,,

  61. 2010 September 21
    JHON SALPEN DAMANIKNo Gravatar permalink

    n satu lagi mbah,,,,tu kan tempat buat muji Tuhan,,,npa klo diriin,,diskotik,,,gk susah2 bnget mbah,,,,

  62. 2010 September 26
    achyarNo Gravatar permalink

    dongkol banget sama tvone yang selalu merilis ucapan ketua PGI yang mengatakan segala sudah sesuai aturan kok gereja gak diizinkan berdiri. oba deh tvone tu jalan-2 ke ciketingsana, tanya masyarakatnya, supaya tahu kalau hkbp itu kurang ajar, sombong dan tak tahu diri dimana dia berada. ada lagi acara talk show di metro tv, sampai diulang beberapa kali, seorang jemaat, atau mungkin juga reporter, atau siapalah dia yang mengatakan hal yang sama, mengapa gereja itu tak bisa dibangun ,apdahal segala izin sudah ada. mereka tak tahu, kaklau izin masyarakat ciketing sana adalah rekayasa fihak hkb bahkan ada yang disogok satu juta rupiah. nah ada politisi dari mana dia [lupa] ketua komisi IX yang bnamanya pakai karding, ya membela mati-2an yang protes gereja yang kemudian gak bisa dibangun itu. kalau keluarga gus dur memang lebih dekat dengan yahudi dan nasrani dari pada kekomunitas islam, katanya itu pluralisme, jadi yang sealiran gak usah dijadikan sahabat, yang miisinya untuk kritenisasi dijadikan sahabat. mbah mbel….coba dong tolong kasih tau tvone dan metro jangan terlalu membela hkbp, coba dulu gali mana yang benar, ya professional gitu.

  63. 2010 October 6
    joni narandaNo Gravatar permalink

    sak karepmu Mbah…suwun

  64. 2010 December 2
    MosesNo Gravatar permalink

    Atas nama agama menikam
    atas nama agama membunuh
    atas alasan menjaga Allah, membunuh
    atas alasan membela Allah membunh, rusuh, menikam, kekerasan
    no…no…nooo….
    Allah sudah cukup dahsyat, dia tidak perlu pengawal, dia yang harus membela umat manusia dari kekerasan, ketidak adilan.
    Terlalu banyak orang yang bertugas menjaga pintu sorga dengan ukuran amsing-masing.
    Mari kita jaga bangsa ini, jaga hati kita, bangsa ini berdiri tentu karena kesatuan umat manusia, nasionalisme.
    Bukan laskar islam, bukan laskar kristen….. tapi warga negara yang cinta tanah air.

Trackbacks & Pingbacks

  1. FPI, HKBP, dan kekuatan Media « this is my nice world

Komentar situh bergantung pada amal dan ibadah situh

Note: Situh bisa pake basic XHTML dalem komentar. Email situh Ndak Bakalan dipamerin ke orang-orang.

Komentar lewat RSS

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.