GMC (GENIUS MIND CONSULTANCY)…

2010 August 23
by mbelGedez™

.

Bermula dari emaknya keponakan saya yang ngerumpi tentang hebatnya anak-anak “ber otak tengah” yang abis di aktivasi di GMC (Genius Mind Consultancy). Mereka bisa naek sepeda dengan mata ketutup, mbaca tulisan dengan mata ditutup, dan hal-hal ajaib laennya. Saya ndak begitu ngerewes rumpiannya karena saya memang ndak tau permasalahannya. Lha saya taunya otak kanan – otak kiri soale…

Dia masih terus ngerumpi dan mbikin saya agak kaget, soale dia berencana akan mengikuti kegiatan mengaktifkan otak tengah anaknya ituh pasca lebaran nanti bareng-bareng “geng” nya sesama emak-emak di sekolah anaknya. Well, rada sinis saya bilang kalo emang bagus, kenapa ndak… Toh murah, cuman 3.5 juta untuk 2 hari kursus…    ;)

Kebetulan banged, TV One Sabtu kemren woro-woro soal otak tengah inih yang di gagas oleh GMC, sampe-sampe saya pasang alarm di ponsel agar ndak ketinggalan untuk nonton acara tersebut. Pas di acaranya wawancara di TV One, saya udah mencium aroma ketidak beresan ketika melihat gambar anak-anak peserta aktivasi otak tengah ala GMC inih.

Dalem keadaan ketawa-ketawa sendiri dan ngomentarin ceplas-ceplos pada tayangan TV One, pada saat yang sama Mansup nge Tweet soal otak tengah inih (mungkin lagi nonton TV One juga). Mbikin saya makin penasaran dan rupanya gayung bersambut ditimpali oleh Amed yang memberi info soal otak tengah inih di blognya Joe.

Saya mbaca postingan si Joe, sampe dengan Link yang penuh se abreg-abreg, yang rupanya udah rame di lapak sebelah sejak awal Agustus 2010. Berjam-jam saya mbaca pergulatan di lapak sebelah, dimana saya berani mengambil kesimpulan bahwa GMC inih suatu bentuk penipuan canggih gaya baru.

Kenapa saya berani berkesimpulan seperti ituh ???

Karena saya udah nanya mbah Gugel dan ndak nemu referensi yang valid tentang otak tengah. Yang ada justru “penipuan” di luar negeri, dengan “menjual” kata-kata yang mirip, yaitu tentang otak tengah. Pseudo Science ???

Liat nih video tentang hal yang sama, yang dilakukan oleh Vyacheslav Bronnikov di Moscow…


.

Lantas, apakah GMC akan kebakaran jenggot dan menyomasi saya ???

Silakan aja saya di somasi. Sekalian aja untuk ajang mbuktiin, bener ndak GMC mampu “membangkitkan” otak tengah ???

Well, tulisan ini segini aja. Maap kalo situh ndak dapet apa-apa dari Blog Jelek dan Sesat inih. Lha memang yang namanya mbaca dengan mata ditutup (blindfold) ituh ndak ada. Saya sekedar mbantu untuk nemukan otak tengah yang menghebohkan inih. Situh bisa mbaca lengkapnya dari thread SINIH , ato pernyataan keras namun sopan dari sebuah Facebook page Stop Manipulasi Anak Indonesia.

Up Date:
Detik.com 28 Agustus 2010

http://bit.ly/9SIiZw

63 Responses leave one →
  1. 2010 August 23

    saya pernah ditawarin di JEC pas ada pameran, dan saya hanya bisa geleng gumun, karena harganya muahhal banget dan ntah dimana letak otak tengah itu

  2. 2010 August 23

    ini sangat berbahaya…
    hayoh diungkap dibelejeti sampe udo royo-royo mbah mbel…!!!

  3. 2010 August 23

    jangan2 blogger yang kemarin ituh…. :mrgreen:
    suudzon mode : on

  4. 2010 August 23

    Bagaimana kalau bukunya ditarok di belakang badan… masih bisa baca gak? Atau tarok di dalam lemari sekalian …

  5. 2010 August 23
    langitNo Gravatar permalink

    wah..suwun mbah untuk inpohnya.. sangat bermangpaat buat emak2 spt sayah inih…

  6. 2010 August 23

    Sekolah anakku yang lama, pernah ada presentasi ini. Ibu2 biasanya mudah tertarik, untung waktu itu sama aku,jadi aku bilang gak usah, karena aku gak percaya metode2 gituan.
    btw, itu ada cabangnya di kompleks.

    Mbel:
    Di Grand Cibubur ???

  7. 2010 August 23
    BrillieNo Gravatar permalink

    Hmmm… sek ya tak tanya bosku dulu, beneran gak itu ada metode seperti itu. Apakah itu salah satu bentuk metode hipnoterapi yang baru atau gmn.

    Mbel:
    Tonton dulu videonya…

  8. 2010 August 23

    kalo sikil tengah saya ndak ikut gitu gituan udah aktif sendiri oom…

    Mbel:
    Astopilulooalajiiim….
    berdoa

  9. 2010 August 23

    kalo resah itu bagus om, berarti masih ada yang di resahkan, saya sih ndak resah, wong saya udah lama ndak pake kok *ketok ketok kepala * tuh.. kopong

    Mbel:
    Eyaolloo…
    Ayu-ayu kopong…

  10. 2010 August 23
    Helmi PerdataNo Gravatar permalink

    jadi teringat cerita atasan saya yang kecelakaan lintas lalu kepalanya dioperasi,karena terburu-buru maka dia segera pulang tidak mau diopname. Kata dokter yang mengoperasinya:”Sebentar pak,ini isi otak belum semuanya dimasukkan ke tengkorak”,tapi pasiennya cuma bilang:”otaknya ditinggal aja juga nggak papa, orang kita sudah jadi manajer juga”

  11. 2010 August 23
    adiPatiRembangKudusNo Gravatar permalink

    kalo bisa menguasai Subconscious Mind mungkin bisa meningkatkan daya hafal tapi tidak sampai bisa mbaca dng mata tertutup..

  12. 2010 August 23

    Membaca dengan mata tertutup sih bisa saja dilakukan, asal ada yang membisikin ke telinganya, hihihihi…

  13. 2010 August 23
    oriboriNo Gravatar permalink

    membaca pada posisi tidak benar atau dengan cahaya yang kurang aja bisa merusak mata, lha ini malah…..aya aya wae ckckckck

    Mbel:
    Coba ini mas Oribori yang tinggal di Korea cerita, apakah ada modus serupa di Korea…???

  14. 2010 August 23

    Mungkin mangsute otak kecil kali mbah…
    Tapi searching saya melalui gogol (bukan gugel), hasil analisanya begini mbah : otak kanan kan bekerja dibidang non eksakta jelas’é SENI lah gitu ; sedangkan otak kiri bekerja utk bidang matematika.
    Nhaaa…ada kegiatan2 yg memerlukan keduanya bekerja sekaligus, baik Seni maupun Matematika berbarengan. Disini otak kecil/tengah berperan.
    Otak tengah ada dua bagian. Yang belakang antisipaai, yg depan aktif.

    Dalam kegiatan MENIPU, sekaligus ada dua proses, SENI-MENIPU dan MATEMATIKA HASIL TIPUAN. Kegiatan ini oleh otak kecil/tengah bagian depan.
    Yg bagian belakang kalau terlatih, berperan antisipatif-halus, artinya pura2ketipu tapi sebenarnya ndak.
    Contone kayak mbah mbel ini sulit ditipu. Iya to mbah
    Kagum tenen aku…

    Makasih postingannya mbah…
    Salam…OTAKKECIL/TENGAH

    Mbel:

    ………. lol

  15. 2010 August 24

    Berikut penjelasan yang aku dapat dari bos saya seorang psikiater, hipnoterapist,, aku cuma mengutip kata2nya saja:

    “Topik ini memang menarik dan sedang menjadi perdebatan. karena dikalangan dokter, istilah otak tengah tidak dikenal dan ada disisi bagian mana. ada yang mengatakan otak tengah adalah bagian yang mengatur penglihatan dan pendengaran sehingga jika dilatih memang bisa membantu anak dapat melihat dan mendengar melebihi normal. ada yang bilang otak tengah adalah jembatan penghubung antara otak kanan dan kiri. jadi jika dilatih maka sinkronisasi otak dapat prima dan cepat digunakan untuk berpikir.

    sanggahan yang banyak diberikan oleh kalangan kedokteran sih lebih banyak mengenai bahaya pendidikan secara instannya. maksudnya karena instan maka mengabaikan proses dalam pendidikan. seperti anak jenius yang lupa dilatih budi pekertinya.

    Jadi simpulannya… jika memang sudah terbukti pasti sudah ada penelitian ilmiahnya, dan memang hingga sekarang belum ada buktinya.

    Nah, untuk kasus yg GMC ini dan penjelasan di video tersebut memang aneh sich (menurutku). Karena jika memang tujuannya anak bisa melihat dengan mata tertutup, kenapa tidak diujicobakan dulu kepada orang yang (maaf) tunanetra, kenapa harus anak-anak yang notabene penglihatannya normal dan jelas. Untuk masalah somasi-somasian, wah.. aku ga ikut dan ga tau menau deh :p mas mbel yang sudah ahli dalam hal itu.

    Mbel:
    Bagian yang saya bold di atas, cukup sebagai jawaban untuk sementara ini…

  16. 2010 August 24

    pas banget mbah, ini dua orang temen saya di pabrik baru saja rame mbahas soal ini, dan saya sepertinya selamet karena cenderung skeptis kalo obrolan sudah berbau-bau “ajaib” macem gini. mungkin ini bisa jadi referensi tambahan buat temen-temen di pabrik

    Mbel:
    Simpel aja, ituh dalem video, orang amrik sampe bela-belain dateng ke Moscow ingin mbuktiin kecanggihan Blindfolding yang ternyata boong aja…

    Kalo orang Indonesia masih ngeyel juga, ya silakan aja. Minimal saya udah mbantu ngingetin bahwa ini adalah penipuan…

  17. 2010 August 24

    meh! nampaknya saya satu-satunya yang baru tau soal kayak ginian… >:)
    anuh, ga tertarik juga sih sebenernya sama pendidikan-pendidikan instan, kasian anak saya masih kecil udah dijejalin segala macam. mending yang alami-alami saja lah, pendidikan sesuai dengan usianya… :)

    Mbel:
    Katanya biar Genius lho, mak Chic…
    Coba deh, situh pura-pura berminat agar bisa cerita juga…
    :D

  18. 2010 August 24
    tutiNo Gravatar permalink

    banyak jalan menuju roma… banyak cara mendapatkan uang secara cepat dgn bisnis tipu menipu ini.. thx mbah atas infonya.

  19. 2010 August 24
    j4pNo Gravatar permalink

    bos, aku tidak setuju sama GMC.
    Cara mereka mengajar anak persis seperti mengaktifkan tenaga dalam.
    Kalau buku yang ditaruh di dalam laci bisa dibaca oleh anak2, apa susahnya “menerawang” cewek berbaju sopan jadi tanpa baju… :P

    Mbel:
    Kata mereka “mengaktipkan” otak tengah adalah ilmu pengetahuan. Tapi diminta njelasin caranya, mereka ndak isa. Tolol ndak tuh ???

    Kalo emang Blindfolding inih sebuah ilmu pengetahuan, mestinya orang dewasa pun, bisa mendapatkannya. Tapi kata mereka Blindfolding ituh cuman bisa untuk anak-anak. Ndobos banged doong…

    Padahal konsumen kayak situh kan pengen juga bisa “menerawang” apa yg ada dibalik daster… :lol:

  20. 2010 August 24

    lah pencerahan macam lagi yg bisa diberikan di sini?
    orang postingan ini sudah sangat lengkap dan jelas.

    cuma bisa kasih saran, apapun itu sedahsyat apapun itu, makin dahsyat promosinya makin bombastis kata2nya (iklannya) kita justru wajib makin skeptis.

    ga cuma untuk iklan-iklan seperti ini tapi juga buku-buku self help.

    Mbel:
    Nah, demikian pencerahan dari mbak psikoclok yg sedang menyelesaikan S2 nya…
    ;)

  21. 2010 August 25
    baraNo Gravatar permalink

    anak saya usia 8 tahun dan dia udah belajar di gmc
    pertamanya saya tidak percaya sedikitpun tentang otak tengah dan gmc
    tp setelah melihat dan mencari informasi tentang gmc lalu saya coba nekad daftar gmc..
    dan hasilnya memang banyak sekali perubahan dalam diri anak saya
    yg asalnya sulit menghapal dan pelupa
    sekarang tidak lagi

    setelah ramai sekali diperbincangkan soal gmc
    sayapun tdk tau benar atau tidaknya gmc menipu para muridnya
    tapi yg jelas dan pasti ada perubahan yg besar dalam diri anak saya

    saya coba untuk menelisik anak saya..apa benar kl dia mengintip?
    dia jawab tidak
    dan saya yakin anak saya yg usianya 8 tahun menjawab jujur seperti sebelum dia masuk gmc karna saya tau anak saya anak yg tidak pernah berbohong
    karna dr kecil saya yg mendidiknya untuk berkata jujur

    wallahualam
    kalo memang benar atau tidaknya gmc menipu
    tp intinya skarang anak saya bisa berubah dengan lebih baik lg

    Mbel:
    Sukurlah kalo begitu. Setidaknya membuat anak situh mau belajar. ;)

    (oh ya satu lg pemahaman saya)
    yg namanya aurat itu tidak akan bisa dilihat dengan ilmu dan dan teknologi apapun
    karna allah melindunginya

    Mbel:
    Ahaa…
    Situh belom tau ya, SONY pernah mbikin handy cam berteknologi infra red yang bisa mengambil video orang sehingga tembus kain dan menjadi terlihat telanjang ??? ;)

  22. 2010 August 25

    kalok saya mbaca dari postingan simbah lalu menganalisa komen Bung Bara itu, saya lalu mencoba merekonstruksi apa yang sebenernya terjadi…..dari jaman dulu saya ngelmu biologi itu, yang namanya otak tengah itu ndak pernah ada..Lha mungkin para “ilmuwan” GMC itu memake model metode sugesti sama anak2 itu..jadi diantara siswa2 itu diselipken oknum petugas GMC yang nyaru jadi siswa dan dia lagi belajar mengaktipken otak tengah “yang ndak pernah ada itu”…..otomatis siswa yang asli bakal tersugesti buat meniru petugas GMC itu…dan secara impulsif, otak kiri dan otak kanan yang SEBENERE bekerja…lha kesimpulan gacoran saya ini…otak tengah itu endak lebih dari sebuwah jargon dan sarana promosi biyar GMC itu terkesan visioner dan “menemukan” sesuwatu. Naaa kalok dari kasusnya Bung Bara, banyak ilmu di psikologi terapan yang bisa membantu anak2 yang pelupa dan “kurang” motivasi menjadi anak superkreatif dan punya ingatan yang superteliti kok..naaaa biyar komersil, ilmu2 itu kemudian dibungkus dengan otak tengah itu tadi.

    Ato mungkin gini mbah, kenapa kok metode otak tengah hanya bisa diterapkan pada anak2…mungkin anak2 ini generasi baru yang otaknya bermutasi menjadi 3 bagian…seperti kamera yang dulu hanya single ccd sekarang muncul 3ccd gitu

    Mbel:
    Hanya pada anak-anak karena: Anak-anak ada perasaan “bersalah” kalo ternyata ndak isa “membaca” dengan blindfolding, sementara temen-temen yang laen diliatnya bisa. Akhirnya dia melakukan kebohongan dengan seolah-olah bisa agar ortunya ndak kecewa…
    ;)



    Blindfolding dari Hong Kong ???
    ngakak

  23. 2010 August 25
    j4pNo Gravatar permalink

    Mbah, metode pengajarannya mirip banget sama Merpati Putih..
    Disuruh meditasi, membayangkan ada matahari & menggerakkan matahari tsb dari tangan kiri, perut, tangan kanan dsb. Metode yg sama yg dipakai dalam kundalini.
    Kalau anak sudah bisa baca buku dng mata tertutup, berarti pas ujian / ulangan dia bisa baca buku yang ditaruh di dalam tasnya. Lah apa bedanya sama MENCONTEK??
    Ini dibilang GENIUS ??? GENIUS dari NERAKA ????
    Temenku ada yg sudah jadi instruktur di Merpati Putih lebih dari 10 tahun tapi belum juga bisa menguasai ilmu ini. Memang lebih mudah kalau diajarkan ke anak2 sebelum usia akil balik.

    Mbel:
    Sesungguhnya pake Jin…
    ;)

  24. 2010 August 25
    kethekkopyokNo Gravatar permalink

    diajarin mbaca relief candi borobudur ato prambanan yg ndak perlu pakai tutup mata, ndak perlu mbayar mahal2 mung diapusi…cm mbayar parkir sama karcis masuk bs nambah wawasan si anak

  25. 2010 August 25
    Helmi PerdataNo Gravatar permalink

    Memasukkan dan kemasukan yang ditengah selangkangan juga tidak perlu pakai otak (tengah), padahal gelap gulita lho,mbah…hayo?

    Mbel:
    Cabul !!!
    8O

  26. 2010 August 26

    Saya pengen kaki tengah saya dipanjangin dan digedhein, bisa?

  27. 2010 August 26
    t4rM1nNo Gravatar permalink

    ah… kalo saya sih netral aja lah Mbah. Kalo emang bikin si anak jadi lebih baik, ya sukur. Nggak buang duit percuma. Tapi dari yang pernah saya baca di beberapa postingan, hal tersebut harus tetap dilatih, supaya kemampuannya nggak ilang.

    Jadi tetap balik lagi ke kemauan si anak, kalau si anak pada dasarnya malas atau angin-anginan, ya mungkin ntarnya hangat2 tai ayam juga.

    @j4p: iya ya, mungkin anak2 umur segitu lebih mudah buat di”cekokin” segala hal.

    @helmi: wakakakkkk… LOL

    Mbel:
    Sebaeknya situh kritis, banyak nyari informasi.

  28. 2010 August 26
    WijayaNo Gravatar permalink

    Hwakakakakakak…….
    Yg kmaren kita obrolin inih to……
    Skarang orang pada kreatip nyari duit yak, pake trik beginian :)

    Yang penting anak itu dididik sesuai perkembangan mental age-nya.
    Jangan dipaksakan harus bisa ini bisa itu….anak malah jadi korban ambisi ortunya.
    Lebih dekat sama anak, tingkatkan kualitas komunikasi (bukan cuma sering gak-nya berkomunikasi) dengan anak….semoga saja anak bisa menjadi kebanggaan orangtuanya tanpa mengorbankan indahnya masa anak-anak mereka :)

    *saatnya leyeh-leyeh lagi*

    Mbel:
    Betul….
    :D

  29. 2010 August 26
    tutiNo Gravatar permalink

    sedih lo mbah.. liat gambar anak2 yg lg sepeda santai ituu… kok tega yaa lembaga pendidikan ituu….

    Mbel:
    Jadi yang namanya Blindfolding kayak yang naek sepeda ituh yaa..???
    Mukanya “ndangak-ndangak” ngintip jalanan..???
    :lol:

  30. 2010 August 27
    mbelGedez™No Gravatar permalink

    .
    Di bawah ini adalah artikel dari detik.com:

    Jumat, 27/08/2010 08:45 WIB
    Bisakah Mengaktifkan Otak Tengah Bikin Anak Jenius?

    Vera Farah Bararah – detikHealth

    Jakarta, Einstein memiliki imajinasi 3 dimensi yang tinggi. Dengan duduk melamun ia bisa menciptakan sebuah teori relativitas yang luar biasa. Apa yang membuat Einstein bisa jenius? Benarkah dengan mengaktifkan otak tengah membuat anak bisa jenius?

    Dokter spesialis saraf dr Andreas Harry, SpS(K) mengakui kini banyak orangtua yang mengikutkan anaknya untuk pelatihan otak tengah atau aktivasi otak tengah.

    Tapi menurutnya, jika yang menjadi tujuan adalah anak menjadi jenius sebenarnya bagian otak yang sangat berperan adalah otak besar bagian luar di wilayah korteks parietal.

    Seperti halnya Einstein, ia memiliki korteks parietal yang 1 cm lebih besar dibandingkan dengan orang normal dan memiliki ukuran yang sama besar antara kiri dan kanan. Sedangkan pada orang normal umumnya bagian korteks parietal kiri lebih besar dari kanan.

    Hal inilah yang membuat Einstein memiliki imajinasi 3 dimensi yang tinggi. Penemuan ini baru diketahui tahun 1999 seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

    dr Andreas mengaku tidak tahu bagian mana dari otak tengah yang diaktivasi untuk membuat anak pintar karena otak tengah (midbrain) tidak bisa dikontrol atau bersifat autonom.

    dr Andreas menjelaskan ada beberapa bagian otak manusia yang punya peran masing-masing.

    1. Otak tengah (midbrain)
    Otak tengah adalah bagian dari batang otak yang memiliki fungsi sebagai inti dari pergerakan bola mata dan juga di daerah ini lewat serabut-serabut yang mengatur pernapasan dan kesadaran. Kegiatan ini tidak bisa dikontrol atau bersifat autonom.

    2. Otak besar yang terdiri dari otak bagian dalam dan juga otak bagian luar.
    Otak bagian dalam (medial)

    Pada bagian otak ini antara lain terdiri dari limbiks sistem yang berfungsi untuk mengatur emosi, pusat memori, mengatur viseral (pencernaan) dan pada binatang otak ini khusus untuk indera penciumannya. Selain itu juga ada ganglia basalis yang berfungsi sebagai pusat pengontrol gerakan.

    Otak bagian luar (korteks)
    Pada bagian otak ini terdiri dari empat bagian, yaitu:
    - Korteks frontal yang berfungsi sebagai pusat atensi (perhatian) dan juga bicara.
    - Korteks temporal yang berfungsi sebagai pusat pendengaran dan juga bicara.
    - Korteks parietal yang berfungsi sebagai pusat somato sensorik, pusat matematik dan juga pusat imajinasi 3 dimensi.
    - Korteks occipital yang berfungsi sebagai pusat dari penglihatan.

    3. Otak kecil (cerebellum)
    Pada bagian otak ini memiliki fungsi sebagai pusat koordinasi, pusat tonus otot dan juga pusat keseimbangan.

    “Pada bagian otak besar dan kecil, masing-masing terdiri dari otak kanan dan juga otak kiri. Selain itu ada juga penghubung antara otak kiri dan otak kanan yang disebut dengan corpus callosum,” ujar dr Andreas saat ditemui detikHealth di tempat prakteknya di Apartemen Slipi Tower 1 Lantai 1, jakarta, Jumat (26/8/2010)

    Dengan melihat bagian-bagian otak tersebut maka bisa diketahui fungsi dari otak-otak tersebut. dr Andreas menuturkan kalau dilihat di otak tengah (midbrain) maka yang ada hanya serabut-serabut yang melewati bagian otak tengah dan fungsi dari bagian itu tidak dapat dikontrol atau bersifat autonom.

    Sehingga kalau yang dimaksud mengaktifkan otak tengah adalah midbrain, maka bagian otak tersebut tidak bisa diaktivasi.

    Sedangkan jika yang dimaksud mengaktifkan otak tengah adalah corpus callosum (jembatan yang menghubungkan otak kanan dan kiri), bagaimana cara mengaktivasinya. Karena menurut dr Andreas, tetap saja harus melalui otak kiri dan juga kanan. Apapun yang dikerjakan oleh otak kiri dan mau dikirim ke otak kanan atau sebaliknya akan terhubung oleh corpus callosum.

    “Karena pada intinya semua impuls yang diterima oleh otak melalui 5 indera yaitu mata, pendengaran, peraba, penciuman dan juga pengecapan,” ungkap dokter yang juga berpraktek di RS Gading Pluit.

    Yang juga turut berperan dalam penerimaan impuls adalah bagian otak luar dan bagian otak dalam, sedangkan pada otak tengah (midbrain) hanya dilewati oleh serabut-serabut tersebut tapi bukan fungsinya.

    “Kalau ingin membuat anaknya menjadi pintar, maka bagian korteks yang harus diaktivasi. Karena pada daerah tersebut terdapat pusat matematik, fisika, gambar, nyanyi dan juga pidato. Jadi untuk menjeniuskan anak adalah dengan melatih otak kiri dan kanan yang dijembatani oleh corpus callosum,” ujarnya.

    Selain itu setiap anak memiliki kemampuan pusat indera yang berbeda-beda. Ada anak yang memiliki indera visual (penglihatan) lebih bagus daripada indera auditori (pendengaran), sehingga ia akan cepat mengingat sesuatu dengan cara melihatnya.

    Jadi ketahui terlebih dahulu bagian otak mana yang mau diaktivasi biar anak jenius.

  31. 2010 August 27
    IgirlNo Gravatar permalink

    Kalau bagian blindfolded, kalau gak salah mustinya bagian Lobus Occipitalnya (rada belakang)…

  32. 2010 August 27
    WijayaNo Gravatar permalink

    Pengeeennn sayah punya kemampuan melihat tembus pandang.
    Biar kayak mbah mbel yg bisa melihat isi di balik daster….eh, lumpia.. :)

  33. 2010 August 28

    Lho…mbah komenku terakhir ditelen siapa mbah?

    Nggak, mbaca istilah ‘Blindfolding’ kok inget istilah ‘Mata-Batin’…
    Setelah “DIBUKA MATA BATINNYA (diusap mukanya oleh seorang ‘guru/pakar’), KONON ybs DAPAT MELIHAT DEDEMIT, GENDRUWO, JIN dan sejenisnya…pokok’é MAKHLUK GHOIB lah. Ya ini KONON…

    Kira2mirip gitu ya mbah?

  34. 2010 August 28

    Link paling bawah jadi link, dong…Nggak bisa diakses, mau copy malah dimarahin. :P

    Mbel:
    Ctrl – C

  35. 2010 August 28
    IgirlNo Gravatar permalink

    Struktur utama otak: Forebrain, Midbrain, Hindbrain.
    Forebrain dan hindbrain udah dijelaskan sama mbah mbel di atas. Nah, yang dimaksud otak tengah oleh GMC barangkali midbrain. Midbrain ini terdiri dari Tectum dan tegmentum. Struktur utama dari tectum adalah Superior colliculi dan inferior colliculi. Superior colliculi memilikii fungsi visual (penglihatan), sedangkan inferior colliculi memiliki fungsi audiotory (penglihatan). Pada mamalia, superior colliculi juuga terlibat dalam proses refleks visual dan reaksi terhadap stimulus yang bergerak. Pada vertebrata lain yg tingkatannya di bawah mamalia, tectum hanya terdiri dari satu pasang tonjolan disebut juga optic tectum karena hanya mempunya fungsi visual.

    2. Tegmentum, terkandung di dalamnya: Periaqueductal gray matter( peran: proses analgesic/pengurang rasa sakit yg ditimbulkan oleh obat-obatan), Red nucleus dan substansia nigra (peran: sensori motoris. Kerusakan pada bagian ini akan menyebabkan Parkinson disease alias penyakit yang suka bergerak-gerak sendiri gak terkontrol). 3 Bagian ini yg paling banyak menarik perhatian para ahli yg berkaitan dengan bio.

    Masalahnya adalah pada kata mengaktifkan. Otak itu sudah aktif, dan tidak perlu diaktifkan. Satu saja bagian tidak aktif, akan langsung timbul penyakit yg disebabkan degenerasi otak.

    Dan seperti kata mbah mbel di atas, sebenarnya ada beberapa bagian otak yang berfungsi pada visual/penglihatan. Tapi yang paling penting ada di forebrain, bagian korteks yang disebut Lobus Occipital. Lobus yang terletak agak belakangan.

    So, mengaktifkan midbrain itu kayaknya emang rada janggal. Agree with mbah mbel. Otak itu udah aktif dan gak perlu diaktifkan…

    Sumber struktur otak: Buku biopsikologi jilid II

    Mbel:
    Komentar saya dari kopipes Detikcom cukup menjelaskan, bahwa omong kosong dengan aktivasi otak tengah…

  36. 2010 August 28
    IgirlNo Gravatar permalink

    Ralat pada inferior colliculi: auditory (pendengaran).

  37. 2010 August 28
    IgirlNo Gravatar permalink

    Ralat: Inferior auditory berperan pada pendengaran, bukan penglihatan. Typed too fast. LOL

  38. 2010 August 28
    IgirlNo Gravatar permalink

    Oh! Atau yang dimaksud GMC itu bagian ARAS ( Ascending Reticular Activating System) bagian tegmentum yang merangsang dan mengaktifkan rangsang dan pusat kesadaran?

    Bukannya itu udah aktif sendiri yak?

    ARAS tu sifatnya autonom gak ya?

    Hm… medical people, would you please feed my curiousity….?

  39. 2010 August 28

    - otak-kanan…300gr ;
    - otak-kiri……..300gr ;
    - otak-tengah…secukupnya ;
    - ikan bandeng…5-ekor ;
    - bumbu2…..sesuai selera ;
    Masukkan dlm presto selama 90-menit…

    Jadi deh…OTAK-OTAK BANBENG….
    Hmmm…uennaaak tenaaannn

  40. 2010 August 29

    Kalo bisa nyampe kamar aura kasih, dengan menutup mata tanpa tau sebelumnya, saya ikutan deh *LOL

    Setelah mantengin timeline beberapa waktu lalu, kemarin ada lagi cewek yg ngajakin ngobrol soal ini. Ah, saya gak percaya kek gituan.

    Pasti kepentingan bisnis doang!!!

    Mbel:
    Ceweknya ajakin sinih… Biar jadi jamaah sayah…
    :D

  41. 2010 August 30
    IgirlNo Gravatar permalink

    Iya sih mbah, sudah sangat jelas, tapi aku masih penasaran. Lha gak ada orang GMC yang njelasin secara ilmiah di sini. Pada ndelik kemana yah? Bukannya ada yang nyatut nama dokter yah?

    Udah gitu, baru aja mbaca kalau di bagian otak tengah ada yg namanya formasi reticular. Fungsinya merangsang otak depan yg berisi korteks sehingga siap mengolah informasi dari indera. Dan pas baca kembali, bukan termasuk sistem saraf otonom.

    Alah embuh mbah… Sing penting selama orang GMC gak nongol dan njelasin, berarti tipu-tipu. Manut simbah wae lah… hehe :D

    Mbel:
    Saya yakin banget kalo GMC inih memang penipuan. Sebab soal otak inih penyelidikan di Amrik udah sangat maju, dan sama sekali ndak ada yg membahas tentang otak tengah berkaitan dengan Blindfolding. Bahkan mereka sampe ke Russia untuk mencoba membuktikan, yang ternyata juga cuman aksi tipu-tipu…

  42. 2010 August 30
    KhanNo Gravatar permalink

    saya beberapa kali memelototin video diatas…emang bener deh…ceweknya cuakep sekali…kaki otak tengahku langsung aktiv dengan sendirinya…

  43. 2010 August 31

    Sepertinya saia ndak rugi-rugi (amat) jadi jamaahnya simbah..

    Sukanya orang Indonesia pada latah ntu lho yang nggegemesin :lol: , Sepertinya saia mesti bikin terobosan otak serong kanan kiri depan belakang ni buat nandingin… :idea:

  44. 2010 August 31
    IgirlNo Gravatar permalink

    Tul banget mbah, udah gitu blindfolding emang ada hubungannya ama kejeniusan yak…? aya-aya wae…

    Haha… Baru muter videonya kemaren. Komen-komennya menarik. Yang paling menarik yang pernyataan organisasi pembuat video kalau mereka bakal ngasih $10,000 buat yg bisa blindfolded reading pakai penutup mata ski mereka kayak yang diomongin simbah, tapi udah kagak mau nyamperin. Suruh ke Hongaria sendiri (Budhapest). Tiwas rugi banyak kayak di Rusia.

    Simbah iki ngertiiiiae… IQ simbah dulu 140 ++ ya ? Hehe

    Mbel:
    IQ saya dibawah 100. Golongan normal biasa-biasa aja. Tapi banyak mbaca…
    ;)

  45. 2010 September 1
    srundenggosongNo Gravatar permalink

    ndak usah mbayar 3,5 jt, lha wong mati lampu saja saya titis kok.
    ndak percaya? buktinya anak saya 2 qeqeqe

  46. 2010 September 6
    YudhaNo Gravatar permalink

    izin copy link nya, mas. di kota saya udah banyak spanduk yang beginian. biar mereka tau juga.

    Yudha

  47. 2010 September 9
    AgusNo Gravatar permalink

    Klo GMC utk anak-2 hasilnya bisa baca dg mata tertutup, klo klo utk yg dewasa mungkin bisa baca togel yam amu keluar ?? gitu ya mbah

  48. 2010 September 10
    sundul ganNo Gravatar permalink

    Tapi ceweknya cakep banget gan :genit:

  49. 2010 September 14

    Teman saya juga ada yang ternyata anaknya tak bisa apa-apa setelah pelatihan ini. tapi alasan orangtuanya, anaknya memang sudah terlalu tua dan otaknya sudah tidak bisa dibuka lagi. Kalau saya pribadi sih ogah ngeluarin duit 3.5 juta buat ngikutin pelatihan kayak gini.

  50. 2010 September 21
    Danan AdhiNo Gravatar permalink

    Mau ikut coment ya,
    kemarin banyak murid-murid istri saya yang ikut kursus tersebut. setelah di sekolah pada praktek dan mereka memang bisa melihat dengan mata tertutup. akhirnya semua murid yang ikut GMC dikumpulin. dan dibacakan ayat2 al Quran. (diruqhyah). setelah diruqhyah anak-anak tersebut diminta untuk mengulangi ( membaca dengan mata tertutup ) dan hasilnya merka tidak bisa.
    ada sedikit kesimpulan yang bisa diambil jangan-jangan mereka menggunakan jin. agar bisa melakukkan itu semua. … hati hati ya

  51. 2010 September 24

    Blindfold kok pada ngintip, bener-bener wedan masak udah bayar mahal hasilnya cuma anak yang berbohong.
    Buat pada orang tua harap waspada apabila ditawarin GMC, udah jelas-jelas kalo GMC cuman nipu doang. Dan udah banyak juga orang-orang yang menentang GMC bisa lihat disinih http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4804278

  52. 2010 September 29

    wahhhh nyesel lama ga mampir sini,,ilmunya keren2,,

    makasih tambahan infonya mas,,ampe ikut ubrek2 kaskus..

  53. 2010 October 1
    EkaNo Gravatar permalink

    Lebih cepat anak jadi pintar, itu lebih baik..
    Kalau bisa secepat bikin mie instan…

  54. 2010 October 1

    Oh sudah bisa komen lagi ya? (test)

  55. 2010 October 7
    si air minumNo Gravatar permalink

    ipar saya, yg di keluarga istri dianggap yang paling bijak, punya rencana masukin anaknya yang kelas 3 SD ikut beginian juga..

    kira-kira kasih tau gak ya tentang tipu-tipu ini *senyum jahat* sekali-kali yang bijak juga bisa salah

  56. 2010 October 9

    woh…. baru baca juga kemaren kalo ini ternyata tipuan yaa.. padahal awalnya saya udah takjub banget kalo itu beneran potensi otak tengah..

  57. 2010 November 3
    KatarNo Gravatar permalink

    saya pernah mengikutkan anak saya di kelas GMC (sekitar bulan April 2010). Alasannya salah satu anak saya memakai kacamata super tebal yaitu min 18 silindris 3. Di Sekolah kalau duduk hrs paling depan, itupun msh kadang agak kurang jelas. Dengan tujuan ingin membantu… ya saya masukkan. Ketika mengikuti kelas selama 1 1/2 hari.. dia di nobatkan sbg yg terbaik, Bangga dwuooong… and anaknya jd lbh percaya diri.
    Suatu hari… saya iseng memakai blind fold. Saya jg ikut2an menebak huruf dan warna di depan Suami dan anak…and..berhasil 100% !!! lha wong ngintip..hehehehe.. berbagai upaya saya ganjel blind fold dg segala macam benda… Alhasil.. saya msh bs ngintip.
    Ternyata… GMC mendidik anak supaya berbohong… and yang paling parah… anak saya sekarang jd punya hobby berbohong yg berkelanjutan… lihay pula !!! Sediiiih banget……………..

    Mbel:
    Sad But True….
    nonono

  58. 2010 November 13

    Lagi beredar isunya yak. Banyak yang nulis.
    Kasian dong kalo sampe jadi kurban. Eh, korban. Iming-iming cerdas dan menggiurkan, eh …
    katanya, yang instan memang gak pernah baek. Selalu bawa efek.
    Mo pinter, belajar …

  59. 2010 December 1

    lucu banget nih postingnya… :)

  60. 2010 December 20

    Lebih lengkapnya tentang “penggugatan” GMC bisa dibaca disini: http://pembodohanotak.wordpress.com/2010/07/26/menggugat-gmc-genius-mind-consultancy-indonesia/

    Atau Baca tulisan Prof. Sarlito Wirawan tentang GMC: http://m.kompasiana.com/?act=r&id=269146

  61. 2012 April 12
    argoeNo Gravatar permalink

    sekarang cabang GMC ada di mana aja, untuk daerah indonesia..?

Trackbacks & Pingbacks

  1. Fenomena GMC dan masa depan Indonesia « this is my nice world
  2. Aktivasi Otak Tengah, Logiskah? « mas stein

Komentar situh bergantung pada amal dan ibadah situh

Note: Situh bisa pake basic XHTML dalem komentar. Email situh Ndak Bakalan dipamerin ke orang-orang.

Komentar lewat RSS

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.