INDOMIE MENGANDUNG METHYL P-HYDROXYBENZOATE ???

2010 October 11
by mbelGedez™

.

Belom juga jam 12.00 siang tiba-tiba aja Timeline Twitter jadi rame soal Indomie. Saat saya ngetweet pertama kali soal Indomie yg heboh di Taiwan, saat ituh baru sekitar jam 07.00 pagi. Belom ada yang ngetweet soal ituh sebelomnya. Saya sendiri ngetweet soal Indomie berdasar dari Broadcast Message via BBM. Kenapa sepagi ituh saya udah melempar mercon ? Sederhana aja. Pertama adalah Link tempat saya lempar issue ituh dari Kompasiana. Jadi, salahkan Kompasiana….   :D Keduanya, issue soal yang “miring” untuk produk-produk dari Indonesia udah sangat biasa.

Saya ndak ada kepentingan soal Indomie. Tulisan inipun bukan Black Campain atopun mbelain dia. Saya cuman mau nulis karena pengen nulis.  Sungguh. Soale saya ndak tau apa ituh Methyl P-Hydroxybenzoate, zat yang kata orang Taiwan untuk pengawet kosmetik, dan dipake pada Indomie. *halah, alesan ndak mutu banged*

Produk apapun di luar negri sangat rentan dengan hantaman issue macem-macem. Sangat mungkin itu persaingan bisnis untuk menjatuhkan penguasaan Indomie di pasar luar negri, dalem hal ini Taiwan. Di Taiwan, Hong Kong, Singapore, Malaysia, mie instan produk Indonesia cukup menguasai pasar. Misale produk yang dijual diluar negri adalah mebel kayu, maka issue yang beredar adalah kayu-kayu ituh hasil dari penggundulan hutan. Macem gitu deh.

Bisa juga issue ituh atas “pesanan” pengusaha bajingan dari Indonesia sendiri. Misale dengan maksut agar harga saham Indomie jatoh di level terendah. Setelah harga sahamnya di Bursa Efek Indonesia jatoh sangat murah, maka dia akan dateng sebagai pahlawan yang menyelamatkan harga saham dengan cara memborong semua. Maklumlah, kalo lagi panik, maka orang akan rame-rame jual. Setelah saham banyak diborong, dengan kekuatan media dia poles lagi citranya hingga naek dan kembali mengkilat jadi Blue Chip. Untung besar tuh pengusaha bangsat macem gituh….

Terlepas dari bener ato ndaknya produk Indomie inih mengandung bahan pengawet yang biasa dipake pada kosmetik, pemerentah kudu bijak menanggapinnya. Bukan bersifat impulsif ngotot bahwa Indomie ndak bahaya. Sebab kadar kandungan pengawet yang diijinkan tiap negara kan ndak sama. Ato mereka (Taiwan) menaekkan standarnya, dan kebetulan Indomie inih masih menggunakan standar lama. Walahualam.

Saya ndak akan ndobos panjang-panjang deh. Issue inih ndak akan lama, I Garantie… Hahhahaha… Sebab Brand Indomie udah begitu kuat. Apalagi konsumennya di sana kebanyakan juga TKI. Jadi ndak akan mudah goyah. Sedangkan untuk dalem negri ndak akan ngaruh secuilpun.

Orang Indonesia terlalu pemaap dan pelupa. Jangankan cuma issue pengawet kosmetik, wong pengawet mayat dipake untuk tahu, tetep aja tahunya laris manis. Boraks dipake buat ngawetin bakso, tetep aja baksonya laris. Kue-kue pake wantek pewarna tekstil, tetep aja kuenya laris. Rokok yang mbikin kanker, tetep aja rokoknya laris. Begitu selalu, bukan…???

Tiga hal yang patut digaris bawahi: Bener mengandung pengawet kosmetik, ato persaingan bisnis di luar negri, ato menghancurkan Indofood lewat pasar saham. Itu aja, gan…   ;)

38 Responses leave one →
  1. 2010 October 11

    Apapun minumannya, makannya tetep Indomie…
    Indomieeee seleraaaakuuuuuu

    Mbel:
    Gyaahahaha….
    Dasar anak kost….
    :lol:

  2. 2010 October 11

    NICE NDOBOS MBAH

    lumayan buat lauk menu makan siang :D

    Mbel:
    Saya memang ndobos.
    Kalo ngikutin post yang lalu pasti paham maksut sayah…

  3. 2010 October 11
    EkikNo Gravatar permalink

    Pertamax..

  4. 2010 October 11

    jadi kesimpulannya piye mbah? tulisan ini kok jadi berasa kayak mbaca berita ada jenderal punya rekening gendut, yang dibahas akhirnya bukan dia beneran punya rekening gendut ato ndak tapi bahwa berita rekening gendut itu ndak lepas dari persaingan politik untuk menjatuhkan nama tertentu :lol:

    Mbel:
    Yaa, gitu deeh….
    :lol:

  5. 2010 October 11

    Methyl and propylparabens are considered GRAS (generally regarded as safe) for food and cosmetic antibacterial preservation

    Mbel:
    Walaaah…
    Jangankan kategori GRAS. Lha wong mengandung pengawet mayat juga di embat kok…
    :lol:

  6. 2010 October 11
    Helmi PerdataNo Gravatar permalink

    Mbah…sampeyan pernah kepikir suwatu saat kelak badan amil zakat susah menghitung zakat fitrah bila makanan pokok kita berganti dari beras menjadi mie instan.

    Mbel:
    Yang pasti sekarang udah berganti uwang….
    :D

  7. 2010 October 11

    terima kasih atas kuliah yg menyegarkan pikiran mbah :)

    Mbel:
    Sama-sama

  8. 2010 October 11

    saya udah mbaca mbah….. pengajian kok siang siang…. comment nya tetep aja deh…. kalo warteg udah tutup, mending mbikin emih ajah… masalah zat” begituan, kita mah udah kebaaaaaal…… :) )

    Mbel:
    Hidup cuman sekali aja, ko riweuh amat.
    Ya ndak ???
    :D

  9. 2010 October 11
    jomblo atiNo Gravatar permalink

    …and why only taiwan?
    hmmm… let’s see who’s behind this shit…

    Mbel:
    Yup !!

  10. 2010 October 11

    tulisan ini ndak ada kesimpulannya.. huuuuu
    nyesel baca! :P

    Mbel:
    Pasti ada yang terlupa dengan posting yang dulu….

  11. 2010 October 11
    tyaNo Gravatar permalink

    Ndak komen….
    Nyimak wae lah …
    :p

    Mbel:
    ML aja yuk ???
    :D

  12. 2010 October 11

    saya mau jadi pengusaha yg mbeli saham murah itu… hahaha… gimana ngak bangsat ya… hihihi

    Mbel:

    ………… :lol:

  13. 2010 October 11

    isu ini kayaknya akan bertahan lama mbah… soalnya media lagi ke abisan cerita.. kemungkinan di ekpos abis2 an nie,, masalah indome

    Mbel:
    Situh cermat

  14. 2010 October 11
    bertanyaNo Gravatar permalink

    saia setoedjoe sadja

  15. 2010 October 11
    painemNo Gravatar permalink

    mbah, spt yg tadi sudah sayah tulis di twitter, soal BPOM itu lho mbah.. sorenya si pejabat BPOM mengeluarkan maklumat, mmg ada zat kimianya cuman msh dlm batas normal. Mung ya itu tadi, wong ada zat pengawet mayat aja diembat koq ya, ga ngepek lah buat perut rakyat endonesia yg begitu2 mah… sing penting weteng wareg… hooh ra??

    Mbel:
    Selama daya beli masyarakat Indonesia masih lemah, maka kemampuan memilih makanan bermutu juga rendah…

  16. 2010 October 11
    q_key hiltonNo Gravatar permalink

    mendingan mie” instant yang beredar sekarang dimusnahkan aja laa…
    mengancam kesehatann..

  17. 2010 October 11
    vickNo Gravatar permalink

    Kenapa ya mbah si pengusaha bajingan ini selalu bisa leluasa membuat kekacauan di dunia usaha…apa ndak ada yg belajar dari sepak terjangnya selama ini…dan mencari obat penangkal dari serangan pengusaha licik ini….Toh indofood punya uang untuk melakukan apa saja untuk bertahan…

    Mbel:
    Dalem bisnis selalu ada peperangan.
    Masalahnya, gimana caranya memenangkan perang ituh…
    ;)

  18. 2010 October 12

    ane rada miris waktu pihak indomi klaripikasi di salah satu tipi, katanya kadar methyl P apa gitu deh masih ada di batas yang maksimal boleh dipake gile kagak mbah batas maksimal? gileee… itu kan 1 bungkus lhoo (bungkus bumbu yang dipake itung aja 1 bungkus) jadi kalo kita makan 1 bungkus pas batas maksimal kalo yang biasa beli doble piye? ude masuk batas toksik dong..? gilee… selama ini anak kost keracunan ternyata… “lagi lagi bisnis emang kedjammsss”

    Mbel:
    Puter aja lagu Project P : Nasib Anak Kost…

  19. 2010 October 12

    Ndak ngaruh ah…

    *sambil mbikin endomi telor buat sarapan*

  20. 2010 October 12

    Kayaknya sahamnya Indomie dah mulai ngglosor-ngglosor tu mbah…

    Saia lihat aja nunggu 3 hal yang digarisbawahi mbah mana yang kluar.. Kalo tepat besok saia minta nomer togel ya mbah.. :lol:

  21. 2010 October 12

    i looooooooovvvvvvvveeeeeeee indomie :D :D :D

  22. 2010 October 12
    t4rM1nNo Gravatar permalink

    barangkali itu indomie untuk konsumsi di indonesia yang salah kirim, nyasar ke taiwan? :D

    Mbel:
    Barangkali pemaen saham mborong endomi lalu dikirim ke Taiwan, kemudian mbayar media setempat untuk tereak-tereak bahwa endomi make pengawet berlebihan
    :D

  23. 2010 October 12
    j4pNo Gravatar permalink

    sudut pandang politik:
    serangan ke salah satu sponsor gedhe pemerintah?? (inget jingle iklannya??)

    sudut pandang ekonomi: black campaign??

    kita lihat aja ending-nya…

    *gelar kloso*

  24. 2010 October 12
    adipati kademanganNo Gravatar permalink

    sik sik mbah,
    Berarti yang mborong saham murah itu dia? Haibad nian dia bisa memutar balikkan cerita. Mbok ya si Mbah ngasih tahu ke Indomie agar jangan furstasi dulu. Penjualan gak bakalan merosot gara-gara issue seperti itu, orang Indonesia kan sangat kebal terhadap berbagai macam obat, racun dan pengawet.

    Mbel:
    Yoi…

  25. 2010 October 12
    adiPatiRembangKudusNo Gravatar permalink

    sarat dengan kepentingan…

  26. 2010 October 12
    IgirlNo Gravatar permalink

    Semoga yang disindir mbah Mbel ketohok… :D

  27. 2010 October 13

    Halah dr kecil jg makanan qt ga ada yg sehat kok,,mulai es serut yg sirupnya merah darah,,makanan2 ga jelas,,toh ampe skrg msh sehat2 aja..drpd makan yg sehat2 malah bikin sakit,,sakit di dompet,,,hahahaha

  28. 2010 October 13
    IgirlNo Gravatar permalink

    Di link ini, Indomie di Singapura koq gak mengandung bahan kosmetik itu ya mbah?
    Padahal sama kayak Taiwan, Singapura juga melarang adanya bahan itu lo…
    http://www.channelnewsasia.com/stories/singaporelocalnews/view/1086815/1/.html

  29. 2010 October 13
    KancilNo Gravatar permalink

    lam knl mbah…setubuh eh setuju q cnta produk indonesia rsnya pas pa lg klo ada yg bayarin*laaaari*

  30. 2010 October 13

    Eh mas mbel… lama tak jumpa. akhirnya nulis lagi di blog.

    Nunggu ada kejadian orang meninggal seketika gara-gara makan indomie, ada gak ya??

    Mbel:
    Hi, sexy….
    ;)

  31. 2010 October 13

    janganpun mengandung pengawet kosmetik,,,,wong yang katanya di haromin sama agama aja masih laris manis kok…itu lho sengsu…banyak tuh peminatnya

    Mbel:
    OOT: Pas di Singaporean F1 saya liat cewek sekseh mirip banget situh !!!

  32. 2010 October 13

    Wuih, setelah sekian lama tidak ada ndobosan, akhirnya ada lagi :D

  33. 2010 October 13
    DepressantNo Gravatar permalink

    Bos, aku kira ni propagandanya Taiwan, yang masih dalam lindungan pemerintah Cina

  34. 2010 October 14

    Mbah…saya nggak komen, boleh ya mbah.
    Jadi penggembira dan tepuk tangan saja…..

    Hooorrreee…plok…plok…plok…

  35. 2010 October 17

    Hahaha.. tapi mbah, kalo ane sih doyan mie sedap jadi ndak ngaruh mau indomi pake metil, etil, toluen bahken pake TNT (tri nitro toluen) juga kaga ngaruh..
    ndak doyan soale hahah

  36. 2010 October 20

    Bagus lah kalo begitu…
    Berarti Two in One…
    Beli Mi dapet Kosmetik, or the other way around…
    Selain hemat, perut kenyang, kulit pun halus kencaang…

  37. 2010 October 21

    makin lama bosen juga sih. ..

    bikin posting baru om soal MNC TV !!!
    besok kan jumat :D

  38. 2010 October 22

    owalah mbah kok gak promote sih.. tau2 dah ada post baru kan jadinya telat.:(

    indomie lagunya aja dipilih 60% warga kok ya..

    Saya dah lama gak make indomie mbah dan beralih ke mie sedaap, alesannya tidak lain dan tidak bukan mienya indomie kalah tebel dari miee sedap, jadi klo bikin dobel indomie dibanding dobel mie sedap kurang nendang yg indomie.. :D perkara kandungannya sih, anggap saja ternetralisir oleh rasa lapar :lol:

Komentar situh bergantung pada amal dan ibadah situh

Note: Situh bisa pake basic XHTML dalem komentar. Email situh Ndak Bakalan dipamerin ke orang-orang.

Komentar lewat RSS

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.