IP CAMERA DCS-932L, DARI D LINK…

2012 February 7
by mbelGedez™

Sayah mau ndobos sok techie lagi nih.. :lol:

Sebelomnya, seandainya situh pernah merasa was-was dengan suatu tempat/ kondisi sedangkan situh berada ditempat jauh, tentu sangat mengganggu pikiran. Contoh konkret, misale situh punya balita dan diasuh oleh orang laen tentu situh sangat was-was bukan..??

Nah, kalo pernah ngalamin situasi seperti ituh berarti situh sangat membutuhkan perangkat inih. Pasti !!

Masih berkaitan dengan dunia internet dan lagi-lagi masih satu produsen dengan D Link. Nama maenan inih IP Cam. IP Cam ya pokoke Camera. IP nya ber arti apaan buat sayah ndak penting, pokoke Mak byar, langsung nyala. Sedangkan typenya DCS-932L.

Kalo ngintip di web nya D Link, ternyata banyak banget mereka mbikin type IP Cam nya. Sedangkan saya milih inih karena IP Cam DCS-932L inih “direkomendasikan” oleh Speedy nya Telkom.

Cam inih mungil ukurannya. Kira-kira seukuran bungkus rokok lah. Cuman menurut sayah warna putih “agak mengganggu” sebagai sebuah kamera mata-mata. Ya kalo mau terang-terangan ndak papa juga sih, hehehe… Namun kalo bisa ditempatkan lebih tersembunyi (hitam, misale) maka akan bisa “melihat dengan lebih jujur”, artinya, orang atau yang diamati ndak “dimanis-manisin”. Niiih, liat ukurannya mungil kan ? cuman segenggaman telapak tangan orang dewasa.

Sama halnya dengan produk D Link yang tempo hari sayah posting, cara instal agar kamera ini bisa bekerja semudah orang ngidupin kompor di dapur. Suwer… Sayah biasa bilang PnP alias Plug n Play. Sedangkan D Link menyebut IP Cam nya ini DIY alias Do It Yourself alias bisa situh lakukan sendiri. Mudah banget !!

Pokoke ya, ikutin aja step by step pada manual book nya dan dibantu tampil di monitor komputer. Termasuk saat IP Cam (device) inih mintak satu aplikasi Java, ya download aja saat itu juga dari internet. Karena aplikasi Java tersebut dibutuhkan untuk mensuport agar kamera bisa bekerja.

Inih saya bukannya ndak mau ngajarin ngidupin IP Cam lho yaa.. Tapi memang sedemikian mudahnya dilakukan oleh yang ndak paham instal menginstal device sekalipun. Hehehe…

Cirinya kalo IP Cam DCS-932L inih bekerja seperti gambar diatas ituh, dibawah lensa ada LED yang berubah menjadi Hijau. Kalo masih merah berarti belom nyala. Kalo gagal instal ya diulang lagi dari awal. Ndak usah buru-buru dalem menginstalnya. Nah, kalo sukses menginstalnya, situh bakal bisa mengintip yang situh suka. Etapi jangan dipasang dikamar mandi buat ngintip babu mandi yaa… Jangaaann,.. :lol:

Nah, IP Cam inih bisa memantau siang maupun malem. Kalo cahaya sangat terang maka tampilan akan berwarna. Namun bila cahaya kurang kamera akan menampilkan gambar dengan bantuan empat infra merah dan menghasilkan warna hitam putih.

( Gambar diatas sebenernya mau nunjukin skrinsutnya. tp saya lupa caranya. ntar deh saya benerin. hehehe.. )

IP Cam inih juga bisa dipantau langsung menggunakan iPhone dan gadget cerdas laen sepanjang mendukung aplikasi Java. Namun pada beberapa kasus tampilan di monitor nampak kecil. Mungkin kudu diseting dengan modem. Soale kalo saya di rumah lap top sayah bisa nampilin gambar gede. Sedang kalo pas di kantor cuman kecil saja.

Hal laen yang perlu adalah jaringan internet sebaeknya yang cukup kencang. Paling ndak 500kbps lah. Kalo dibawah ituh tampilan suka nge lag. Terus salah satu keunggulan device ini karena bisa wireless, meskipun kalo mau pake kabel penghubung juga bisa, dengan catetan situh sudi ngewer-ewer kabel…   :lol:

Hal laen yang ndak kalah penting adalah nyiapin bolpen dan kertas guna mencatat register sign in dan password. Jangan kayak sayah. Begitu sudah terinstal sayah lupa paswetnya. Alhasih sampe berminggu-minggu modem dan router sekaligus IP Cam inih nyala 24 jam full. Maklum, kuatir ndak isa masuk lagi. Hahaha…. :lol:

So, kesimpulannya kalo situh misale ingin selalu bisa memantau obyek yang harus selalu diperhatiin (baby yg diasuh suster misale), dari kantor, jalanan ato dari manapun maka situh wajib mbeli IP Cam dari D Link…  :D

Kalo penasaran dengan produknya, coba klik www.dlink.co.id atau ngintip akun Facebook nya: facebook/d-linkindonesia. Mereka juga punya akun Twitter @dlinkID yang bisa situh follow.

Comments are closed for this entry.

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.