POWER BANK MEREK UNIQUE 18.000 mAh

2014 June 2
by mbelGedez™

.

 

Posting ini jelas basi banget dibanding dengan barang yang akan sayah bahas. Namun sayah mau menunjukkan, justru barang ini baru sayah posting setelah terbukti kehandalannya. Oke. Power Bank 18.000 mAh ini sayah beli setaon lalu seharga 350.000 rupiah dan diberi garansi 2 bulan. Tepatnya tgl 9 Maret 2013. Rasanya waktu itu Power Bank ini yg terbesar kapasitasnya. Power Bank laen baru bermaen di kapasitas 5600 mAh.

P1000976

Beberapa hari setelah  Power Bank ini di tangan sayah, sayah bongkar. Tentu membongkar chassing ini menjadikan garansi gugur. Tapi sayah penasaran banget dengan isinya. Jadi ya masa bodo lah. Rasa pengen tau sel di dalemnya dan beberapa komponen pendukungnya membuat sayah gelap mata.

Tampang aslinya Power Bank dengan brand Unique ini kotak persegi berukuran panjang 14cm dan lebar 8cm dan ketebalan 2.5 cm dengan bobot mungkin 1/2 kg, belom pernah nimbang soale. Lumayan berat.

Power Bank Unique 18.000 mAh

Power Bank Unique 18.000 mAh

Sedangkan setelah sayah bongkar memang beneran isinya full cell. Setaon lalu waktu pertama kali sayah bongkar sejujurnya sayah ragu, apakah beneran berisi sel Lithium Ion apa ndak. Soale kan kita ndak tau kalo misal ditipu. Ya kan ??  Bisa aja sebenernya isinya sel NiCd / Nickel Cadmium. Namu setelah setaon lewat dan beberapa kali ngecas dengan cara sembrono ternyata sel batrenya ndak rusak, sayah percaya deh kalo sel batrenya beneran Lithium Ion. Sebeb kalo sel NiCd dicas dengan cara sembrono biasanya ndak lama kemudian sel batrenya “bocor”.

Lithium Ion Cell

Lithium Ion Cell

Power Bank inih termasuk rajin sayah gunakan. Bahkan kalo sayah keluar kota untuk 3 hari sayah ndak pernah mbawa charger BB, android maupun gadget laen. Sepanjang Power Bank inih punya ujung jack nya.

Banyak yg suka ngeluh BB nya malah rusak batrenya karena memakai Power Bank. Sebenernya batre BB (maupun gadget laennya) ndak akan rusak kalo situh “disiplin’ dalam menggunakannya. Kebanyakan orang menggunakan Power Bank saat Gadgetnya low batt, langsung ditancepin Power Bank dan asik lanjut ceting.

Sebenernya itu cara yang salah.

Power Bank sifatnya emergency. Cara yang benar dalam menggunakan Power Bank, kalo gadget low batt, matikan saja gadgetnya kemudian colokin Power Bank nya, hingga gadget terisi penuh, kemudian cabut Power Bank dan baru nyalakan gadgetnya.

Masalahnya kebanyakan orang maunya ceting non stop. Akibatnya batre gadget malah rusak, sebab selagi batre gadget diisi/ dicas, batre tersebut juga harus memberi tenaga pada gadget untuk bekerja. Sesekali sayah melanggar juga karena sedang penting. Namun kalo ndak ada urusan penting untuk apa mesti nyalakan gadget sementara sedang mengisi batre ??

Dalam mengisi ulang Power Bank sayah juga disiplin. Kalo inidikator LED pada Power Bank belom bener-bener kedip untuk 1 LED saja, sayah akan pergunakan sampe bener-bener habis. Kemudian Power Bank dicas nonstop sampe LED biru bener-bener nyala penuh, dan LED mati semuanya sebagai tanda pengisian telah penuh dan secara otomatis sistim di dalam Power Bank mematikan sendiri fungsi pengecasan (protector).

Hingga saat ini Power Bank sayah masih bisa mengisi ulang BB Dakota sayah 7 kali dengan cara disiplin yang sayah jalankan.

Inih wujud Power Bank sayah sekarang, udah sayah lapis stiker ala Carbon…

P1000978

5 Responses leave one →
  1. 2014 July 1
    A R KNo Gravatar permalink

    pengen mbah..

  2. 2014 July 2

    pencerahan yg bermangpaat, tentang tata cara pengecasan batre.
    selanjutnya PB unique 18.000mAh ini jebolan mana mbah? tiongkok atw kroya..
    pengen mbeli nih mbah..di lazada ada gk ya..mayan vocer gocap bisa kepake kalok adah..

    Mbel:
    Kemaren iseng liat di Dinomarket ada. Malah sekarang bisa 20.000 mAh

  3. 2014 July 14

    Beneran isinya fuel cell, bos?

    Mbel:
    Full Cell buoss….
    Bukan Fuel Cell…

  4. 2014 August 26
    ESTERNo Gravatar permalink

    Mau nanya donk mas..saya beli power bank unique yg 22rb Mph dan saya tidak tau cara pakainya, saat saya colokin ke hp, kok ga ngisi ya? Sebelumnya, saat beli dan buka, powerbank saya cas dengan ada kedip kedip lampu biru.. tapi saya cabut belum penuh, hanya 2 jam setelah beli, karena udah mau plg kerja (cas di kantor). Namun, saat batrei abis, mau pakai, ga ada pengisian… mohon sarannya donk mas..
    (tidak ada petunjuk pemakaian)…. seneng deh bila dibalas ke emailku..

    thanks alottt

    Mbel:
    Di cas dulu sampe led nya mati semua, baru siap digunakan. Lobang cas kan pake charger ponsel, BB misalnya…

  5. 2014 August 27

    bagi dong mbah :mrgreen:

Komentar situh bergantung pada amal dan ibadah situh

Note: Situh bisa pake basic XHTML dalem komentar. Email situh Ndak Bakalan dipamerin ke orang-orang.

Komentar lewat RSS

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.